[breadcrumb]

Mudah dan Cepat, Yuk Pelajari Cara Membuat Hotspot di Laptop

Saturday, May 2nd 2020. | IT

Saat ini penggunaan laptop lebih disukai karena lebih mudah dan praktis saat digunakan. Selain itu, laptop memiliki ukuran yang lebih kecil dan mudah dibawa kemana mana. Banyak kegunaan laptop salah satunya laptop dapat diubah sebagai hotspot yang nantinya bisa digunakan untuk menyambungkan perangkat lain ke internet. Lalu bagaimana cara membuat hotspot di laptop? Yuk simak ulasan di bawah ini.

Cara Mudah Membuat Hotspot di Laptop dengan Bantuan Software

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk membuat hotspot pada laptop yaitu dengan menggunakan bantuan software. Beberapa software yang bisa digunakan untuk membuat hotspot diantaranya yaitu mHotspot, MyPublicWifi dan Baidu. Untuk menggunakan aplikasi ini, tentunya kamu harus mengunduhnya dan memasangnya terlebih dahulu. Pengunduhan aplikasi ini tidak  berbayar alias gratis.

Setelah aplikasi mHotspot terpasang, maka kamu bisa memasukkan pengaturan pada hotspot mulai dari penggunaan nama untuk hotspot, sumber internet yang ingin dibagikan, password hotspot hingga jumlah perangkat yang bisa terhubung dengan laptop. Ketika kamu berhasil membuat hotspot ini maka status hotspot akan menjadi ON. Sehingga kamu bisa menggunakannya untuk disambungkan dengan perangkat lain. Sangat mudah bukan?

Kelebihan dari mHotspot  yaitu dapat membatasi jumlah perangkat yang dapat terkoneksi ke jaringat hotspot dibuat. Jumlah perangkat yang dapat terhubung bisa 10 perangkat. Selain itu, kamu juga bisa mengetahui detail perangkat yang tersambung pada hotspot. mHotspot juga menyediakan fitur dimana kamu dapat memilih sumber koneksi internet sebelum membuat hotspot. Hal yang paling menguntungkan yaitu  dan tidak ada batasan soal SSID.

Sedangkan untuk cara menggunakan software Baidu maka kamu bisa mengunduhnya terlebih dahulu kemudian menginstalnya. Kemudian masukkan nama serta password Wifi yang kamu inginkan, selanjutnya klik Restart Wifi. Namun untuk bisa menggunakannya kamu harus menggunakan wifi card atau wifi USB. Karena jika tidak maka, kamu tidak bisa menggunakan cara membuat hotspot di laptop dengan software ini.  

Kelebihan dari software Bidu yaitu adanya beragam fitur yang lebih memudahkan pengguna  seperti deteksi adapter WiFi secara otomatis, track table, freeware, dan blacklist. Kamu juga bisa mengatur perangkat mana saja yang dapat terkoneksi dengan jaringan hotspot dengan fitur blacklist. Sehingga kamu bisa memilih perangkat mana saja yang ingin diblacklist.

Sedangkan software lain yang juga bisa digunakan yaitu MyPublicWifi. Caranya yaitu dengan mengunduh software MyPublicWifi terlebih dahulu. Kemudian install dan buka software. Lalu masukkan Network name (SSID) sesuai yang kamu inginkan.  Kemudian centang kotak “Enable Internet Sharing”. Pilih  koneksi yang akan menjadi sumber koneksi internet dari jaringan hotspot yang dibuat pada menu dropdown. Kemudian klik Set up and Start Hotspot.

Cara membuat hotspot di laptop ini bisa kamu gunakan untuk berbagai versi windows. Selain itu, kamu bisa membagikan internet kabel maupun wireless ke perangkat lain. Tentunya membuat hotspot dengan cara ini menawarkan kelebihan dan kekurangan, karena perlu memasang software tersebut terlebih dahulu pada laptop yang juga bisa menyebabkan kinerja laptop menjadi penurun karena kapasitas penyimpanan yang semakin berkurang.

Mengaktifkan Hotspot di Laptop Tanpa Software

Cara ini bisa dilakukan bagi kamu tidak ingin menggunakan software. Caranya juga terbilang mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama.  Untuk laptop dengan sistem operasi Windows 10, kamu bisa membuka pengaturan (setting ) pada laptop, kemudian pilih opsi Network & Internet. Selanjutnya klik Mobile Hotspot. Di sini kamu perlu mengubah opsi agar menjadi On.

Selanjutnya, kamu bisa mengubah nama dan password WiFi dengan memilih Edit. Kemudian ubah pengaturan hotspot sesuai dengan keinginan.  Selanjutnya kamu bisa menggunakan laptop untuk menghubungkan internet ke perangkat lain. Cara membuat hotspot di laptop harus menggunakan internet kabel maupun wireless. Jika penggunaan hotspot dirasa sudah selesai, maka kamu bisa mematikannya dengan mengubah toogle menjadi Off.

Jika ternyata kamu menggunakan laptop dengan windows 7 sedangkan terhubung dengan internet kabel, maka kamu bisa menggunakan fitur Ad hoc. Cara menggunakannya juga cukup mudah yaitu dengan membuka start, selanjutnya klik ad hoc dan pilih Set up an ad hoc (computer-to-computer) network. Setelah itu, kamu perlu klik Next untuk mengikuti Wizard.

Selanjutnya, masukkan detail hotspot yang akan kamu gunakan mulai dari nama, hingga jumlah perangkat yang bisa tersambung. Jika sudah, maka simpan pengaturan tersebut dengan centang Save this network. Dengan melakukan cara ini maka kamu tidak perlu lagi melakukan pengaturan nantinya ketika ingin membuat hotspot lagi.  Kemudian klik Next lalu klik Turn on Internet connection sharing agar perangkat lain bisa menggunakan koneksi internet.

Namun, jika saat menggunakan Security Type WPA2-Personal, mendapatkan masalah maka kamu bisa menggantinya ke WEP atau No authentication (Open). Denga begitu, maka kamu bisa menggunakan cara membuat hotspot di laptop untuk berbagi internet dengan perangkat lain baik smartphone, laptop maupun tablet. Kamu juga bisa menghubungkan ke perangkat lain meskipun itu tidak menggunakan sistem operasi windows.

Jika kamu menggunakan windows 8.1 maka kamu bisa  mengaktifkan hotspot melalui CMD. Namun sebelumnya pastian terlebih dahulu, jika laptop yang kamu gunakan sudah terhubung dengan internet baik menggunakan kabel maupun dengan menggunakan USB modem. Selanjutnya buka Command Prompt sebagai admin. Kamu bisa menemukannya dengan membuka Start Menu, lalu ketikkan “command prompt”, klik kanan pilih Run as administrator.

Selanjutnya, ketikkan perintah (netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=”Nesaba Media” key=nesaba123). Kemudia ganti Nesaba Media dengan nama hotspot (SSID) yang kamu inginkan. Kamu bisa mengganti password hotspot dengan mengubah “nesaba123” dengan password yang kamu inginkan, lalu tekan enter. Untuk mengaktifkan hotspot yang kamu buat maka buat perintah (netsh wlan start hostednetwork) selanjutnya tekan Enter.

Agar perangkat lain yang bisa terhubung juga bisa menggunakan hotspot, maka kamu perlu mengaktifkan internet connection sharing. Caranya yaitu dengan membuka dekstop kemudian klik ikon network yang terletak di samping kanan bawah. Cara membuat hotspot di laptop selanjutnya yaitu pilih Open Network and Sharing Center. Maka terlihat 2 network yang aktif yaitu hosted network dan juga koneksi internet yang terhubung pada laptop.

Hotspot yang kita buat tadi memiliki nama koneksi Local Area Connection* 12. Selanjutnya agar koneksi internet dapat disharing ke hotspot yaitu Local Area Connection* 12, lakukan dengan cara klik seluler yang digunakan. Pilih Properties, Pindah ke tab Sharing.  Centang “Allow other network users to….” kemudian pada Home networking connection, pilih Local Area Connection* 12. Selanjutnya pilih OK. Maka koneksi internet sudah berhasil disharing ke hotspot.

Cara mengaktifkan hotspot pada laptop bisa dilakukan dengan menggunakan sofware maupun tanpa software. Beberapa software yang bisa digunakan yaitu mHotspot, Baidu dan MyPublicWifi. Sedangkan jika tidak cara mengaktifkan hotspot yang tidak menggunakan software tergantung dari versi windows yang digunakan. Namun, penggunaan pembuatan hotspot dengan menggunakan software dirasa lebih mudah dan praktis.

tags: