[breadcrumb]

Apa Itu Teknologi 5g, Manfaat, Dan Cara Kerjanya

Thursday, September 12th 2019. | Teknologi

Teknologi 5g di Indonesia kabarnya akan diluncurkan pada tahun 2019. 5g atau generasi kelima internet seluler ini memang sedang ramai menjadi perbincangan karena mulai dikembangkan oleh Huawei Technologies oleh perusahaan China, yang dicurigai sebagai alat mata-mata terhadap negara lain.

Lalu apa itu teknologi 5g yang sebenarnya?. 5g merupakan konektivitas generasi kelima pada internet seluler yang memberikan keutamaan dalam kecepatan pengunduhan dan pengunggahan suatu data, jangkauan yang dijamin dapat lebih luas, dan koneksi yang lebih dan selalu stabil. 

Teknologi 5g menggunakan spectrum radio yang lebih baik dan lebih banyak sehingga perangkat dapat mengakses internet saat bersamaan. 

Diperkirakan bahwa 5g akan sangat dibutuhkan untuk masa yang akan datang karena kebutuhan manusia, terutama seiring berkembangnya dan meningkatnya minat pada streaming video dan musik. Teknologi 5g dianggap akan lebih baik menangani banyaknya perangkat secara bersamaan mulai dari ponsel, alat sensor, kamera, hingga lampu lalu lintas. 

Apa itu teknologi 5g dan apa yang bisa dilakukan? Dengan teknologi 5g manusia mungkin dapat membuat sebuah drone bekerja untuk melakukan suatu misi pencarian, penyelamatan, pemantauan lalu lintas, penilaian kebakaran, yang semua hal itu dapat berkomunikasi satu sama lain secara nirkabel melalui jaringan 5g. Teknologi 5g juga dianggap sangat penting untuk kendaraan otonom agar bisa digunakan untuk berkomunikasi satu sama lain, membaca peta secara langsung, dan membaca lalu lintas. Game seluler juga dirasa akan lebih lancar dengan sedikit penundaan sehingga lebih mudah digunakan. Selain itu panggilan video seluler dijamin akan lebih jelas tanpa adanya gangguan.  Jaringan 5g juga dapat memantau kesehatan pada suatu perangkat kebugaran, atau segera memberitahu dokter jika terjadi suatu keadaan yang darurat. 

Apa itu teknologi 5g dan cara kerjanya? Jaringan 5g mempunyai kapasitas yang lebih banyak namun gelombang yang lebih pendek. Sehingga membuat jaringan ini akan lebih mudah diblokir oleh suatu objek fisik. 5g tentu saja akan sangat berbeda dengan jaringan sebelumnya yaitu 4g. 5g merupakan jaringan radio yang benar-benar terbaru, namun pada awalnya teknologi 5g hanya digunakan oleh para operator jaringan untuk meningkatkan kapasitas pada teknologi jaringan 4g atau long term evolution (LTE) yang ada. 

Jika jaringan 4g hanya menawarkan kecepatan rata-rata 45 Mbps per detik, maka dengan jaringan 5g memiliki kecepatan pengunduhan 10 sampai 20 kali lebih cepat. Sehingga penggunanya dapat mengunduh berbagai film dengan definisi tinggi hana dalam waktu satu menit saja. 

Penggunaan teknologi 5g sepertinya juga mengharuskan pengguna untuk memiliki telepon baru dengan teknologi 5g. seperti halnya saat teknologi 4g diluncurkan, hal tersebut dirasa merugikan konsumen karena harus membayar lebih mahal padahal jaringan 4g masih dalam tahap perkembangan. Sehingga kemungkinan produsen ponsel tidak akan membuat kesalahan yang sama. produsen akan membuat ponsel dengan jaringan otomatis 4g dan 5g untuk layanan yang lebih stabil. 

tags: