[breadcrumb]

Fiber Optik : Hal Penting yang Perlu Anda Ketahui

Tuesday, August 6th 2019. | IT

Teknologi fiber optik merupakan teknologi yang sangat diminati banyak orang. Hal ini disebabkan karena teknologi ini memberikan anda kemampuan untuk mendapatkan koneksi internet dengan kecepatan yang sangat tinggi. Disebutkan bahwa dengan menggunakan teknologi fiber optik ini anda bisa mendapatkan internet dengan kecepatan mencapai 1 Gbps atau 10.000 Mbps. Bagaimana sangat menarik bukan? Lalu apa yang perlu anda ketahui tentang teknologi ini? Berikut ini adalah ulasannya. 

    1. Kemunculan fiber optik

Fiber optik merupakan sebuah teknologi yang muncul untuk menggantikan saluran transmisi dari kabel dengan menggunakan sebuah serat yang dibuat dari kaca atau plastik. Serat ini memberikan banyak fungsi dan manfaat dibandingkan dengan kabel biasa sehingga dapat membantu menyalurkan kecepatan Internet yang lebih baik. Hal inilah yang membuat teknologi ini makin marak saat ini. 

Fiber optik juga merupakan teknologi yang dibuat untuk memberikan Triple Play Service. Apa itu? Triple Play Service merupakan service yang diberikan oleh provider untuk jaringan Internet yang lebih baik, jaringan telepon yang lebih kuat dan tentunya video atau TV kabel yang lebih stabil dalam sebuah infrastruktur. 

Tipe dari jaringan fiber optik ada beberapa jenis teknologi fiber optik. Jenis dari jaringan tersebut antara lain adalah FTTH, FTTB dan juga FTTC. Masing-masing tipe ini menunjukkan seberapa murni jaringan fiber optik yang anda miliki. Salah satu jenis tipe yang digunakan adalah FTTH atau  Fiber to The Home. Apa itu jaringan FTTH? Berikut ini adalah ulasannya. 

    2. Service Fiber to the Home 

Seperti yang disebutkan sebelumnya, keberadaan fiber optik merupakan salah satu solusi yang dimiliki oleh provider jaringan untuk memberikan layanan yang lebih baik dan lebih kuat pada konsumennya. Salah satunya adalah service Fiber to the Home. Fiber to the Home atau yang disebut dengan FTTH merupakan teknologi fiber optik untuk meningkatkan komunikasi pada area. Teknologi ini dinilai lebih hemat biaya operasional dan memberikan layanan yang lebih baik bagi konsumen. Hal inilah yang menyebabkan teknologi ini saat ini masih sangat dipercaya dan diunggulkan. Salah satu perusahaan jaringan yang menggunakan teknologi ini tentunya adalah perusahaan Telkom. Perusahaan ini meluncurkan indihome sebagai Three Play Service yang cukup memuaskan. Hal ini menyebabkan ada banyak keunggulan yang dimilikinya. Untuk melihat apa saja keunggulan FTTH dari Telkom ini, kami akan membahasnya lebih detail pada sub bab selanjutnya. 

    3. Topologi jaringan FTTH

Service FTTH atau service Fiber to the Home memiliki 3 jenis topologi jaringan yaitu :

  • Jaringan titik ke titik

Jaringan titik ke titik atau disebut dengan dengan teknologi point to point fiber optik/metro-e merupakan sebuah rancangan jaringan FTTH yang paling simpel. Jaringan ini memperbolehkan pihak penyedia layanan untuk menghantarkan isyarat secara terus menerus pada pelanggan yang menggunakan serat optik yang dimilikinya.

  • Jaring serat optik aktif 

Jaringan ini merupakan sebuah jaringan yang menghubungkan satu tutuk titik dengan banyak titik yang lain. Hal ini membuat jaringan ini disebut juga dengan teknologi point to multipoint fiber optik. Teknologi jaringan ini merupakan teknologi yang cukup mahal. Hal inilah yang membuat penggunaan jaringan ini menjadi lebih terbatas. 

    4. Keunggulan dari indihome dengan fiber optik

Seperti yang disebutkan sebelumnya, saat ini indihome adalah salah satu perusahaan jaringan di Indonesia yang melakukan kerja sama dengan PT fiber optik teknologi Indonesia  untuk membuat jaringan Internet yang berkualitas di Indonesia. Dengan menggunakan jaringan fiber optik, indihome menjadi salah satu penyedia layanan berbasis Internet yang paling baik dan paling kuat jaringannya. Hal ini dibuktikan dengan keunggulan dari jaring indihome ini. 

Adapun keunggulan indihome yang menggunakan teknologi fiber optik adalah :

  • Memiliki internet yang super cepat

Saat ini indihome merupakan salah satu layanan teknologi fiber optik yang paling cepat yang bisa ditemukan. Untuk anda yang mendamba kekuatan Internet yang super cepat ini maka anda bisa berlangganan indihome. Selain memberikan kecepatan Internet yang tinggi, layanan ini juga memberikan anda kepuasan menonton tv tanpa bingung dengan koneksi yang dimilikinya. 

  • Memiliki stabilitas tinggi

Seperti yang disebutkan sebelumnya, dengan menggunakan teknologi kabel fiber maka anda bisa mendapatkan keuntungan berupa jaringan yang lebih stabil. Jaringan yang lebih stabil ini membuat anda bisa menggunakan Internet dengan lebih nyaman terutama untuk anda yang menyukai gaming online. 

    5. Cara kerja fiber optik

Teknologi fiber optik terbaru bekerja dengan cara mengirim informasi dalam bentuk kode melalui pancaran sinar ke pipa gelas atau pipa plastik. Pada tahun 1960, para teknisi menggunakan serat ini untuk mentransmisikan panggilan dengan kecepatan cahaya.

Setiap kabel terdiri dari beberapa helai serat gelas atau plastik yang disebut dengan optical fiber. Setiap kabel optik ini dibuat dari minimal 2 helai atau sebanyak mungkin serat yang bisa masuk dalam kabel. Karena ukuran dari serat ini hanya setebal rambut manusia hal ini membuat sebuah kabel bisa berisi hingga ratusan jumlah serat. 

1/10 dari serat ini bisa digunakan mentransmisikan lebih sekitar 25.000 panggilan dalam sekali waktu. Bayangkan jika sebuah serat terdiri dari ratusan kabel seberapa banyak kapasitas panggilan yang bisa ditransmisikan dengan menggunakan serat optik ini? Sangat banyak bukan?

Untuk anda yang mencari jawaban mengenai pertanyaan jelaskan teknologi fiber optik maka disini kami akan menjelaskan. Serat optik bekerja dengan kecepatan cahaya. Setiap cahaya mengalir mau dan mundur dari dinding pipa kabel. Setiap partikel cahaya yang ada di dalam serat akan meluncur layaknya bobsled yang meluncur pada lintasan es. Inilah caranya kabel fiber bekerja. 

    6. Kelebihan kabel fiber dibandingkan dengan kabel elektronik umumnya 

Dalam perkembangan teknologi fiber optik ada banyak keuntungan yang bisa anda dapatkan jika dibandingkan dengan penggunaan kabel elektronik sebagai sarana penghantar sinyal. Kelebihan tersebut antara lain adalah :

  • Memiliki bobot yang lebih ringan
  • Memiliki kapasitas transmisi data yang lebih tinggi 
  • Memiliki redaman yang sangat rendah
  • Dapat memperkuat saluran 
  • Tidak mudah dimanipulasi
  • Keamanan dunia cyber yang blek terjamin 
  • Kebal terhadap EMP
  • Lebih aman dari bahaya api
    7. Masa depan teknologi jaringan fiber optik

Saat ini teknologi dari jaringan optik sudah sangat luas. Ada lebih dari jutaan kilometer fiber optik yang sudah terpasang dan seluruh dunia yang digunakan. Teknologi dari  jaringan fiber memang sangat menarik sehingga sangat populer dan secara instan menjadi viral. Hal ini disebabkan karena banyaknya keuntungan yang ditawarkan oleh teknologi ini. 

Lalu bagaimana dengan pengembangannya? Untuk pengembangan teknologi dari fiber optik ini dinilai masih sangat besar kemungkinannya. Hal ini disebabkan karena kompatibilitas yang dimilikinya dan juga bandwidth yang memiliki kapasitas yang hampir tidak ada limitnya membuat teknologi fiber optik masih memiliki kemungkinan besar akan digunakan dan dikembangkan dalam dunia industri jaringan.

tags: