[breadcrumb]

Anti Ribet, Berikut 5 Cara Memindahkan Foto Dari Iphone Ke Laptop

Tuesday, April 28th 2020. | IT
cara memindahkan foto dari iphone ke laptop

Sebagai sesama perangkat canggih yang digemari masyarakat, ternyata cara penggunaan Iphone dan android cukup berbeda. Tak jarang perbedaan tersebut, membuatnya pengguna barunya merasa kesulitan beradaptasi pada awalnya. Salah satu hambatan yang sering dikeluhkan yaitu bagaimana cara memindahkan foto dari Iphone ke Laptop. Agar tidak salah langkah, simak ulasannya berikut.

Cara Mudah Memindahkan File Gambar Dari Iphone Ke Laptop

1. Memanfaatkan Aplikasi Foto Bawaan

Memori penuh namun tak ingin menghapus foto kesayangan, maka solusi yang paling efektif yaitu memindahkan data dari smartphone ke laptop kesayangan. Ternyata pemindahan foto tak hanya bisa dilakukan oleh pengguna android semata, sebab pengguna iOs juga tak mau ketinggalan. Bahkan Apple telah menyematkan aplikasi bawaan yang memungkinkan penggunanya untuk memindahkan data ke dalam laptop.  

Bagamana cara pengiriman data menggunakan iPhone ? Silahkan hubungkan smartphone anda ke laptop menggunakan kabel USB. Ketika sudah terhubung, akan ada pesan pop up yang meminta ijin untuk mengakses foto dan video ke dalam laptop. Karena memang niatan awalnya ingin memindahkan data foto, maka tekan allow sebagai bukti persetujuan.

Untuk melanjutkan cara memindahkan foto dari iPhone ke laptop, silahkan buka aplikasi foto bawaan jalankan aplikasi tersebut. Setelah masuk ke dalam aplikasi, pilih menu import yang berada di sisi kanan atas untuk memunculkan opsi pemindahan data. Setidaknya ada dua opsi yang dapat dipilih, yaitu from a folder dan from a USB Device. Karena akan melakukan perpindahan dari smartphone, maka pilihlah opsi from a USB Device dan lanjutkan ke tahap selanjutnya.

Di tahap ini, semua foto akan terpaparkan di dalam layar laptop dengan sangat rapi. Pada tahap inilah, silahkan beri centang pada kolom kecil di bagian bawah fotonya apabila ingin memindahkannya. Setelah puas memilah dan memilih foto, tekan import selected yang berada di bagian bawah kolom besarnya. Secara otomatis semua foto yang terpilih tadi telah tersimpan di laptop. Jika tidak mempercayainya, silahkan cek folder picture di bagian Windows Explorer.

2. Menggunakan Google Photos

Bagi pengguna iPhone yang ingin memindahkan foto dengan cara simpel dan anti ribet, bisa menggunakan Google Photos sebagai solusinya. Aplikasi satu ini dapat diunduh di Apple Store secara gratis dan tidak akan memakan memori terlalu banyak. Dengan kepraktisan yang dimilikinya, tidak ada salahnya untuk mengunduhnya untuk menyimpan berbagai foto kenangan sekaligus sebagai cara cerdas memindahkan foto kesayangan.

Jika aplikasi sudah terunduh, silahkan jalankan aplikasinya dan berikan izin agar Google Photos dapat mengakses foto dan video yang tersimpan di perangkat iPhone anda. Setelahnya, backup and sync semua foto dan video ke Google Photos sebagai bagian cara memindahkan foto dari iPhone ke Laptop tanpa ada yang terlewatkan. Apabila jumlah foto yang harus dibakcup cukup banyak, maka tunggu dengan sabar hingga proses selesai.

Setelah semua data telah tersimpan di aplikasi tersebut, maka kini saatnya untuk mengakses Google Photos lewat browser laptop kesayangan. Setelah berhasil masuk di halaman Google Photos, anda bisa melihat sejumlah foto yang baru saja disiman tampak berjejer rapi di dalam aplikasi tersebut. Dari sekian banyak fotonya, pilihlah foto mana yang akan dipindahkan lalu unggah semua foto tersebut agar tersimpan pada laptop.

3. Menggunakan Windows Eksplorer

Selain menggunakan kedua aplikasi sebelumnya, anda juga bisa menggunakan Windows Eksplorer sebagai alternatifnya meski langkahnya tidak jauh berbeda. Hal pertama yang bisa dilakukan yaitu menghubungkan smartphone ke laptop, kemudian muncullah pesan pop up yang meminta izin akses foto dan video dari perangkat anda. Sebagai tanda persetujuan, tekan opsi allow dan melanjutkan ke tahap selanjutnya.

Karena kali ini akan menggunakan Google Photos sebagai cara memindahkan foto dari iPhone ke Laptop, maka klik Windows Explorer dan pergi ke this PC yang berada di bagan sebelah kiri. Nantinya klik drive bertuliskan Apple iPhone untuk menemukan folder tempat penyimpanan foto. Jika diperhatikan dengan seksama, aktifitas ini akan mengingatkan anda dengan cara memindahkan foto menggunakan flashdisk ke dalam laptop.

Dari dalam drive tersebut, bukalah folder bernama Internal Storage dan langsung pergi ke folder DCIM. Setelahnya, anda bisa melihat beberapa folder yang berisikan semua video dan foto yang berada di dalam perangkat smartphone. Alih alih memilih satu per satu foto yang tentunya memakan waktu cukup banyak, tidak ada salahnya memindahkan semua fotonya dengan cara copy semua foldernya dan paste di tempat yang diinginkan.

4. Menggunakan Google Drive

Cara unik lainnya untuk memindahkan foto kesayangan yaitu menggunakan Google Drive. Sebelum menggunakannya, pastikan smartphone telah terinstall aplikasinya terlebih dahulu dan jangan lupa untuk login menggunakan data Gmail. Setelah berhasil masuk ke dalam akunnya, barulah membuka galery foto untuk memilih beberapa foto yang ingin diunggah ke Google Drive. Ketika semua foto terunggah, saatnya kembali mengunjungi Google Drive menggunakan laptop.

Disaat login menggunakan laptop, usahakan untuk login dengan menggunakan data akun Gmail yang sama ketika hendak mengunggah fotonya di iPhone. Ketika login menggunakan akun yang sama, anda bisa melihat foto yang baru saja diunggah dan pilih kembali beberapa fotonya baru tekan unggah. Dengan begitu, semua foto yang berhasil disimpan akan tersimpan secara otomatis di dalam laptop kesayangan.

5. Memanfaaatkan iCloud Photos

Selain menggunakan beberapa cara memindahkan foto dari iPhone ke Laptop di atas, masih ada cara lain agar foto dapat tersimpan di dalam laptop. Cara satu ini memanfaatkan iCloud Photos, yang tentunya tidak dimiliki oleh pengguna android. Sebelum menggunakannya, pastikan bila aplikasinya telah aktif terlebih dahulu. Bagaimana cara mengaktifkannya ? Cobalah masuk ke Setting lalu pilih opsi Photos, secara otomatis iCloud Photos akan aktif.

Ketika aplikasi siap digunakan, kini saatnya untuk masuk ke tahap pemindahan foto dari iPhone ke laptop. Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu membuka browser menggunakan laptop untuk mengunjungi situs iCloud. Nantinya anda akan diminta untuk mengisi informasi diri, yang tentu saja harus diisi sesuai dengan akun yang berada di perangkat iPhone anda.

Apabila login dengan akun yang sama, anda akan dibawa menuju halaman yang memperlihatkan isi dari iPhone kesayangan. Karena ingin memindahkan foto, maka pergilah ke galery dan pilihlah beberapa foto yang diinginkan. Usai memilih beberapa fotonya, silahkan download dan tunggu hingga prosesnya selesai. Dengan menggunakan cara memindahkan foto dari iPhone ke Laptop ini, anda tak perlu mengunduh aplikasi tambahan lainnya.

Bagi pengguna android yang berganti menggunakan iPhone, akan syok dengan adanya perbedaan cara penggunaanya. Begitu pula ketika ingin memindahkan foto, tentunya cara yang harus dilakukan sedikit berbeda. Namun tak perlu khawatir, karena Appel akan memberikan kemudahan bagi setiap pengguna produknya. Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk transfer file tersebut, sehingga dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan.

tags: