[breadcrumb]

Anti Ribet, Yuk Simak 3 Cara Masuk Bios Laptop HP Disini

Thursday, May 14th 2020. | IT

BIOS atau yang merupakan kepanjangan dari Basis Input Output System adalah program yang ada pada komputer, untuk mengatur kinerja pada hardware yang ada pada laptop maupun komputer. BIOS sendiri dikembangkan dengan menggunakan bahasa Asembly dan umumnya akan tersimpan di CMOS. Dan bagi anda pemilik laptop HP dan ingin mengetahui cara masuk BIOS laptop HP, simak ulasannya berikut.

Langkah Mudah Boot Laptop HP Untuk Mauk Ke BIOS

1. Sekilas Tentang BIOS

Keberadaan BIOS di dalam laptop tentunya memiliki fungsi tertentu. Fungsi yang pertama adalah untuk mempersiapkan proses booting pada perangkat anda. Selain itu juga melakukan POST atau Power On Self untuk menguji status pengoperasian pada hardware anda. Fungsi BIOS juga untuk mengatur konfigurasi dasar serta intruksi lainnya untuk diberikan ke mikropsocessor saat proses start up berlangsung.

BIOS dalam laptop dan komputer memiliki peranan yang sangat penting terutam ketika menghidupkan laptop. Akan terjadi proses inisialisasi yang bertujuan untuk memeriksa hardware terpasang dan juga menentukan lokasi booting sehingga anda bisa memasuki sistem operasi yang sudah diinstall tersebut. Dan untuk melakukan setting anda harus masuk ke menu BIOS nya terlebih dahulu.

Bahkan untuk anda yang ingin menginstall ulang laptop juga harus masuk menu BIOS. Sehingga anda harus tahu cara masuk BIOS laptop HP yang bisa berbeda dengan perangkat merk lainnya. Umumnya untuk laptop tidak bisa menggunakan tombol F2 secara langsung. Ada langkah langkah khusus yang harus anda lakukan agar bisa masuk sistem ini. Dan bagi anda pemilik laptop HP dan ingin masuk ke BIOSnya bisa mengikuti langkah langkah dalam ulasan ini.

2. Langkah Mudah Masuk Ke BIOS Dengan Tombol F10

Bagi anda pemilik laptop HP bisa masuk ke menu BIOS menggunakan F10. Namun sebelum itu anda harus merestart laptop anda terlebih dahulu. Sementara jika laptop HP dalam keadaan mati anda bisa menekan tombol power terlebih dahulu. Barulah kemudian anda tekan F10 beberapa kali hingga anda berhasil boot dan masuk ke BIOS pada perangkat anda. Menekan tombol ini bisa dilakukan beberapa kali atau menahannya beberapa saat.

Apabila perangkat anda menggunakan Windows 10 atau OS Windows 8 yang sudah tersedia fitur Fast Startup, maka cara ini bisa dikatakan terlambat. Pada saat anda menekan tombol F10 namun tidak berhasil booting dan masuk ke BIOS. Meskipun demikian tetap bisa diatasi dengan menekan dan menahan tombol F10. Dan kemudian dilanjutkan dengan menekan tombol power. Respon setiap laptop akan berbeda, sehingga tekan hingga akhirnya bisa masuk.

Pada windows 8 terkadang cara masuk BIOS Laptop HP ini tidak berfungsi. Sehingga penting bagi anda memahami dengan baik langkah langkah masuk BIOS pada windows 8. Sekedar infomasi selain bisa menggunakan F10 juga bisa menjajal menggunakan F2. Caranya hampir sama dengan menekannya beberapa saat hingga akhirnya klik tombol powernya. Cara yang pertama ini terbilang mudah dan juga simple sehingga semua bisa menggunakannya.

3. Cara Masuk Ke Menu BIOS Dengan Tombol Esc

Penggunaan keyboard saja untuk bisa masuk ke menu BIOS juga bisa dilakukan dengan menekan tombol Esc.  Cara satu ini juga tidak kalah simpel, anda hanya perlu melakukan restart ataupun menghidupkan laptop HP anda. Barulah anda bisa menekan tombol escp berulang kali namun cepat. Nantinya akan muncul menu boot dan bisa masuk juga ke menu BIOSnya. Anda hanya perlu memilih menu BIOS yang tertera pada menu Boot yang muncul.

Pada cara ini seperti menggunakan tombol F10, dimana untuk windows 8 ke atas biasanya menggunakan fitur fast start up. Dengan fitur ini maka proses booting akan berjalan dengan sangat cepat bahkan hanya hitungan detik saja. Maka dari itu ketika anda menekan tombol esc maka anda harus bergerak cepat. Jangan sampai telat sehingga anda harus mengulangi prosesnya dari awal, seperti pada cara masuk bios laptop HP menggunakan esc sebelumnya.

4. Cara Masuk Ke Menu Bios Dengan Tombol F9

Selain menggunakan F10 dan juga tombol Esc, anda juga bisa memanfaatkan tombol F9. Perlu diingat jika setiap laptop memang memiliki cara berbeda dan anda bisa menggunakan cara ini pada laptop HP anda. Langkah pertama yang harus dilakukan juga hampir sama seperti F10 atau Esc, yakni dengan menekan restart maupun menghidupkan laptop anda terlebih dahulu. Proses ini mungkin akan berlangsung beberapa waktu terutama untuk windows dibawah 8.

Setelah itu anda bisa langsung menekan tombol F9 yang tersedia pada keyboard anda. Saat menekan usahakan dengan cepat dan dilakukan berulang kali. Tanda jika cara ini berhasil maka akan terdapat tampilan pilihan menu boot pada layar laptop anda. setelah itu anda hanya perlu memilih menu BIOS yang tertera pada menu. Sebab biasanya akan muncul boot yang beragam sehingga anda harus memilihnya terlebih dahulu sebelum masuk ke BIOSnya.

Jika anda menggunakan sistem operasi yang menggunakan windows 10 atau windows 8 dan sedang dalam kondisi mati, maka anda harus menehan tombol F9 terlebih dahulu. Baru kemudian anda menekan tombol power. Dengan begitu maka secara otomatis menu untuk masuk sistem BIOS akan muncul. Kemunculan ini biasanya saat proses boot sedang berlangsung. Inilah mengapa sangat penting bagi anda mengetahui cara masuk bios laptop HP.

5. Menu Utama Yang Ada Pada BIOS

Untuk memudahkan anda, tidak ada salahnya untuk mempelajari menu utama yang ada pada BIOS. Sebenarnya di dunia ada 3 chip BIOS yang biasanya digunakan yakni Phoenix, Award BIOS dan AMI BIOS. Setiap menu memiliki tampilan yang berbeda tapi tetap serupa karena berisikan konfigurasi system pada komputer. Misalnya pada chip BIOS phoenix, akan terdapat beberapa menu seperti main menu, security menu, boot menu, power menu, exit menu dan advanced menu.

Untuk main menu pada BIOS berfungsi sebagai pengatur konfigurasi dasar pada BIOS. Konfigurasi dasar ini terdiri dari system date, language, primaru master, system time, secondary slave, primary slave dan secondary slave. Dan pada advanced menu berfungsi sebagai pengatur sistem di komputer. Untuk power menu berisikan resume on modem ring,  soff off by power button, stanby time out dan juga resume on time.

Hal hal seperti ini perlu anda tahu, sebab jika salah anda akan gagal proses bahkan tidak bisa lagi digunakan sebelum ada perbaikan. Karena setiap menu tentunya memiliki fungsi sendiri sendiri yang harus anda pahami dengan baik. Seperti security menu yang nantinya berfungsi untuk menentukan kapan password akan ditanyakan. Maka lebih baik mengenal menunya sebelum anda tahu cara masuk bios laptop HP terlebih dahulu.

Beberapa informasi sekaligus trik tersebut diharapkan bisa membantu anda untuk bisa masuk ke menu BIOS. Mengingat menu ini sangat penting dan dibutuhkan, apalagi ketika anda akan menginstall ulang. Setiap laptop maupun komputer akan memiliki aturan tersendiri terutama jika berbeda merk. Sehingga anda harus menyesuaikan caranya dengan merk perangkat yang dimiliki.

tags: