[breadcrumb]

Anti Ribet, Yuk Ketahui Cara Instal Ulang Windows 7

Thursday, May 28th 2020. | IT

Windows merupakan sistem operasi yang banyak digunakan baik di komputer maupun laptop. Windows memiliki banyak versi, salah satunya yaitu Windows 7 yang khas dengan menu start. Namun, kondisi perangkat yang lemot dan banyak aplikasi yang tidak berjalan menyebabkan kamu harus melakukan instal ulang. Alih alih membawanya ke tukang service, kamu juga bisa melakukan cara instal ulang windows 7 di bawah ini.

Beberapa Cara untuk Instal Ulang Windows 7

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menginstal ulang Windows 7, diantaranya yaitu update, upgrade dan clean install. Tentunya, setiap cara ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing. Untuk melakukan instal ulang paling sederhana, kamu bisa memilih update maupun upgrade. Cara ini tidak mengharuskan data yang ada di dalam perangkat terhapus, sehingga sangat aman digunakan.

Update biasanya dilakukan dengan mengganti file lama yang sudah terpasang di perangkat dengan yang baru dari Windows 7. Cara ini sebenarnya bukanlah cara instal ulang. Update dilakukan  hanya untuk mengatasi masalah yang muncul pada Windows atau mengaktifkan fitur atau fungsi tertentu yang ada di Windows jika sebelumnya tak maksimal. Jadi cara ini kurang tepat jika digunakan untuk mengatasi kinerja perangkat yang mulai lemot.

Upgrade merupakan cara install ulang dengan mengganti software yang lama ke software edisi baru. Dengan menggunakan cara ini, maka tidak akan ada perubahan yang signifikan pada komputer. Software hanya  akan mengusung versi lebih baru. Tidak jauh berbeda dengan update. Biasanya perubahan pada perangkat hanya dari segi fiturnya dan tampilannya saja.

Kedua cara instal ulang Windows 7 ini tidak akan meenhapus data yang tersimpan di drive C. Namun, untuk masalah yang tidak terlalu besar pda perangkat, biasanya bisa diatasi dengan update maupun upgrade. Sehingga kamu tidak perlu lagi melakukan pemindahan file pada drive C sebelum menginstal ulang.  Namun, jika ternyata menggunakan cara tersebut tidak ampuh, maka kamu harus menginstal ulang dengan menggunakan cara Clean install.

Clean install merupakan salah satu cara untuk melakukan instal ulang dengan menghapus sistem operasi dan seluruh file yang ada dalam harddisk tempat sistem operasi tersebut (umumnya berada di drive C). Sehingga saat melakukan instal ulang dengan cara ini, maka kamu perlu membuat backup file dari drive C, atau memindahkannya ke harddisk yang lain untuk mengamankan data, khususnya file file yang cukup penting.

Namun, perlu diketahui sebelum menggunakan cara ini bahwa kamu harus melakukan instal ulang aplikasi lainnya yang sebelumnya sudah terpasang di perangkat. Apalagi jika penyimpanannya menggunakan tempat yang sama dengan Windows 7. Namun, cara ini dinilai cukup ampuh untuk mengatasi kinerja perangkat yang mulai menurun atau mengatasi masalah pada perangkat sehingga bisa normal kembali.

Instal Ulang Windows 7 dengan Flashdisk Bootable

Cara instal ulang Windows 7 ini dengan metode clean install, sehingga kamu perlu menghapus semua data yang ada di drive C. Maka dari itu, kamu harus memindahkan data data yang diperlukan ke penyimpanan eksternal seperti harddisk. Pastikan bahwa data data tersebut sudah terback up dengan baik. Kamu juga bisa melakukannya dengan memindahkan data dari drive C ke drive lain seperti drive D maupun E untuk mengamankan data tersebut.

Sebelumnya kamu perlu menyiapkan flashdisk bootable Windows 7 dimana flahdisk tersebut minimal harus memiliki storage 4 GB. Selanjutnya, siapkan file ISO dari Windows 7. Selanjutnya kamu membutuhkan software pihak ketiga untuk mengubah flasdisk menjadi bootable Windows 7. Namun, jika kamu masih menggunakan CD dan melakuka instal ulang dengan CD tersebut, maka pastikan terlebih dahulu bahwa CD-ROM masih bekerja dengan normal.

Langkah selanjutnya dilakukan dengan menancapkan flashdisk pada port USB laptop.  Kemudian lakukan reboot. Pastikan perangkat reboot melalui flashdisk maupun CDROM. Kamu juga bisa langsung masuk ke BIOS sebelum perangkat mulai menyala. Untuk masuk ke BIOS, maka tombol yang digunakan diantaranya F2, F10, F12, atau Del. Cara instal ulang Windows 7 selanjutnya yaitu masuk ke menu Boot, kemudian pilih lokas instalasi sebagai 1st Boot Device.

Saat instalasi dijalankan, maka kamu akan diminta untuk memasukkan beberapa preferensi meliputi bahasa dan persetujuan soal lisensi instalasi Windows 7. Ketika ini muncul, maka kamu perlu mencentangnya agar instalasi bisa dilanjutkan. Kemudian setelah proses booting, maka kamu akan diberi pilihan antara Upgrade atau Custom. Untuk cara ini pilih Custom.

Selanjutnya kamu perlu memilih drive tujuan sebagai tempat instal Windows 7. Setelah memilih, maka secara otomatis, drive tersebut akan diformat isisnya. Sebagaimana misalnya jika memilih drive C, maka data akan terformat. Waktu yang dibutuhkan untuk melakukan proses ini bermacam macam, tergantung dari sistem yang dimiliki. Pada proses ini, perangkat akan restart beberapa kali.

Maka saat direstart akan muncul teks Press any key to boot from CD or USB, ketika teks tersebut muncul, jangan melakukan apapun. Karena jika kamu menekan tombol maka proses instalasi akan diulang lagi. Setelah proses ini selesai, maka perangkat akan membutuhkan beberapa waktu sebelum memasuki proses konfigurasi Windows 7. Cara instal ulang Windows 7 selanjutnya yaitu memasukkan Username dan Computer name.

Kamu bisa memasukkan Username dan Computer name yang sama maupun berbeda. Setelah mengisi Username dan Computer name, selanjutnya pilih “next”. Kemudian, kamu perlu mengatur password yang akan digunakan untuk login pada Windows 7. Namun, jika tidak ingin menggunakan password, maka kamu bisa mengosonginya. Selain mengisi passwor, kamu juga perlu mengisi password hint untuk antisipasi jika lupa password.

Kemudian klik Next, kemudian memasukkan product key Windows 7 yang kamu punya, lalu klik Next. Jika ternyata kamu tidak memilikinya, maka kamu bisa mengosonginya dan klik skip. Namun, dengan cara ini, maka nantinya kamu harus melakukan aktivasi. Piliha zona waktu pada pengaturan tanggal dan Waktu. Jika kamu berada di Zona Waktu WIB pilih UTC+07.00, WITA pilih UTC+08.00, dan WIT pilih 09.00.

Pada pengaturan Network silahkan pilih Public Network jika memang ingin menggunakan jaringan publik. Setelah instalasi selesai, maka hal yang harus kamu lakukan adalah menginstall Driver PC atau laptop yang kamu gunakan agar kinerjanya semakin maksimal. Kamu tinggal memindahkan file yang sebelumnya dipindah ke tempat lain dan mengunduh aplikasi yang dibutuhkan, maka cara instal ulang Windows 7 sudah dianggap selesai. Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menginstal ulang windows 7 baik di laptop maupun di komputer. Jika memang kamu tidak ingin melakukan instal dengan menghapus data di dalam perangkat, kamu bisa melakukan dengan update ataupun upgrade Windows ke versi terbaru. Namun, cara ini hanya bisa mengubah fitur fitur yang ada. Sedangkan jika ingin memperbaiki kinerja perangkat, sebaiknya lakukan cara clean install.

tags: