[breadcrumb]

Aplikasi Teknologi Jaringan Fiber Optik Dalam Kehidupan Manusia

Wednesday, September 4th 2019. | Teknologi

Jaringan fiber optik kini telah memiliki peranan yang sangat penting di dunia telekomunikasi. Fiber optik menyalurkan informasi saluran data dalam bentuk pulsa-pulsa cahaya yang disalurkan melalui jaringan kabel dengan inti yang terbuat dari bahan kaca dan dilindungi dengan lingkungan yang tertutup untuk memastikan transmisi data bisa dilakukan dengan lebih cepat dan tidak ada kebocoran. Perkembangan teknologi fiber optik terus dipelajari lebih lanjut dan dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan jaringan komunikasi dan transmisi sinyal yang lebih besar di masa yang akan datang. Berikut adalah beberapa contoh penggunaan teknologi fiber optik dalam kehidupan manusia masa kini.

1. Internet

Teknologi jaringan fiber optik yang paling familiar bagi Anda mungkin adalah aplikasinya untuk jaringan internet. Jaringan fiber optik sangat baik digunakan untuk internet karena jaringan ini bisa mentransmisikan data dalam jumlah besar dalam waktu yang lebih singkat, menggantikan teknologi kabel sebelumnya yang menggunakan kabel tembaga. Dibandingkan dengan kabel tembaga, kabel fiber optik memiliki keunggulan bentuk fisiknya yang lebih tipis, lebih ringan, lebih fleksibel, dan lebih bisa tahan terhadap kondisi yang ekstrim.

2. Jaringan komputer

Implementasi teknologi fiber optik selanjutnya adalah digunakan untuk menyambungkan jaringan komputer dalam satu gedung atau dengan gedung lainnya bahkan bisa juga disambungkan dengan kantor cabang perusahaan di kota lain. Dengan demikian bagi perusahaan-perusahaan bisa saling berbagi informasi dan data secara internal memanfaatkan jaringan kabel yang lebih cepat dan lebih aman. Lebih aman karena fiber optik tidak memancarkan gelombang magnetik seperti sambungan jaringan arus listrik sehingga transmisi data tidak mudah untuk disabotase.

3. Operasi dan kedokteran gigi

Sebelum digunakan untuk jaringan komunikasi, teknologi jaringan fiber optik dikembangkan duluan untuk kepentingan medis dan riset. Salah satu aplikasi fiber optik dalam dunia medis adalah endoskopi yang memungkinkan dokter untuk melihat isi tubuh manusia tanpa dilakukan pembedahan. Kabel digunakan untuk transmisi cahaya sehingga melalui monitor, dokter bisa melihat bagian tubuh manusia yang sulit dijangkau melalui penerangan dari kabel dan kamera yang terpasang.

4. Industri otomotif

Jaringan fiber optik juga memegang peranan penting di industri otomotif yang terus dikembangkan untuk menghasilkan kendaraan-kendaraan yang lebih efisien, memiliki keamanan yang tinggi bagi penumpang dan memiliki performa berkendara yang tinggi. Penggunaan fiber optik biasanya digunakan untuk sistem penerangan karena fiber optik yang bisa menghasilkan sinyal cahaya lebih baik dibandingkan dengan teknologi saluran lainnya. Kemampuan fiber optik dalam  mentransmisikan sinyal dalam kecepatan yang tinggi juga dimanfaatkan untuk metransmisikan sinyal dari satu bagian mobil ke bagian yang lainnya, misalnya untuk mengaktifkan airbags. Itulah dia beberapa penerapan teknologi jaringan fiber optik yang diaplikasikan untuk berbagai macam sektor hidup manusia.

tags: