[breadcrumb]

6 Cara Membuat Barcode Yang Mudah dan Simple

Thursday, June 4th 2020. | IT

Mungkin anda sering mendengar yang namanya Barcode dan menemukannya. Mengingat Barcode merupakan pola geometris yang berbentuk vertikal dan banyak ditemukan pada berbagai produk. Fungsi dari Barcode sendiri adalah untuk melacak maupun memindai sebuah barang. Penggunaan barcode sangat membantu dan menghemat waktu pengecekan. Namun apa anda terpikirkan untuk membuatnya sendiri? Jika iya simak cara membuat barcode berikut.

Langkah Langkah Mudah Membuat Barcode Sendiri

1. Mengenal Barcode Lebih Dekat

Barcode atau yang juga disebut dengan koder bar adalah sebuah data optik yang dibuat dalam bentuk garis maupun bar dan hanya bisa dibaca oleh mesin khusus. Kode kode ini tidak hanya digunakan untuk melacak sebuah barang namun juga untuk membedakan setiap produk. Dengan adanya barcode maka penghitungan maupun pencarian akan lebih menghemat waktu. Tidak hanya memudahkan sistem kerja pada barcode ini juga terbilang simple.

Barcode umumnya tercetak pada kertas stiker maupun bungkus suatu barang. Nantinya barcode ini akan dibaca menggunakan alat yang dinamakan barcode reader. Barcode reader inilah yang nantinya akan  menerjemahkan kode pada barcode menjadi informasi maupun data tertentu. Dan kode ini tidak akan terbaca apabila terdapat hal hal yang menganggunya. Dalam hal ini bisa saja coretan, posisis scan yang tidak tepat hingga warna atau kode yang terhapus.

Sebelum anda mengetahui cara membuat barcode, anda harus lebih dulu jika barcode dibedakan menjadi dua jenis. Yakni barcode batang yang menggunakan garis lurus dan juga kode QR. Kode QR merupakan evolusi dari barcode batang yang kodenya matriks dan lebih mudah dica. Saat kode QR ini tidak hanya disematkan dalam sebuah barang namun juga untuk memudahkan pembayaran dan lain sebagainya yang mudah kita temui.

2. Membuat Barcode Dengan Komputer atau Laptop

Untuk membuat barcode menggunakan perangkat anda baik laptop maupun komputer, anda haruslah memiliki softwarenya terlebih dahulu. Dengan mengandalkan internet anda sudah mendapatkan rekomendasi berbagai software yang bisa anda jajal. Setelah itu silahkan download dan juga install pada perangkat anda sebagai langkah pertama. Software ini nantinya akan sangat memudahkan anda. Cara pengoperasiannya yang mudah bisa digunakan untuk pemula.

Pada software yang anda pasang, biasanya akan menghasilkan barcode dalam bentuk beragam format outputnya. Mulai dari PNG, JPG, GIF dan lainnya. Dengan software yang telah banyak disarankan, anda juga bisa menggunakan beberapa fitur menarik yang nantinya akan membantu anda dalam cara membuat barcode dengan software. Beberapa software yang bisa anda gunakan ada SDR Free Barcode Generator dan juga ByteScout Barcode Generator.

3. Membuat Barcode Secara Online

Tidak hanya harus menginstall software pada perangkat anda, anda juga bisa memanfaatkan sistem online yang nantinya akan lebih praktis. Dengan menggunakan website seperti Barcode.gs1us.org  atau yang lain anda sudah bisa mendapatkan barcode sesuai kebutuhan anda. Namun terlebih dahulu anda harus membuat nomor identifikasi baik ISBN atau UPC yang sesuai denagn produk anda. Anda dapat menggunakan angka yang sama di awal dan dibedak di akhir.

Setelah itu anda bisa langsung memasukkan data produk dan juga rinciannya pada website tersebut. Ini dilakukan untuk mendapatkan UPC dan untuk nomor ISBN, anda bisa langsung menujuke ISBN.org. Pada Website tersebut anda sudah bisa request ISBN secara tuggal, nomor penerbit ekstra maupun blok penerbit nomor ISBN. Nantinya ada juga akan diminta untuk menunggu verifikasi bisnis anda dari organisasi Browker. Barulah ISBN akan terbit dan bisa anda gunakan.

4. Menggunakan Excel

Anda yang tidak ingin menginstall software maupun melalui online, anda bisa memanfaatkan excel. Barcode yang anda buat dengan menggunakan Microsoft Excel akan bisa langsung anda cetak. Untuk cara membuat barcode menggunakan excel anda bisa langsung masuk dengan link Idautomation.com serta langsung memilih menu Font Tools yang letaknya berada di Homepage. Anda juga bisa menggunakan bantuan dari website lainnya.

Namun untuk langkah langkahnya hampir sama, yakni dengan mencari menu Microsoft Office Macros & VBA For Excel, Access dan Word. Setelah ketemu anda bisa langsung mendownloadnya. Kemudian buka zip dan ekstraknya sehingga nanti bisa anda buka di excel. Saat di excel anda bisa mencari menu Tools yang biasanya berada di toolbars paling atas. Dan carilah menu Macro serta pilihlah Visual Basic Editor.

Langkah selanjutnya anda masuk ke menu File dan pilih bagian Import File. Silahkan masukkan yang tadi telah anda unduh dan secara otomatis akan masuk di File Modules. Barulah anda bisamembuat workbook kosong dan mengetikkan nomor dari barcode sementara di sebelahnya adalah fungsi barcodenya. Ketikkan saja Code 128(A1) pada sel B2 dan tekan enter. Kemudian pilih sel b2 dan pilih font dan barcode akan ditampilkan di sel B2.

5. Menggunakan Smartphone Android

Membuat barcode juga bisa dilakukan dengan ponsel pintar bahkan cara membuat barcode dengan android juga mudah. Ada berbagai aplikasi yang bisa anda manfaatkan dan di unduh pada google Play Store anda. Tak hanya mudah untuk diunduh, anda juga akan merasakan kemudahan dalam pengoperasiannya. Ada beberapa rekomendasi aplikasi yang bisa anda gunakan untuk memenuhi kebutuhan barcode anda dan membuatnya sendiri.

Anda bisa menggunakan Barcode Generator yang bisa membuat 11 jenis barcode dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan anda. Aplikasi satu ini memiliki penilaian yang baik dari para pengguna android sehingga anda bisa mencobanya. Aplikasi lain yang bisa anda gunakan adalah Barcode Generator Free yang tidak membutuhkan biaya dalam penggunaannya. Terdapat banyak fitur menarik yang bisa anda jajal dengan berbagai format input yang ditawarkan.

Code39, Advance Barcode Generator, Barcode Architect dan aplikasi lainnyajuga bisa anda jajal. Masing masing aplikasi ini tentunya memiliki beberapa kelebihan dan juga kekurangan. Langkah yang paling tepat untuk memilihnya tentunya dengan menyesuaikan dengan kebutuhan anda akan barcode. Beberapa diantarnya juga memberikan fitur fitur menarik yang bisa anda manfaatkan agar anda mudah dalam membuat barcodenya.

6. Melalui IOS

Selain Android, anda pengguna perangkat Apple juga bisa membuat barcode sendiri dengan mudah. Langkah untuk membuatnya tidak berbeda dengan android, dimana anda harus menginstall aplikasinya terlebih dahulu. Salah satu yang bisa anda gunakan adalah Qrafter yang bisa anda unduh pada App Store. Untuk sistem kerjanya mirip dengan Barcode Genarator dengan berbagai jenis barcode. Cara membuat barcode juga bisa dengan aplikasi lainnya yang direkomendasikan.

Barcode tidak hany berfungsi sebagai simbol atau identitas sebuah produk, namun keberadaannya juga sangat membantu manusia. Inilah banyak pengusaha yang akhirnya menyempatkan diri untuk membuat barcode. Anda memang bisa menggunakan jasa jasa di luar sana, tetapi tidak ada salahnya bukan untuk membuatnya sendiri. Apalagi saat ini dukungan teknologi yang semakin canggih sangat memudahkan pekerjaan terutama pembuatan barcode.

tags: