[breadcrumb]

File Menghilang ? Berikut Beberapa Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Di Laptop

Friday, April 24th 2020. | IT
cara mengembalikan file yang terhapus di laptop
cara mengembalikan file yang terhapus di laptop

Selesai mengerjakan tugas dengan maksimal, penting untuk menyimpan file agar dapat dibuka kembali ketika diperlukan. Karena isi file sifatnya sangat penting, sudah seharusnya dijaga dan menghindari file terhapus ataupun hilang terkena virus. Namun bagaimana jika file tersebut tidak ada di tempat penyimpanan ? Tak perlu panik terlebih dahulu, sebab ada berbagai cara mengembalikan file yang terhapus di laptop. Berikut ulasannya.

Berbagai Cara Mudah Untuk Mengembalikan File yang Hilang

cara mengembalikan file yang terhapus di laptop

1. Melihat di Folder Reycyle Bin

Setelah memastikan bahwa file yang dimaksud tidak ada ditempat, ada baiknya untuk tetap tenang dan tidak terlalu panik. Coba tenangkan kembali pikiran, dan coba ingat kembali apakah sudah tersimpan dengan baik ataupun tidak sengaja terhapus. Jika memang terhapus secara tidak sengaja, anda bisa mencari di folder Reycyle Bin terlebih dahulu. Pasalnya sampah tidak sepenuhnya hilang dari PC, namun ditampung dahulu di folder tersebut.

Reycyle Bin merupakan fitur bawaan yang akan terpasang secara otomatis pada laptop. Ketika menemukan keluhan file hilang entah karena terhapus secara tidak sengaja, memang disengaja, maupun terserang virus bisa langsung mengunjungi folder satu ini sebagai alternatifnya.  Jika memang terlalu sulit untuk menemukannya di tumpukan sampah, silahkan ketik nama file di kolom pencarian.

cara mengembalikan file yang terhapus di laptop

Apakah sudah menemukan file yang dimaksudkan ? Jika sudah menemukan, silahkan klik kanan pada file yang diinginkan dan pilih restore. Secara otomatis, file akan menghilangkan dari folder sampah dan kembali ke folder dimana anda menyimpannya. Apabila tidak mempercayainya, silahkan cek ke folder penyimpanan apakah file beserta isinya kembali atau tidak. Cara mengembalikan file yang terhapus di laptop satu ini, disebut cara paling sederhana daripada yang lain.

2. Restore Previous Versions

Bagaimana jika rekomendasi cara pertama tidak berhasil dilakukan ? Tak perlu panik kebali ketika mendapati file yang dicari hilang dari Recycle Bin. Dalam keadaan tersebut, dianjurkan menggunakan Restore Previous Versions sebagai alternatifnya. Cara satu ini tak kalah sederhana seperti cara pertama, sebab fitur pengembalian file hilang dapat dilakukan dengan mudah bahkan tanpa menginstall aplikasi terlebih dahulu.

Tahap pertama yang harus dilakukan, yaitu membuka folder dimana file yang dimaksudkan terhapus lalu klik kanan di halaman tersebut. Dari berbagai pilihan menu yang disediakan, pilih menu  Restore Previous Versions dan pilih tab Previous Versions. Setelahnya silahkan mencari file yang ingin dikembalikan ke tempat semula lalu klik restore. Usai melakukannya, file akan menghilang dari folder sampah dan berganti ke folder penyimpanan semula.

3. Menggunakan Software Bernama Recuva

Jika masih belum berhasil mengembalikan filenya, kini saat yang tepat untuk mengandalkan Recuva sebagai cara mengembalikan file yang terhapus di laptop. Aplikasi yang sudah ada sejak tahun 2000 an ini, disebut mampu menjadi penyelamat dalam kasus hilangnya file tidak sengaja terhapus. Hebatnya lagi, penggunanya tak akan dipungut biaya sedikitpun alias dapat diunduh secara gratis untuk disematkan di laptop kesayangan.

Tertarik menggunakannya ? Silahkan download terlebih dahulu aplikasi Recuva di laptop anda. Ketika proses unduhan telah usai dilakukan, klik kanan untuk melakukan extract terlebih dahulu. Silahkan buka folder hasil extract dan pilihlah opsi sesuai dengan menyesuaikan spesifikasi laptop anda. Hal ini perlu dilakukan, agar aplikasi ini dapat berjalan maksimal sesuai dengan kemampuan laptop.

Setelahnya, silahkan buka melalui wizard dan ikuti semua langkah langkah yang diberikan lalu ketik next. Setelahnya, anda akan diberikan opsi jenis file mana yang akan dikembalikan di tempat penyimpanan semula dan pilih sesuai kebutuhan lalu next kembali. Pada tahap selanjutnya, anda akan diminta lokasi dimana file tersebut. Apabila tidak terlalu yakin lokasinya, silahkan pilih opsi “i am not sure” dan pilih next.

Kemudian silahkan klik start dan tunggulah hingga proses intall berlangsung hingga muncul menu welcome to the Recuva Wizard. Setelahnya, program akan meminta penggunanya untuk menginstall aplikasi lain. Jika tidak membutuhkannya sebagai bagian cara mengembalikan file yang terhapus di laptop, hilangkan tanda centang dan klik next. Selanjutnya bukalah aplikasi dan pilih jenis file yang akan dikembalikan dengan  tambahkan tempat penyimpanan file.

Jika masih tidak yakin dimana letak file yang hilang, silahkan klik i’m not sure” sebagai alternatifnya. Karena letaknya tidak ditemukan, maka aplikasi akan memakan waktu lebih lama untuk menemukan file yang dimaksudkan. Oleh karenanya, silahkan tunggu dengan sabar hingga hasil sortir keluar. Ketika sudah menemukan file yang dimaksudkan, silahkan beri tanda centang dan klik kanan untuk memilih recover highlited dan klik opsi recover.

4. Wise Data Recovery

Aplikasi alternatif lainnya yang bisa digunakan ketika mendapati kasus file hilang secara misterius yaitu Wise Data Recovery. Sudah banyak yang menggunakan aplikasi satu ini lantaran bisa diunduh secara gratis dan sangat membantu mengembalikan berbagai file lenyap. Meski baru diluncurkan pada tahun 2016 lalu, aplikasi satu ini sudah dapat membuktikan bahwa dirinya dapat diandalkan ketika file lenyap tanpa jejak. 

5. MiniTool Partition Recovery

Aplikasi satu ini bisa menjadi cara mengembalikan file yang terhapus di laptop dengan mudah. Terdiri dari dua opsi berbeda, dimana opsi tersebut terdiri dari versi berbayar dan versi gratis yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Ketika memilih versi berbayar, maka fitur yang diberikan jauh lebih lengkap. Namun kedua opsi tersebut tetap memiliki tujuan yang sama, yaitu membantu menemukan file hilang di dalam laptop.

Pengguna yang menggunakan aplikasi ini, bukan hanya dimanjakan dengan fitur mengembalikan file yang hilang semata. Pasalnya, pengguna akan dimanjakan dengan tampilan aplikasi yang cukup sederhana dan mudah untuk dipahami bagaimana cara menjalankannya. Dengan kelebihannya tersebut, banyak yang kemudian lebih memilih menggunakan aplikasi satu ini untuk menyelesaikan permasalahan file hilang.

6. PC Inspector File Recovery

Setelah dipikirkan kembali, ada mungkin mengingat betul telah menyimpannya di tempat yang benar dan tidak pernah menghapusnya sekalipun. Jika memang sudah yakin akan hal tersebut, maka ada kemungkinan file yang lenyap telah diserang oleh virus. Dalam kasus seperti ini, aplikasi tepat untuk mengembalikan file tersebut yaitu mengandalkan PC Inspector File Recovery. Anda bisa mendapatkan softwarenya secara gratis pada website resminya.

Meski menawarkan segudang performa dan kemudahan bagi para penggunanya, nyatanya aplikasi satu ini tetap menjaga kualitasnya. Alasan inilah yang menjadikannya semakin populer ketika ingin mencari cara mengembalikan file yang terhapus di laptop akibat ulah virus. Dengan mengandalkan aplikasi ini, file yang lenyap tersebut dapat diselamatkan dan kembali di tangan anda.

Apabila merasa file yang disimpan sangat penting, dianjurkan untuk menggunakan software pendukung untuk mengembalikan file yang tidak sengaja terhapuskan. Dengan bantuan software tersebut, anda tak perlu lagi merasa resah apabila file kembali hilang di lain waktu. Software perlindungan file hilang pun dapat diunduh secara gratis, sehingga tidak ada salahnya mendapatkan perlindungan lebih agar semua file tersimpan dengan baik.

tags: