[breadcrumb]

Anti Ribet, Yuk Simak Cara Capture Di Laptop Di Sini

Thursday, April 30th 2020. | IT

Pernahkah kamu merasa kebingungan untuk menemukan cara screenshot pada laptop kamu? Hal ini tentunya menjadi hal yang wajar jika kamu tidak terbiasa menggunakan laptop atau komputer tersebut. selain menggunakan tombol print screen terdapat juga kombinasi tombol yang bisa memudahkan kamu untuk screenshot. Untuk itu kamu harus menyimak beraneka cara capture di laptop maupun pc dalam ulasan berikut.

Berbagai Cara Untuk Screenshot Dari Laptop Yang Wajib Kamu Tahu

1. Screenshot dengan Tombol Print Screen

Cara ini menajdi cara yang paling banyak dilakukan oleh para pengguna laptop. Selain praktis, kamu juga sudah bisa mendapatkan tangkapan layar secara keseluruhan. Untuk langkahnya kamu hanya perlu menyiapkan halaman yang ingin kamu screen shot. Jika suah kamu bisa langsung menekan tombol PrtSc SysRq atau PrtScn. Setiap laptop tentunya memiliki bentuk tombol yang berbeda, umumnya berada di barisan atas keyboard.

Dengan menekan tombol tersebut maka kamu bisa langsung otomatis menangkap layar yang kamu butuhkan. Kemudian kamu bisa membuka aplikasi Paint dan menekan Ctrl V atau tombol untuk paste pada paint yang sudah kamu buka. Dengan begitu maka screen shot yang kamu ingin sudah bisa tercopy pada paint. Langkah terakhir kamu hanya perlu untuk menyimpan gambar dengan menekan tombol save as dan bisa kamu pilih format yang sesuai.

2. Screenshot Dengan Tombol ALT dan Print Screen

Cara capture di laptop yang selanjutnya masih menggunakan tombol print screen hanya saja ditambahkan dengan Alt. Kombinasi tersebut bisa membantu kamu untuk melakukan capture pada halaman yang kamu inginkan. Untuk langkah langkahnya terbilang praktis dan mudah untuk kamu ikuti. Kamu terlebih dahulu harus menyiapkan layar yang ingin kamu screenshot. Baik pada video yang dijeda ataupun halaman kerja kamu.

Jika sudah, maka kamu bisa langsung bisa menekan Alt + PerScn pada keyboard. Untuk peletakkan print screen setiap keyboard berbeda. Tetapi biasanya berada di bagian kanan pada keyboard paling atas. Jika sudah, kamu bisa langsung menuju Paint dan menekan paste atau CTRL + V. Setelah itu gambar yang kamu inginkan sudah bisa langsung ada di paint. Kamu hanya butuh menyimpan dan memilih format penyimpanannya.

3. Screenshot Dengan Tombol Windows dan Print Screen

Kamu juga bisa mengambil capture gambar dengan kombinasi print screen dan juga windows. Menekan kedua tombol ini maka secara otomatis kamu akan mendapatkan tangkapan layar yang tersimpan pada folder pictures. Untuk langkah langkahnya kamu hanya perlu menyiapkan layar yang ingin kamu capture. Objek yang ingin kamu tangkap harus aktif dan bisa dalam bentuk apapun sebagai gambar diam.

Jika sudah cara capture di laptop ini dilanjutkan dengan menekan tombol windows dan juga print screen. Tombol windows biasanya terletak di tengah tengah antara Ctrl dan juga Alt. Sementara untuk PrtScn tergantung pada keyboard kamu. Tanpa harus masuk ke aplikasi lain kamu sudah bisa menemukan gambar tangkapan layar pada folder pictures. Untuk memudahkan kamu bisa langsung mengganti nama filenya.

4. Screenshot Menggunakan Snipping Tool

Jika ternyata kamu tidak bisa menggunakan print screen pada keyboard, kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi bawaan windows ini. Fitur ini mirip dengan Snip & Sketch yang  juga dikembangkan dari snipping tool. Untuk fitur ini kamu bisa menemukannya pada windows & hingga versi windows yang terbaru. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah masuk pada aplikasi snipping tools setelah menemukan yang ingin di screen shot.

Kamu bisa mencari aplikasi ini dengan bantuan tombil search dan jalankan. Selanjutnya kamu tinggal memilih New yang tersedia pada aplikasi tersebut. Berikutnya silahkan tentukan area yang ingin kamu capture. Jendela preview screenshot akan memberikan gambaran dan kamu bisa mengeditnya sebelum menyimpannya. Proses penyimpanan gambar dengan langkah cara capture di laptop satu ini bisa langsung tekan pada ikon save dan beri nama file.

5. Screenshot Dengan Aplikasi Lighshot

Aplikasi selanjutnya yang bisa kamu manfaatkan untuk capture di laptop adalah lightshot. Caranya juga terbilang mudah dengan menekan tombol PrtSc SysRq pada tombol keyboard kamu. Menggunakan aplikasi ini akan memudahkan kamu untuk mengedit atau menambahkan garis dan lainnya. Selain itu juga bisa langsung mengunggah dan menyimpan di Cloud. Fitur fitur yang ada di lightshot akan sangat membantu kamu.

Misalnya pada fast screenshot yang akan membuat kamu hanya butuh 2 langkah untuk melakukan capture. Pencarian gambar yang serupa juga akan mudah jika menggunakan aplikasi satu ini. Untuk langkahnya tentunya kamu harus mengunduh aplikasi ini dan menginstallnya. Setelah itu memilih halaman yang ingin kamu screenshot. Langsung saja tekan print screen yang ada pada keyboard kamu.

Tampilan layar akan otomatis meredup setelah kamu menekan print screen tersebut. selanjutnya kamu bebas menentukan area mana yang ingin kamu screen shot. Apakah seluruh area atau hanya sebagian saja. Cukup klik dan drag dengan kursor yang ada, kamu juga sudah bisa langsung mengeditnya. Jika sudah kamu hanya perlu mengklik tombol save dan ditempatkan ditempat yang dikehendaki sebagai akhir dari cara capture di laptop dengan lighshot.

6. Screenshot Dengan Aplikasi Pickpick

Menggunakan aplikasi yang memang untuk screenshot tentunya memiliki keuntungan karena adanya fitur fitur yang disematkan. Pickpick sendiri merupakan satu dari sekian banyak aplikasi untuk lakukan capture pada laptop. Aplikasi satu ini mengabungkan kemampuan untuk menangkap layar sekaligus bisa untuk mengedit gambar layaknya paints. Fitur fitur yang bisa kamu gunakan mulai dari menambahkan elemen hingga memperjelas gambar.

Ada juga penggaris pixel secara virtual yang nantinya akan mengukur besaran elemen di layar. Fitur lainnya yang juga bisa kamu jajal adalah adanya kaca pembesar agar gambarnya bisa diperbesar pada area yang kamu inginkan. Untuk membuat warnanya lebih menarik kamu bisa memanfaatkan fitur color picker. Sementara untuk mendapatkan koordinat serta sudut yang ada pada area kamu bisa menggunakan CrossHair. Pickpick juga memiliki hot key untuk memudahkan.

Sementara langkahnya kamu harus menginstall aplikasinya terlebih dahulu. Kemudian menentukan layar yang ingin kamu ambil gambarnya. Tekan saja Alt dan Print Screen untuk langkah selanjutnya, atau bisa menggunakan hot key lainnya. Nantinya dalam cara capture di laptop ini kamu akan diarahkan pada halaman edit. Penyimpanan bisa langsung menekan ikon save yang berada di bagian File. Dan kamu sudah bisa mendapatkan screenshot yang diinginkan. Cara cara ini bisa kamu terapkan dengan mudah dan bisa kamu pilih yang paling praktis untuk kamu. Menggunakan aplikasi maupun tidak kamu bisa memperhatikan kebutuhan kamu. Jika menggunakan aplikasi rata rata sudah dilengkapi dengan kemampuan edit gambar sekaligus. Namun juga kamu tidak membutuhkan untuk mengedit, kamu bisa langsung menggunakan tombol yang ada pada laptop kamu.

tags: