[breadcrumb]

Fakta Menarik Dari Artikel Tentang Teknologi 5G

Wednesday, September 11th 2019. | Teknologi

Ada banyak artikel tentang teknologi 5G serta perkembangannya yang ada di Indonesia. Namun bagi anda yang ingin tahu mengenai fakta terkait layanan 5g, maka sebaiknya anda simak penjelasannya berikut ini : 

Kecepatan teknologi nirkabel

Sebelum berbicara mengenai jaringan 5g, ada baiknya untuk mengingat kembali mengenai kecepatan dari beberapa generasi jaringan sebelumnya. Pertama jaringan 1g yang dikenal dengan kecepatan 

2,4 Kbps, kemudian jaringan 2g dengan kecepatan 64 Kbps yang berbasis GSM, jaringan 3G dengan kecepatan 144 Kbps hingga 2 Mbps, hingga teknologi 4G dengan kecepatan antara 100 Mbps sampai 1Gbps. Lantas bagaimana dengan teknologi 5G? Tentunya kecepatan yang dimilikinya pun jauh lebih cepat dibandingkan jaringan lainnya. 

Kecanggihan teknologi 5G

Dalam konektivitas internet, menggunakan jaringan 5G tentunya menjanjikan sistem pengunduhan serta pengunggahan yang lebih cepat, koneksi yang stabil dan juga jangkauan yang lebih luas. Hal ini juga tidak lepas dari pemanfaatan spektrum radio yang dilakukan dengan lebih baik, sehingga setiap perangkat pun dapat mengakses internet dengan lebih leluasa meskipun dalam waktu bersamaan dan tidak terganggu oleh perangkat lainnya. 

Cara kerja jaringan 5G

Bagi anda yang bertanya bagaimana dengan cara kerja dari jaringan yang satu ini? Berdasarkan penjelasan pada beberapa  artikel tentang teknologi 5G, menyatakan bahwa jaringan 5G tersebut memiliki cara kerja yang tidak jauh berbeda dengan jaringan lainnya. Hal ini juga dilakukan melalui pembagian situs sel pada berdasarkan wilayah serta sektor-sektor tertentu yang disandingkan melalui gelombang radio. 

Sementara untuk pengkodeannya jaringan 5G memiliki sandi yang tidak jauh berbeda dengan pin yang digunakan oleh jaringan 4G LTE, namun sistem ini jelas dibuat untuk mengoperasikan saluran yang lebih besar. Hal ini berkaitan dengan tujuannya dalam mempercepat koneksi yang dimilikinya serta menjadikan jangkauan yang lebih luas dalam penggunaannya. 

Negara yang mengadopsi teknologi 5G

Selain indonesia, ada pula beberapa negara lainnya yang telah mengadopsi jaringan 5G pada sistem jaringan internet yang dimilikinya. Beberapa negara tersebut diantaranya adalah Korea Selatan, China, Jepang dan juga Amerika Serikat. 

Realita dari hasil uji coba jaringan 5G

Seperti yang telah disebutkan secara berulang kali di bagian atas tadi terkait kelebihan jaringan 5G yang dinyatakan lebih cepat serta memiliki jangkauan luas. Namun apakah hal tersebut benar adanya? Berdasarkan uji coba yang dilakukan pada jaringan 5G Verizon yang dilakukan di kawasan Chicago ternyata jaringan tersebut hanya mampu mencakup jarak sekitar 300 kaki saja. Sedangkan jaringan 5G dari AT&T yang terdapat di Dallas justru dapat meraih kecepatan sekitar 1,3 Gbps dengan jangkauan 600 kaki. Dari penjelasan tersebut tentunya jaringan 5G dapat dinyatakan sebagai jaringan yang cukup cepat. Namun hal tersebut tentunya masih membutuhkan pengembangan untuk mendapatkan hasil yang jauh lebih maksimal pula. Demikianlah kiranya penjelasan singkat terkait beberapa fakta menarik dari artikel tentang teknologi 5G yang dapat penulis jelaskan kali ini.

tags: