[breadcrumb]

7 Cara Screenshot di Laptop Asus dengan Cepat dan Mudah

Tuesday, May 12th 2020. | IT

Screenshot merupakan tangkapan layar yang biasanya digunakan untuk menyimpan video pada cuplikan tertentu dalam bentuk foto. Selain sering digunakan pada smartphone, screenshot juga kerap kali dibutuhkan saat menggunakan laptop. Beberapa pengguna biasanya kesulitan untuk melakukan screenshot pada laptop, termasuk pengguna laptop asus. Berikut ini cara screenshot di laptop asus dengan cepat yang bisa kamu coba.

7 Cara Screenshot pada Laptop Asus

1. Menggunakan Tombol Printscreen

Screenshot menggunakan cara ini cukup sangat sering dilakukan karena lebih mudah dan cepat. Kamu hanya tinggal menakan tombol tombol PrintScreen maka secara otomatis, jendela yang sedang aktif akan tertangkap. Namun, hasil yang ditampilkan berupa satu layar penuh, sehingga kamu tidak bisa mengatur ukuran layar yang akan ditangkap. Selain itu, untuk membuka hasil screenshot harus melalui aplikasi paint dan baru bisa disimpan.

Langkah langkah untuk screenshot dengan menggunakan tombol PrintScreen yaitu, buka terlebih dahulu halaman yang ingin discreenshot. Selanjutnya, kamu bisa menekan tombol tombol PrintScreen yng berada di bagian kanan atas pada keyboard. Mungkin saat menekan tombol tersebut seakan tidak ada yang terjadi pada layar. Untuk menampilkan hasilnya, buka aplikasi paint kemudian tekan tombol  Ctrl + V (paste), selanjutnya edit gambar, kemudian simpan.

2. Menggunakan Tombol Alt + Printscreen

Selain Menggunakan tombol Printscreen saja, kamu juga bisa menggunakan cara screenshot di laptop asus dengan menekan tombol Alt + Printscreen. Perbedaan menggunakan screenshot dengan cara ini yaitu, layar yang ditangkap tidak penuh seperti saat menekan tombol Printscreen saja. Sehingga kamu tidak perlu lagi mengedit hasil layar yang tertangkap. Caranya juga tergolong mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama.

Pertama tama, kamu bisa membuka terlebih dahulu jendela atau aplikasi yang nantinya ingin discreenshot, kemudian tekan tombol Allt + Printscreen. Maka secara otomatis, laptop akan menangkap pada bagian tersebut. Untuk menampilkan hasil gambar yang discreenshot, maka kamu bisa membuka aplikasi paint, kemudian pada area yang kosong kamu bisa klik kanan dan pilih paste (atau dengan menekan tombol Ctrl + V. Selanjutnya, kamu bisa menyimpan hasilnya di folder,

3. Menggunakan Windows + Printscreen

Masih dengan menggunakan tombol Printscreen, namun kali ini dikombinasikan dengan tombol Windows yang biasanya ada bagian bawah di keyboard dengan ikon persegi dengan posisi miring menyerupai jendela. Caranya juga tidak jauh berbeda dengan cara cara sebelumnya. Namun, kelebihan dari menggunakan kombinasi tombol tersebut, yaitu tidak membutuhkan aplikasi tambahan untuk membuka hasil tangkapan screenshoot.

Pertama tama, buka jendela atau aplikasi yang ingin discreenshot. Selanjutnya, tekan tombol Windows + Printscreen yang ada di keyboard secara bersamaan. Maka secara otomatis, layar akan tertangkap dan tersimpan di dokumen picture pada laptop yang digunakan. Agar gambar lebih mudah dicari, kamu bisa menggunakan cara dengan klik kanan, kemudian klik Sort by, lalu pilih klik Date. Perlu diketahui bahwa cara screenshot di laptop asus ini menangkap halaman full screen.

4. Menggunakan Tombol Windows + Shift + S

Selain menggunakan tombol Printscreen, kamu juga bisa menggunakan cara screenshot di laptop dengan tombol Windows + Shift + S pada keyboard. Cara ini terbilang cukup mudah, hanya saja jumlah tombol yang ditekan untuk screenshot jauh lebih banyak. Caranya, cari halaman atau jendela yang ingin discreenshot, kemudian tekan tombol Windows + Shift + S secara bersamaan.

Selanjutnya, layar akan berubah menjadi abu-abu, sedangkan kursor akan berganti menjadi ikon plus digunakan untuk mengambil screenshot sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Selanjutnnya kamu bisa memilih area tertentu di layar yang ingin dipotret dengan menggunakan klik dan drag. Hasil screenshot akan disalin ke clipboard. Untuk membuka gambar tersebut, kamu bisa masuk ke aplikasi Microsoft Paint seperti cara sebelumnya.

5. Menggunakan Snipping tool

Screenshot pada laptop asus juga bisa dilakukan dengan menggunakan software bawaan windows yaitu snipping tool. Software ini juga bisa ditemukan pada laptop lain yang menggunakan sistem operasi windows.  Ada beberapa pilihan screenshot pada snipping tool. Kelebihan dari menggunakan cara screenshot di laptop asus ini, yaitu kamu bisa memilih bagian tertentu yang akan discreenshot dan menentukan ukurannya sesuai keinginan dengan mudah.

Langkah langkah screenshot dengan menggunakan snipping tool yaitu, buka software snipping tool maka akan muncul tampilan snipping tool dengan  4 mode screenshot yang bisa disesuikan dengan keinginanmu. Mode Free Form snip merupakan screenshot yang menyesuaikan dengan bentuk yang diinginkan. Caranya yaitu dengan mengarahkan kursor pada suatu halaman atau jendela dengan bentuk yang diinginkan.

Sedangkan jika ingin screenshot satu layar penuh, kamu bisa menggunakan Window Dan full screen snip. Rectangular Snip digunakan untuk screenshot dengan bentuk 4 sisi menyesuaikan keinginan. Kamu bisa menentukan area yang akan di screenshot terlebih dahulu, kemudian pilih mode screenshot pada laptop. Selanjutnya lakukan screenshot dengan mode tersebut. Maka hasil tangkapan layar akan ditampilkan pada jendela snipping tool dan kamu bisa menyimpannya.

6. Menggunakan Bantuan Aplikasi

Cara terakhir yang bisa dilakukan untuk screenshot yaitu dengan menggunakan pihak ketiga yaitu aplikasi. Ada beberapa aplikasi yang bisa digunakan salah satunya yaitu PhotoScape . Sebelum menggunakannya, maka kamu perlu menginstal terlebih dahulu aplikasi tersebut pada laptop. Dengan cara screenshot di laptop asus ini, kamu bisa melakukan editing sesuai dengan keinginan. Langkah langkah menggunakannya yaitu dengan membuka halaman yang akan discreenshot.

Kemudian buka aplikasi PhotoScape, lalu klik ikon menangkap layar, maka akan muncul kotak dialog dengan beberapa pilihan diantaranya menangkah satu layar penuh, menangkap jendela, mengulang tangkapan terakhir, maupun menangkap area. Pilih salah satu pilihan tersebut. Selanjutnya, PhotoScape akan menampilkan hasil gambar screenshot. Selanjutnya, kamu bisa menyimpan hasil gambar tersebut pada folder yang dipilih.

7. Menggunakan Game Bar

Jika kamu ingin melakukan screenshot saat bermain game, sedangkan sistem operasi yang kamu gunakan adalah window 10, maka kamu bisa memanfaatkan game bar untuk screenshot. Namun sebelum menggunakannya, maka kamu perlu membuka aplikasi Xbox yang merupakan fitur bawaan dari Windows 10. Kamu perlu membuka pengaturan pada Game DVR. Kemudian klik toggle “Take screenshots using Game DVR”.

Untuk membuka game bar, kamu bisa menggunakan kombinasi default yaitu tombol Windows + G atau tombol pilihan kamu. Selanjutnya jika muncul “Yes, this is a game” klik kotak tersebut. Kemudian pilih ikon kamera yang ada atau kamu bisa tekan Windows + Alt + PrtScr untuk melakukan screenshot. Dengan menggunakan cara screenshot di laptop asus ini, kamu bisa membuka gambit di C:Users (nama user) VideosCaptures.

Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk melakukan screenshot. Tentunya cara tersebut bisa disesuikan dengan keinginanmu. Untuk cara cara yang cukup mudah bisa dilakukan dengan menggunakan tombol Printscreen pada keyboard. Namun, kamu harus membuka gambar melalui paint. Cara yang lain juga bisa dilakukan dengan menggunakan snipping tool maupun aplikasi lainnya.

tags: