[breadcrumb]

Anti Ribet, Begini 4 Cara Melihat MAC Address Laptop

Thursday, May 21st 2020. | IT

Media Access Control atau yang disingkat dengan MAC ini,  dapat dikatakan sebagai identitas ataupun alamat pada perangkat untuk bisa saling berkomunikasi dan tersambungkan melalui sebuah jaringan. Setiap perangkat yang terhubungkan dengan jaringan internet, pada umumnya memiliki alamat MAC. Jika anda membutuhkan informasi tersebut, silahkan ikuti tutorial cara melihat MAC Address laptop  pada ulasan berikut.

Cara Simpel Melihat Alamat MAC Pada Laptop

1. Menggunakan Fitur CMD

Salah satu cara sederhana yang bisa dilakukan untuk melihat alamat MAC yaitu melalui fitur CMD (Command Prompt ). Fitur canggih bawaan dari Windows ini telah terpasang otomatis pada setiap laptop canggih, sehingga siapapun dapat menggunakan ketika dibutuhkan. Tidak terkecuali bagi penggunanya yang ingin mengetahui MAC address dari perangkat yang digunakannya saat ini. Untuk dapat melakukan perintahnya, ada beberapa tahapan yang harus dilakukan.  

Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu membuka CMD dengan klik kanan pada logo Windows yang berada di pojok kiri bawah lalu pilih opsi Run. Apabila cara ini dianggap sedikit rumit, ada bisa menggunakan kombinasi tombol Windows + R pada keyboard bawaan. Pada jendela Run tersebut, silahkan ketik CMD pada kolom pencariannya dan tekan oke. Tak perlu waktu lama, akan ada jendela baru berwarna hitam akan terbuka yang bisa diisi dengan perintah.

Karena anda ingin mengetahui cara melihat MAC Address laptop, maka perintah yang harus diketik yaitu ipconfig/all lalu tekan enter. Sebelum menekan tombol enter, pastikan untuk tidak terkejut karena adanya banyak informasi dan kode kode yang mungkin sulit untuk dimengerti orang awam. Sebagai gantinya, anda bisa perlu fokus mencari MAC address yang ingin diketahui. Sebab, satu perangkat saja kemungkinan disematkan dengan beberapa jenis MAC berbeda.

Beberapa jenis MAC yang umumnya berada di laptop yaitu kartu WiFI (Wireless) dan kartu LAN (Ethernet). Jika memang penasaran untuk mengetahui MAC address LAN, maka mencari bagian Ethernet adapter Ethernet, sedangkan pencarian MAC Address khusus WiFi laptop dapat ditemukan di bagian Wireless Lan adapter WiFi. Apakah anda sudah menemukan yang anda butuhkan ?

Jika berhasil menemukan alamat yang dibutuhkan, perhatikan pada baris Physical Address yang tak lain dan tak bukan merupakan MAC Address pada laptop yang digunakan. Bentuknya berupa kode dari gabungan dari angka dan huruf, sehingga dianjurkan untuk mencatatnya apabila memang diperlukan. Kabar gembiranya, cara satu ini dapat diterapkan pada setiap laptop dengan berbagai tipe Windows.

2 Atur Melalui Setting

Ingin menggunakan cara lain yang tak kalah sederhana ? Anda bisa mengandalkan menu setting sebagai salah satu cara melihat MAC Address laptop. Namun perlu ditekankan bahwa cara satu ini, hanya bisa dijalankan bagi laptop yang telah tersematkan Windows 10 saja. Sehingga laptop yang tidak menggunakan Windows versi tersebut, tidak akan bisa mengaksesnya dengan cara ini.

Hal pertama yang harus dilakukan yaitu membuka aplikasi setting bawaan dari Windows 10. Bagaimana cara agar bisa masuk ke aplikasi tersebut ? Caranya cukup mudah, dimana anda hanya perlu klik setting yang berada di start menu untuk memunculkan jendela Window setting. Apabila jendela tersebut telah terbuka, silahkan pilih Network and Internet yang akan membawa anda ke jendela baru berisikan pengaturan jaringan dan internet.

Dari beragam opsi yang tersedia, klik saja pada opsi alamat adress yang ingin diketahui. Sebab disini anda akan dihadapkan dengan pilihan apakah ingin mengetahui alamat adress dari LAN ataupun WiFi. Jika sudah memilih sesuai kebutuhan, akan pergi ke panel yang berada di sebelah kanan lalu klik pada opsi Hardware Properties untuk memunculkan jendela baru khusus untuk properties.

Dari jendela properties tersebut, anda dapat melihat berbagai informasi terkait dengan koneksi internet serta kartu jaringan pada perangkat yang digunakan. Cara melihat MAC Address laptop, cukup dengan memperhatikan baris Physical Address yang berisikan informasi yang anda cari. Bentuknya berupa kode dari gabungan angka dan huruf, sehingga akan lebih baik jika anda mencatatnya agar tidak terlupa disaat diperlukan kembali.

3. Menggunakan Control Panel

Cara mengintip MAC Adress yang tak kalah simpel dan mudah untuk dilakukan yaitu menggunakan control panel. Bagaimana caranya ? Silahkan pergi ke logi Windows untuk masuk ke start menu, lalu cari control panel dan klik untuk menjalankan fiturnya. Setelahnya, akan ada jendela baru yang akan terbuka dengan berbagai opsi yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan.

Karena ingin mengetahui alamat MAC pada laptop yang digunakan, maka silahkan pilih View Network Status and Task sebagai opsi dari Network and Internet. Setelahnya anda akan dibawa menuju jendela baru yang memperlihatkan berbagai informasi penting yang bisa diketahui. Untuk mendapatkan informasi sesuai kebutuhan, silahkan klik menu Change Adapter Setting yang berada di bagan sebelah kiri.

Ketika memilih opsi tersebut, maka akan muncul jendela Network Connections yang berisikan tentang semua adapter jaringan yang disematkan pada perangkat yang sedang digunakan. Informasi jaringan yang ditampilkan meliputi Bluetooth, LAN, dan WiFi tertuliskan secara terperinci dan mudah dipahami. Banyaknya jenis adapater yang tersematkan pada laptop, oleh sebab itu penting untuk mengetahui jenis MAC Address yang ingin diketahui.

Umumnya MAC Addres yang disematkan di dalam laptop terdiri dari dua jenis, yaitu WiFi dan Ethernet (LAN). Apabila sudah mengetahui jenis MAC yang diperlukan, silahkan double klik pada adapter tersebut untuk memunculkan jendela status yang berisikan segala informasi dari MAC Address yang dipilih. Selain melakukan double klik, anda juga bisa melakukan perintah tersebut dengan klik kanan lalu pilih status.

Cara melihat MAC Address laptop lebih mendetail dan lengkap, klik saja pada opsi detail sebagai alternatifnya. Pada tahap ini, anda bisa melihat pada jendela Network Connection Details yang telah memuat informasi terkait alamat MAC pada perangkat tersebut pada bagian Physycal Address. Selain mendapatkan informasi alamat MAC, anda juga dapat menggunakan cara satu ini untuk mematikan LAN maupun WiFi.

4. Aplikasi MAC Address Scanner

Selain menggunakan fitur bawaan dari Windows, masih ada cara lain yang bisa digunakan untuk melihat alamat MAC para perangkat yang digunakan. Cara satu ini menggunakan aplikasi tambahan bernama MAC Address Scanner, yang cukup populer digunakan oleh para pengguna laptop lainnya. Aplikasi satu ini dapat dikatakan lebih praktis, sebab tidak memerlukan serangkaian tahapan panjang yang hanya membuat anda merasa pusing.

Apababila belum memiliki aplikasinya, silahkan unduh dan install terlebih dahulu sebelum mengoperasikan aplikasi canggih satu ini. Setelah proses intall berjalan sempurna, jalankan aplikasi tersebut untuk memunculkan jendela MAC Address Scanner. Disana anda akan dihadapkan dengan dua pilihan scan yang terdiri dari single host (digunakan untuk laptop lokal) dan network (untuk perangkat yang berada di dalam jaringan).

Usai memilih salah satunya, silahkan isikan range of address aray IP yang saat ini digunakan lalu klik start scan. Dari hasil scan tersebut, muncullah berbagai alamat MAC  yang dilengkapi dengan tulisan success found the MAC Address. Pada jendela hasil pencarian tersebut, terdapat berbagai informasi terkait dengan alamat MAC pada perangkat dan masih banyak informasi penting lainnya. Mudah bukan untuk mengetahui cara melihat MAC Address laptop ?

MAC addres yang berupa sebuah kode unik ini, membantu anda untuk mengidentiikasi siapa saja yang bisa terhubung di perangkat. Umumnya kode tersebut terdiri dari 12 digit, dimana karakternya terdiri dari angka dan huruf dan dibagi menjadi 6 blok. Dalam keadaan tertentu, informasi ini penting diketahui untuk berbagai keperluan. Termasuk sebagai informasi penting, ada baiknya catat informasi tersebut sebagai antisipasi. 

tags: