[breadcrumb]

Dapatkan Penghasilan Baru, Yuk Pelajari Cara Membuat Channel Youtube

Sunday, May 31st 2020. | IT

Youtube menjadi salah satu aplikasi yang cukup populer dan banyak digemari. Aplikasi ini melahirkan banyak Youtuber terkenal, sehingga banyak orang yang ingin mengikuti jejak mereka. Sebenarnya Youtube ini juga bisa kamu buat dengan mudah. Namun, untuk membuatnya, kamu membutuhkan akun Google terlebih dahulu. Berikut ini cara membuat channel Youtube dengan menggunakan HP android yang bisa kamu lakukan.

Langkah Langkah Membuat Channel Youtube

Langkah pertama membuat akun Youtube yaitu membuat akun Google terlebih dahulu. Akun selanjutnya akan digunakan untuk membuat akun Youtube. Akun Youtube ini berbeda dengan Channel Youtube. Pasalnya semua akun Google secara otomatis terhubung ke akun Youtube. Untuk membuat Channel Youtube, kamu harus mendaftar terlebih dahulu, serta mengikuti beberapa langkah, hingga channel yang dibuat bisa digunakan untuk mengunggah video.

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk membuat akun Youtube yaitu dengan mengunjungi halaman Youtube terlebih dahulu. Selanjutnya, klik sign in yang berada di pojok kanan atas layar. Kemudian masukkan email yang kamu punya. Namun, kamu harus menggunakan email yang masih aktif dan ditujuan untuk akun Youtube saja untuk mempermudah dan agar tidak membingungkan. Email ini digunakan untuk mengirimkan pemberitahuan.

Setelah berhasil  membuat akun Youtube, maka kamu bisa melakukan pengaturan dengan klik foto yang berada di kanan atas. Selanjutnya klik pasa ‘Settings’. Maka dari situ, kamu akan mendapatkan beberapa  pengaturan akun. Untuk membuat akun baru, kamu perlu memilih ‘Create a New Channel’. Jika muncul ‘Create Channel’, masukkan nama channel tersebut. Cara membuat channel Youtube sebaiknya menggunakan nama yang unik.

Namun, penggunaan nama ini sebaiknya disesuaikan juga dengan konten yang akan kamu buat. Sedangkan jika kamu menggunakan akun channel untuk keperluan bisnis, maka kamu perlu klik tulisan ‘Use a Bussiness or Other Name’ yang memiliki warna biru.  Pada ‘Brand Account’ kamu bisa memasukkan nama brand bisnis tersebut kemudian klik tombol ‘Create’. Dengan begitu, maka kamu membuat akun Youtube baru. Mudah bukan?

Kamu akan menemukan dua menu pada halaman tersebut yaitu Customize Channel dan Youtube Studio Beta. Kedua menu ini memiliki fungsi berbeda. Dimana Customize Channel digunakan untuk mencantumkan informasi terkait Channel Youtube yang kamu buat  meliputi diskripsi Channel, email bisnis, lokasi, hingga link website. Sedangkan menu Youtube Studio digunakan untuk mengunggah video dan beragam pengaturan lainnya.

Sebelum menggunakan channel, kamu bisa mengkustomisasi terlebih dahulu dengan klik tombol “Customize Channel”. Kemudian masuk ke halaman kustomisasi, kamu bisa menambahkan Channel Art maupun Banner. Di sini, kamu juga bisa mengunggah foto yang tersimpan di perangkat maupun memilih foto yang sudah disediakan Youtube. Cara membuat channel Youtube selanjutnya yaitu, isi deskripsi channel dengan klik menu “About”.

Pada kolom ini, kamu bisa mengisi deskripsi sesuai dengan konten yang akan dibuat maupun informasi lainnya yang ingin kamu cantumkan. Pada menu ini, kamu juga bisa mengisi pilihan lokasi, serta link website. Kamu juga bisa menambahkan alamat email  jika nantinya diperlukan untuk kebutuhan bisnis. Dengan demikian, maka orang lain akan semakin mudah menghubungimu jika ingin bekerja sama untuk membuat konten yang akan diunggah.

Setelah melakukan beberapa langkah di atas, maka langkah selanjutnya yaitu melakukan pengaturan pada channel Youtube. Lakukan dengan klik tombol yang berbentuk gerigi pada bagian samping tombol sunscribe. Maka akan muncul sebuah pop-up yang berisi beberapa pengaturan privacy dan kustomisasi. Di sini, kamu bisa memilih untuk menyembunyikan semua video, playlist, serta jumlah subscriber agar hanya bisa terlihat sendiri.

Cara Membuat Konten yang Bagus dan Menarik di Youtube

Setelah membuat akun, maka kamu juga perlu membuat konten yang menarik agar akun tersebut memiliki banyak subcriber. Sebelumnya kamu perlu mengetahui cara mengungah video terlebih dahulu.  Cara melakukannya cukup mudah yaitu dengan klik tombol kamera pada bagian pojok kanan atas, kemudian pilih “Upload Video”. Selanjutnya kamu akan diminta untuk video yang akan diunggah.

Sebaiknya saat membuat video ini, akan lebih baik lagi jika dalam video tersebut membahas informasi atau berita yang sedang populer. Cara membuat channel Youtube selanjutnya yaitu memilih pengaturan video meliputi Public, Unlisted, Private, dan Shedule. Setelah itu, kamu perlu menunggu agar video bisa terunggah 100%, kemudian masukkan judul, diskripsi, dan tags agar video yang kamu unggah lebih mudah ditemukan.

Selanjutnya  menu “Advance Setting” dan masukkan kategori video dan bahasanya. Kamu juga bisa mengatur agar komentar video tidak ditampilkan ataupun sebaliknya. Di sini, kamu juga bisa mengatur translate dan beragam pengaturan lainnya yang dapat dipilih sesuai kebutuhkan. Kemudian  klik tombol “Publish” maka secara otomatis, kamu sudah menyelesaikan proses pengunggahan video.

Untuk mendapatkan uang dari channel Youtube maka kamu harus mengikuti beberapa syarat yang sudah ditentukan oleh pihak Youtube. Adapun syarat tersebut diantaranya harus memiliki jam tayang setidaknya 4.000 jam dalam 12 bulan sebelumnya. Selain itu jumlah subscriber minimal 1.000 pelanggan. Peraturan selanjutnya yaitu, video yang diunggah tidak boleh melanggar hak cipta dan memenuhi standar yang ditetapkan pihak Youtube.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk membuat akun agar semakin dikenal oleh banyak orang, diantaranya judul yang menarik, serta menggunakan kata video. Cara membuat channel Youtube akan dikenal juga dilakukan dengan memasukkan keyword pada saat mengungah konten. Mungkin cara ini tidak bisa dilakukan secara instan, karena kamu membutuhkan ketelatenan agar bisa membuat konten secara rutin.

Judul memiliki peranan yang sangat penting agar Youtube kamu semakin dikenal. Biasanya orang akan lebih tertarik dengan judul yang terkesan berbeda. Untuk pembuatan judul ini sebaiknya jangan lebih dari 1000 karakter. Kamu juga perlu menambahkan deskripsi pada video yang diunggah, agar penonton semakin memahami maksud dari unggahan tersebut. Gunakan kata kata interaktif dan hindari kata kata yang membingungkan.

Seorang pakar dari The Search Agency menganjurkan jika saat pembuatan konten sebaiknya mencantumkan kata “video”. Mungkin hal ini terlihat cukup sepele dan terkesan remeh . Namun hal ini sangat berdampak pada ketertarikan orang untuk menontonnya. Perlunya penambahan kata “video” dikarenakan ketika seseorang mencari di Youtube mereka akan memasukkan kata  ‘video’ dalam judul. Misalnya  “video tutorial make up”

Selain itu, kamu juga perlu menggunakan keyword untuk mempermudah pencarian. Biasanya keyword ini banyak digunakan pada artikel untuk mendapatkan peringkat teratas pada halaman pencarian google. Dengan menggunakan keywod ini, maka konten Youtube akan banyak direkomendasikan untuk dikunjungi. Cara membuat channel Youtube agar semakin banyak dikunjungi bisa mengunakan tools seperti Google AdWords atau Wordtracker.

Cara membuat akun dan channel Youtube memang tidak membutuhkan waktu yang lama. Channel Youtube yang kamu buat harus menggunakan nama yang unik agar banyak orang yang tertarik. Namun, hal yang cukup sulit yaitu bagaimana agar akun yang kamu buat lebih banyak dikunjungi oleh orang lain. Kamu harus membuat konten yang lebih menarik dan sedikit berbeda. Selain itu, usahakan pembuatan konten dilakukan secara rutin.

tags: