[breadcrumb]

Anti Ribet, Yuk Simak 6 Cara Menggunakan VPN Untuk Keamanan Data Internet Kamu

Wednesday, June 3rd 2020. | IT

VPN yang merupakan kepanjangan dari Virtual Private Network akhir akhir ini memang semakin populer. VPN ini tidak hanya bisa membuat kamu merasa aman saat sedang online, namun juga bisa mengakses beberapa website yang diblokir di sebuah negara. Pada dasarnya VPN hanya koneksi aman antara jaringan satu denagn lainnya dan menggunakan jaringan terpisah serta privat di Internet. Jika kamu penasaran, simak cara menggunakan VPN dalam ulasan berikut.

Cara Mudah Untuk Gunakan VPN yang Wajib Kamu Ketahui

1. Sekilas Tentang VPN

Sudah dijelaskan jika VPN merupakan sebuah cara untuk mengatasi masalah berinternet seperti terblokir di sebuah negera hingga konten positif dari provider. Dan kamu juga akan menggunakan jalan privat dan khusus yang ditersedia. Bisa dikatakan jika VPN ini layaknya tunnel atau jalur khusus yang bisa dilewati oleh data yang nantinya akan dikirim ke tujuan. Menariknya, tunnel VPN akan menggunakan enkripsi yang bisa melindungi data yang nantinya dikirim.

Sehingga kamu bisa menyimpan data internet kamu dengan aman karena data tersebut tidak bisa dilihat oleh siapapun. Tidak hanya aman untuk melindungi data kamu, kamu juga akan terhindar dari berbagai pemblokiran. Saat ini semakin banyak yang menggunakan VPN, dan jika kamu masih ragu kamu bisa mengetahui manfaat serta cara menggunakan VPN dengan lengkap. Dengan begitu kamu menjadi tahu kenapa saat ini warganet banyak yang menggunakannya.

VPN akan memberikan privasi untuk informasi pribadi kamu, mengingat biasanya layanan internet akan menyimpan riwayat penelusuran. Dan mengunakan VPN kamu akan memiliki jaringan pribadi secara virtual sehingga semua datamu tidak bisa dilacak. Kamu juga akan mendapatkan keamanan data jika menjelajah dunia maya. Terutama ketika kamu sering menggunakan wifi publik yang tidak ada enkripsi. Dan VPN yang nantinya akan mengenkripsi data kamu.

2. Langkah Gunakan VPN Pada Pc dan Laptop

Tidak hanya bisa digunakan pada perangkat selulermu, VPN juga bisa kamu gunakan pada PC maupun Laptop yang beroperasi dengan Windows. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adaah mengunduh dan menginstall aplikasi terlebih dahulu. Ada beragam aplikasi yang bisa kamu install dan temukan. Kamu bisa langsung mengunjungi website resminya kemudian mengunduhnya. Selanjutnya kamu bisa menghubungkannya dengan jaringan VPNnya.

Umumnya kamu akan diminta untuk melakukan pendaftaran pertama kalinya. Beberapa VPN sudah ada yang langsung menghubungkan jaringan internetnya ke negara lainnya. Seperti misalnya Indonesia ke Singapura karena memang dekat. Untuk Cara menggunakan VPN yang selanjutnya adalah membuka situs yang diblokir ketika VPNnya sudah terpasang. Sebenarnya hal ini juga ada yang secara otomatis bisa membuka blokiran pada website tertentu.

3. Menggunakan VPN pada Andoid Tanpa Root

Kamu juga bisa memasang VPN pada android kamu untuk merasakan keamanan dalam mengakses banyak hal di internet. Ada banyak sekali aplikasi yang bisa kamu gunakan di Google Play Store. Atau jika kamu ragu kamu bisa mencari tahu rekomendasi VPN yang banyak digunakan dan terbaik. Jika sudah kamu bisa mengunduh dan memasangnya pada perangkat kamu. Setelah terpasang kamu bisa langsung memilih jaringan mana yang ingin kamu gunakan.

Kamu bisa memilih United Kingdom atau yang lainnya kemudian mengetuk bagian Connect. Setelah itu kamu harus menunggu beberapa saat hingga akhirnya jaringan internet terhubung dengan VPN yang sebelumnya kamu pasang. Umumnya akan terdapat notifikasi yang mengabarkan jika jaringan kamu telah terhubung. Setelah itu kamu sudah bisa menikmati berbagai akses mudah tanpa batas dan tentunya lebih aman.

Bila kamu merasa sudah tidak membutuhkannya lagi kamu hanya perlu untuk memutuskan sambungannya saja. Cara Menggunakan VPN untuk memutuskan sambungan ini sangatlah mudah yakni menuju pada bagian VPN private lalu mengetuk tombol disconnect. Bisa saja setiap VPN memiliki cara yang berbeda. Namun semuanya hampir sama, yakni dengan memutuskan sambungan VPNnnya terlebih dahulu ketika kamu sudah tidak perlu.

4. Menggunakan VPN Pada Perangkat Iphone

Untuk bisa menggunakan VPN pada smartphone Iphone kamu, caranya sebenarnya hampir sama dengan perangkat android. Sama sama mudah dan tidak ribet untuk kamu ikuti. Pastikan kamu mengunduh dan menginstall terlebih dahulu VPN yang akan kamu gunakan. Untuk Iphone sendiri juga sudah banyak dan kamu bisa mencari rekomendasinya di internet. Kamu bisa memilih yang banyak memiliki pengguna atau yang banyak kelebihan.

Umumnya untuk Iphone kamu membutuhkan akses Touch Id agar bisa terhubung denagn VPNnya. Kemudian kamu bisa mengetuk bagian Allow setelah itu baru masukkan Touch Id Kamu. Dan secara otomatis umumnya VPN akan mencari koneksi dengan negara yang terbaik. Sehingga kamu harus menunggu beberapa saat agar kamu bisa sepenuhnya tersambung dengan VPNnnya. Akan ada notifikasi bar jika sudah tersambung dan ditandai dengan logo VPN.

5. Menggunakan VPN Tanpa Aplikasi

Setelah mengetahui beberapa cara menggunakan VPN, kamu juga harus tahu jika kamu tidak perlu menggunakan aplikasi dan bisa mengakses VPN. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan browser Opera. Opera ini bisa kamu gunakan pada PC dan juga smartphone kamu tanpa harus mengundung aplikasi khusus. Sebab, Opera memiliki fitur VPN yang sudah diintegrasi sehingga kamu akan lebih mudah menggunakannya.

Langkah pertama tentunya dengan mengunduh maupun menginstall Opera Browser pada perangkat kamu. Jika sudah kamu bisa masuk ke Opera Browser dan menuju ke setelan lanjutan. Ikon ini biasanya berada di ikon Opera dan di pojok paling kiri atas jendela. Setelah itu pilih menu settings dan beralih kepada opsi Advanced. Kamu perlu menggulir ke bawah untuk menemukan menu yang satu ini dan menemukan pengaturan yang lainnya.

Setelah itu carilah opsi VPN dan bisa menggeser toogle untuk mengaktifkan jaringan VPNnya. Apabila kamu sudah mengaktifkannya, kamu harus menuju bagian kiri address bar dan memasukkan URL yang ingin kamu tuju. Logo VPN akan secara otomatis muncul dan membuktikan jika kamu sudah bisa mengakses berbagai situs yang telah dibatasi maupun di blokir. Cara Menggunakan VPN tanpa menggunakan aplikasi ini banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia.

Selain memanfaatkan Opera, kamu juga bisa mengaktifkan VPN bawaan dari smartphone yang kamu miliki. Terutama untuk kamu pengguna smartphone dengan merk terkenal layaknya Samsung dan juga Xiami yang sudah menyematkan VPN ini secara langsung. Kamu hanya tinggal mengaktifkannya dan bisa menikmati berselancar di internet tanpa gangguan. Apalagi perihal internet positif dan situs situs yang diblokir di negara ini.

VPN memang memberikan kelulasaan bagi kamu mengakses berbagai hal di dunia maya. Namun meskipun demikian, alangkah baiknya jika kamu gunakan untuk hal hal positif dan bukannya hal negatif. Dan VPN ini juga bisa kamu akses di semua perangkat elektronik yang kamu miliki. Sehingga tidak harus memiliki merk tertentu untuk mengaksesnya, meskipun ada beberapa merk yang sudah menanamnya.

tags: