[breadcrumb]

Benarkah Teknologi 5G Siap Menjelajahi Indonesia? Temukan Jawabannya!

Thursday, September 5th 2019. | Teknologi

Apakah teknologi 5g siap menjelajahi indonesia? Baru-baru ini terdengar kabar dari Qualcomm yang mengumumkan bahwa penggunaan jaringan 5g akan mulai dikomersilkan pada tahun ini. Sementara itu, untuk proses uji coba, Qualcomm sendiri akan menghadirkan sekitar 18 operator jaringan dari negara berbeda untuk menggunakan Qualcomm X50 5g modem yang juga akan diuji untuk pertama kalinya.

AT&T, China Mobile, British Telecom, Deutsche Telekom, LG Uplus, Verizon Wireless, dan NTT Docomo adalah beberapa nama operator besar yang turut mengujinya sejak 2018 lalu. Sementara itu untuk Apple dikabarkan tidak turut serta karena tengah berada dalam kasus permasalahan hukum dengan Qualcomm sendiri. Sedangkan Huawei tengah mengembangkan produk chip yang dimilikinya. 

Selain beberapa operator jaringan terbesar yang telah disebutkan diatas tadi, beberapa perusahaan elektronik terkenal yang ada di Asia pun turut mendukung atas tindakan Qualcomm dalam mengembangkan produk teknologi 5g di indonesia seperti halnya LG, HTC, Oppo, Vivo, Sony Mobile, Xiaomi, Samsung, dan juga ZTE.

Tenaga ahli di bidang 5G

Selain sistem pengujian jaringan 5g yang saat ini tengah dilakukan, untuk mempercepat kehadiran jaringan itu sendiri, tentunya dibutuhkan beberapa tenaga ahli yang paham di bidang 5g tersebut. Hal ini senada dengan apa yang disampaikan oleh Susie Armstrong yang menyatakan bahwa untuk menjalankan teknologi 5g tersebut tidak dibutuhkan alat canggih. Karena yang dibutuhkan oleh Indonesia sebenarnya adalah para tenaga ahli di bidangnya yang tentunya dapat mengembangkan penggunaan 5g dengan lebih baik. 

Pada dasarnya, permasalahan mengenai tenaga ahli ini juga bukan hanya dihadapi oleh Indonesia saja, tetapi banyak negara lainnya termasuk Amerika Serikat juga masih dihadapkan dengan permasalahan yang sama pula. Merujuk pada hal tersebut, pemerintah dalam hal ini Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemkominfo) justru merencanakan uji coba dari penggunaan jaringan teknologi 5g siap menjelajahi indonesia. Namun apakah rencana tersebut telah terealisasi dengan baik? Saat ini rencana tersebut juga belum dapat dipastikan. 

Pendapat dari Bos Qualcomm Indonesia

Shannedy Ong sosok Country Manager Qualcomm Indonesia juga turut memberikan pendapat terkait masalah peluncuran jaringan 5g serta kesiapan Indonesia untuk menggunakannya. Menurut beliau, saat ini teknologi 5g memang telah rampung, namun untuk penggunaannya sendiri di Indonesia masih belum dapat dipastikan. Akan tetapi, beliau juga menyatakan pendapatnya mengenai kesiapan 5g yang sudah sangat solid di Qualcomm dan juga telah mencapai tahap final.

Dengan demikian, kemungkinan versi trialnya pun sudah dapat digunakan pada tahun ini Namun beliau juga menyatakan bahwa pihak pemerintah harus memenuhi beberapa hal yang wajib untuk dilakukan sebelum mengadopsi penggunaan dari jaringan 5g seperti halnya terkait masalah inovasi, kolaborasi dan juga regulasi yang dimilikinya.  Demikianlah kiranya penjelasan singkat terkait penggunaan teknologi 5g siap menjelajahi indonesia yang dapat penulis jelaskan kali ini.

tags: