[breadcrumb]

Apa Itu Teknologi Point to Point Fiber Optik/Metro-e?

Thursday, August 22nd 2019. | Teknologi

Dalam dunia bisnis saat ini, anda tidak harus bergantung dengan bagaimana anda bisa terhubung dengan jaringan internet di dunia maya. Namun, lebih dari itu adalah bagaimana internet bisa memberikan nilai yang lebih kompetitif untuk perusahaan. Karena waktu adalah uang, maka ini adalah salah satu yang harus anda pahami sebagai pelaku dari jasa telekomunikasi.

teknologi point to point fiber optik/metro-e sendiri adalah jaringan komunikasi dengan ata sekali yang bisa menjangkau satu kota besar dengan menggunakan teknologi bernama ethernet yang sebagai salah satu protokol transportasi untuk datanya. Dan secara arti istilah, teknologi fiber optik ini adalah salah satu perkembangan dari teknologi Ethernet yang bisa menempuh jarak yang sangat luas misalnya adalah perkotaan dengan dilengkapi juga beberapa fitur yang ada pada jaringan Ethernet pada umumnya. Sehingga untuk jaringan dengan skala metro ini bisa dibentuk dengan menggunakan teknologi ethernet pada umumnya. 

Karakteristik teknologi point to point fiber optik/metro-e

teknologi point to point fiber optik/metro-e juga menjadi salah satu solusi teknologi HEM atau High End Market dalam hal memberikan solusi terbaik dan terintegrasi untuk layanan voice, data dan juga video. Dan teknologi ini sendiri memiliki beberapa karakteristik diantaranya adalah :

  • Memiliki teknologi IP optik dengan basis Synchronous Digital Hierarchy
  • Bisa mengakomodasikan layanan berupa data, high speed internet access, video hingga voice
  • Memiliki kecepatan yang sangat tinggi hingga mencapai gigabit Ethernet/1000Mbps.

Dengan karakteristik dan kemampuannya yang sangat luar biasa ini tentu saja bisa memenuhi kebutuhan anda sebagai generasi yang sangat bergantung dengan internet.

Keuntungan teknologi point to point fiber optik/metro-e

Sebagai salah satu penunjang untuk kebutuhan anda di era Next Generation Network, maka teknologi point to point fiber optik/metro-e ini sendiri memberikan penawaran banyak sekali keuntungan yang bisa anda dapatkan tidak hanya sebagai penyedia namun juga sebagai pengguna diantaranya adalah :

  • Memberikan kemudahan, karena hampir semua perangkat komunikasi data khususnya yang memerlukan LAN dan WAN yang sederhana tentu saja akan menggunakan teknologi ini. Selain itu,untuk beberapa kegiatan operation, Maintenance, OAM & P dari teknologi juga biasanya tidak asing lagi untuk para penyedia yang memang menggunakan teknologi sehingga akan memberikan kemudahan dalam melakukan pekerjaannya. 
  • Sangat ekonomis, Karena penggunaan teknologi point to point fiber optik/metro-e memang sangat luas bahkan hampir untuk semua perangkat jaringan maka harga untuk perangkat basis teknologi ini memang sangat bersaing di pasaran. Anda juga tidak perlu memerlukan investasi perangkat modem. Selain itu, anda juga tidak perlu router yang canggih namun hanya cukup switch yang memiliki fitur sekelas teknologi ini dan selain itu anda juga tidak lagi memerlukan modem dan konverter.

Fleksibel, Dalam hal raham layanan dan upgrade layanan terhadap service yang memang diinginkan memang hampir tidak ada biaya yang anda keluarkan sehingga akan sangat efisien untuk anda.

tags: