[breadcrumb]

3 Jenis Teknologi Fiber Optik Paling Umum Digunakan

Monday, September 2nd 2019. | Teknologi

Teknologi fiber optik memungkinkan manusia untuk bisa mendapatkan akses informasi dan data dengan kecepatan yang jauh lebih tinggi dan lebih aman. Fiber optik menyalurkan informasi dan sinyal-sinyal data melalui gelombang cahaya yang dipantul-pantulkan dan bukannya menggunakan aliran listrik seperti yang ada pada teknologi kabel sebelumnya, atau teknologi kabel tembaga. Dalam penerapannya terdapat beberapa macam teknologi kabel fiber optik yang digunakan untuk tingkat organisasi tertinggi hingga kebutuhan rumah tangga yang dibagi berdasarkan dengan caranya dalam mengirimkan saluran sinyal data. Apa saja jenis fiber optik tersebut? Berikut ulasannya.

1. Single mode fiber optic

Jenis teknologi fiber optik ini digunakan untuk kabel yang lebih panjang karena hanya bisa mengalirkan satu arus data saja untuk satu panjang kabel. Karena hanya digunakan untuk mengalirkan pulsa data satu arus, inti kabel fiber optik single mode sangat kecil ukurannya hanya sekitar 5-9,5 µm dengan lapisan luar  memiliki diameter 125 µm. Aliran data satu jalur ini dialirkan melalui satu pulsa cahaya yang dipantulkan dan membawa bandwidth  dengan jumlah tertentu untuk transfer data yang kecepatannya lebih tinggi. Jenis fiber optik ini lebih umum digunakan untuk konektivitas eternet yang membutuhkan transmisi data jarak jauh.

2. Multi mode fiber optic

Sesuai dengan namanya, jenis teknologi fiber optik ini bisa menyalurkan gelombang sinyal cahaya melalui beberapa jalur dan bukannya hanya stau jalur saja seperti pada single mode. Dibandingkan dengan single mode, jenis fiber optik ini memiliki ukuran diameter inti kabel yang lebih besar sekitar 100 hingga 970 µm. Koneksi mentransmisikan data melalui lebih dari satu pulsa cahaya yang artinya data yang ditransmisikan bisa lebih banyak mengalir dalam satu kabel fiber optik. Meski data yang ditransmisikan bisa lebih banyak namun kabel ini hanya bisa membawa bandwidth yang lebih kecil dibandingkan dengan single mode. Maka dari itu penggunaan jenis kabel fiber optik ini hanya diperuntukkan untuk transmisi data jarak pendek saja misalnya koneksi LAN (Local Area Networks).

3. Plastic fiber optic

Jenis teknologi fiber optik selanjutnya yang umum digunakan adalah jaringan kabel fiber optik yang bahan materialnya menggunakan plastik. Sedangkan untuk single mode dan multi mode biasanya menggunakan bahan serat kaca sebagai bahan materialnya atau menggunakan bahan kaca sebagai bahan intik kemudian untuk lapisan luarnya baru menggunakan bahan plastik. Karena terbuat dari bahan plastik, jenis fiber optik ini tidak digunakan untuk melakukan transmisi data karena bahan material kaca tidak memiliki kemampuan menghasilkan pulsa cahaya yang setara dengan bahan material kaca meski sudah dilakukan banyak penelitian terutama karena harga plastik yang lebih murah dibandingkan kaca. Kabel fiber optik plastik hanya digunakan untuk kepentingan dekorasi seperti lampu.

tags: