[breadcrumb]

6 Cara Menampilkan Layar HP ke Laptop yang Wajib Kamu Tahu

Sunday, May 10th 2020. | IT

Handphone menjadi benda yang paling sering digunakan oleh masyarakat saat ini. Kemudahan dalam penggunaan handphone yaitu ukurannya yang lebih kecil sehingga mudah dibawa. Sayangnya beberapa orang cukup terganggu dengan layarnya yang kecil. Cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal ini yaitu dengan menampilkan layar smartphone ke laptop. Berikut ini 6 cara menampilkan layar HP ke laptop dengan mudah yang bisa dicoba.

6 Cara Menghubungkan Layar HP ke Laptop

1. Menggunakan Vysor

Aplikasi pertama yang bisa kamu gunakan untuk menampilkan layar HP yaitu Vysor. Penggunaan aplikasi ini cukup mudah dilakukan bagi pengguna HP android. Pertama tama, kamu perlu melakukan USB Debugging di HP android.  Selanjutnya, aktifkan USB Debugging, kemudian masuk ke developer mode. Setiap HP membutuhkan cara yang berbeda beda untuk mengaktifkannya. Namun,  umumnya dilakukan dengan masuk ke setting pada info “build number.”

Lakukan tab 7 kali hingga  ada pemberitahuan di HP bahwa kamu masuk ke”developer mode.”Selanjutnya buka browser Chrome di laptop, lalu pasang extension Vysor di Chrome dan jalankan aplikasi tersebut. Kemudian masuk ke aplikasi Vysor di HP, maka kamu akan  diminta menghubungkan HP dengan laptop menggunakan USB. Laptop akan mendeteksi tampilan layar HP. Jika sudah terhubung, maka kamu bisa melakukan navigasi HP di laptop dengan mudah.

2. Menggunakan AirDroid

Aplikasi yang bisa digunakan selanjutnya yaitu AirDroid. Selain digunakan untuk menampilkan layar HP, kamu juga bisa menggunakannya sebagai aplikasi file manager. Aplikasi ini menampilkan layar pada smartphone dengan cara yang paling mudah. Sama dengan cara menampilkan layar HP ke laptop lainnya, kamu juga perlu menginstal aplikasi AirDroid terlebih dahulu. Selanjutnya kamu perlu mendaftarkan akun, kemudian masuk ke situs AirDroid menggunakan laptop.

Selain itu, kamu juga bisa mengunduh AirDroid di laptop. Untuk menghubungkan smartphone dengan laptop, kamu membutuhkan jaringan WiFi yang sama. Selanjutnya, masuk web AirDroid di laptop dengan menggunakan akun yang sebelumnya sudah dibuat. Kamu juga harus masuk dengan akun yang sama pada HP. Kamu bisa melihat layar yang ada di HP dengan fitur “screenshot” . Namun, aplikasi ini hanya dapat menampilkan tampilan tanpa kontrol penuh di HP.

Kelebihan dari penggunaan aplikasi ini yaitu, kamu bisa menggunakannya untuk megakses file yang ada di HP baik berupa dokumen, foto maupun video. Aplikasi ini menawarkan dua versi yaitu versi gratis dan versi berbayar. Tentunya untuk mendapatkan fitur yang lebih menarik, maka kamu perlu menggunakan versi yang berbayar. Adapun berbagai fitur yang diperoleh diantaranya transfer data, tidak adanya iklan, serta tidak ada batasan remote quota.

3. Menggunakan Screen Mirror

Cara menampilkan layar HP ke laptop juga bisa dilakukan dengan aplikasi Screen Mirror. Cara melakukannya juga cukup mudah yaitu dengan mengikuti langkah langkahnya. Pertama tama, buka Google PLAY Store kemudian unduh aplikasi Screen Mirror. Selanjutnya aktifkan hostspot pada HP yang kamu gunakan, kemudian hubungan laptop yang digunakan dengan hotspot dari HP tersebut.  Namun, pastikan bahwa tidak ada perangkat lain yang ikut tersambung.

Selanjutnya masuk ke situs Screen Mirror menggunakan laptop melalui browser. Kemudian situs ini akan menampilkan QR code yang nantinya bisa kamu scan dengan menggunakan HP yang sebelumnya sudah memasang akun Screen Mirror. Maka layar HP akan terhubung dengan laptop yang kamu gunakan. Di sini, kamu bisa melakukan auto rotation atau screenshot langsung dari situs. Namun perlu diingat bahwa kamu tidak bisa melakukan transfer data.

4. Menggunakan BQScreen

Menghubungkan layar HP dengan laptop juga bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi BQScreen. Cara melakukannya juga tidak juah berbeda dengan cara cara sebelumnya, dimana kamu perlu mengunduh aplikasi ini terleebih dahulu baik di HP maupun di lapttp. Namun, untuk aplikasi yang dipasang di HP, kamu harus memayarnya. Keuntungan dari menggunakan aplikasi ini yaitu kamu tidak akan terganggu oleh iklan yang akan muncul.

Setelah menginstal aplikasi pada HP, kamu harus menunjungoi situs BQScreen menggunakan browser yang ada di laptop. Cara menampilkan layar HP ke laptop selanjutnya yaitu dengaan dengan yang aplikasi sesuai dengan sistem operasi yang dijalankan. Untuk mengetahui sistem operasi pada laptop, kamu bisa mengunjungi control panel yang ada di laptop, kemudian masuk ke System and Security, kemudian pilih system.

Setelah aplikasi tersebut terpasang, maka kamu perlu memasukkan IP config. Cara mengetahuinya yaitu dengan membuka  CMD  (Command prompt), selanjutnya  ketik “ipconfig –a” (tanpa tanda petik). Kemudian buka aplikasi  BBQScreen for Android dan klik tombol on. Selanjutnya lihat IP address yang terdapat pada aplikasi. Kemudian tulis IP Adress di BBQScreen yang sudah terinstal di laptop, maka layar HP akan tersambung dengan laptop.

5.  Menggunakan Mobzapp

Kamu juga bisa meenggunakan aplikasi Mobzapp untuk menghubungkan layar smartphone dengan laptop. Mobzapp bisa digunakan untuk memutar media seperti VLC, KODI, maupun OBS. Kamu juga bisa menggunakannya untuk menyiarkan layar HP ke facebook, youtuube, twitch maupun ustream. Dengan berbagai fitur yang menarik tersebut, maka tidak rugi jika kamu mengunduh aplikasi ini.

Setelah mengunduh dan menginstal aplikasi di smartphone, maka kamu perlu membuka Screen Steam Mirroring yang ada di HP. Kemudian pilih Miracast, selanjutnya pilih pengaturan Mirac. Di sini kamu perlu memilih perangkat yang akan dihubungkan. Kemudian, tunggu beberapa saat hingga  layar HP bisa dilihat pada laptop. Jika memang cara menampilkan layar HP ke laptop ini tidak berhasil terhubung, coba perikas koneksi internet yang ada pada perangkat.

6. Menggunakan ASUS PC Link

Cara terakhir yang bisa digunakan untuk menghubungkan HP dengan laptop yaitu dengan menggunakan ASUS PC Link. Namun perlu diingat bahwa cara ini hanya bisa dilakukan bagi pengguna Asus Zenfone. Untuk pengguna perangkat lain sebaiknya menggunakan aplikasi yang ada di atas. Langkah langkah menghubungkan HP dengan laptop menggunakan ASUS PC Link juga tergolong mudah. Namun, sebelumnya kamu perlu mengunduhnya dilaptop terlebih dahulu.

Langkah selanjutnya yaitu menghubungkan HP dan laptop dengan menggunakan kabel USB. Selanjutnya aktifkan aplikasi di HP Asus Zenfone yang digunakan. Kemudian akan meuncul device, maka klik sebanyak dua kali agar HP dan laptop bisa terhubung. Kamu juga bisa menghubungkan HP dengan laptp menggunakan koneksi WiFi. Selanjutnya masuk ke PC Link.  Kemudian tunggu beberapa saat agar cara menampilkan layar HP ke laptop ini berhasil.

Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk menghubungkan HP ke laptop. Semua cara tersebut membutuhkan aplikasi yang sebelumnya harus diunduh dan dipasang di HP. Setiap aplikasi menawarkan fitur yang berbeda beda, sehingga kamu bisa memilih aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi yang sudah disesiakan oleh perangkat HP.  Tersedia juga aplikasi berbayar jika kamu tidak terganggu oleh iklan yang tiba tiba muncul.

tags: