[breadcrumb]

5 Informasi Teknologi Terbaru di Tahun 2019

Wednesday, August 21st 2019. | Teknologi

Tren mengenai perkembangan teknologi terbaru dari tahun ke tahun merupakan hal yang sangat menarik untuk dibahas. Apalagi bagi kamu yang merupakan pecinta teknologi, tentunya informasi teknologi terbaru 2019 adalah sesuatu yang sangat dinantikan. Untuk itu, jika kamu penasaran dan ingin tahu lebih detail tentang teknologi-teknologi terbaru di tahun 2019 ini, mari simak sedikit ulasan tentang beberapa teknologi terbaru 2019 berikut ini.

  • Edge Computing

Edge Computing merupakan sebuah jaringan yang berasal dari pusat data mikro. Pusat data ini berguna untuk menyimpan atau memproses data penting. Teknologi ini biasa diterapkan pada perangkat yang jauh dari pusat data, seperti halnya smartphone.

  • Jaringan 5G

Jaringan 5G adalah penerus dari jaringan 4G. Sebenarnya jaringan ini sudah dikembangkan dari lama. Namun realisasi penggunaan jaringan 5G baru terapkan pada tahun 2019. Walaupun saat ini tidak semua tempat dapat mengakses jaringan 5G, namun beberapa produsen gadget sudah berkomitmen untuk membuat gadget yang mendukung jaringan 5G.

Dari informasi teknologi terbaru 2019  jaringan 5G ini dikabarkan dapat digunakan mengakses internet lebih cepat. Selain itu, jaringan 5G juga belum masuk Indonesia dalam waktu dekat. Bahkan karena masih tergolong teknologi baru, masih banyak ditemukan kendala keamanan pada jaringan ini.

  • Internet of Things

Pernahkah kamu mendengar teknologi bernama Internet of Things? Internet of Things atau yang lebih populer dengan nama IoT adalah sebuah konsep yang dibuat untuk memperluas manfaat dari penggunaan konektivitas internet. Sehingga konektivitas internet dapat tersambung terus.

Selain itu, Internet of Things memiliki banyak kemampuan menarik. Seperti dapat digunakan untuk berbagai data dan difungsikan untuk remote control, serta untuk melakukan banyak fungsi lainnya. Namun IoT ini akan dapat berkembang pesat, jika jaringan 5G sudah dapat diterapkan secara maksimal.

  • Block Chain

Block Chain merupakan teknologi yang fleksibel karena dapat diimplementasikan dimana saja. Block Chain juga merupakan sebuah cara fantastis yang digunakan untuk merampingkan transaksi kompleks dan melacak informasi dengan mudah dan cepat. Namun sayangnya, Block Chain bukanlah sebuah teknologi yang mudah dipahami. Selain itu teknologi ini juga kurang efisien serta tidak memenuhi standard yang ada.

  • Virtual

Teknologi terbaru yang akan dibahas selanjutnya adalah virtual. Virtual ini lebih dikenal dengan nama Augmented Reality atau yang disingkat dengan nama AR. AR adalah teknologi yang terus berkembang dari waktu ke waktu. AR adalah sebuah teknologi yang sangat laku untuk perangkat gaming. Sehingga reputasi AR hanya sebatas teknologi untuk gaming. Namun informasi teknologi terbaru 2019 ini akan mengubah pola pandang kamu. Ini dikarenakan AR juga dapat diaplikasikan dan memiliki daya tarik cukup tinggi di bidang pendidikan, pelatihan, serta pemasaran. Namun yang menjadi kendala untuk saat ini adalah teknologi AR cukup mahal dan sedikit kaku. Tapi bukannya dengan berjalannya waktu teknologi akan semakin berkembang, aplikasi lebih inovatif dan harga perangkat pun akan semakin turun. Sehingga bukan tidak mungkin AR adan menjadi masa depan teknologi.

tags: