[breadcrumb]

Gangguan Utama Dari Teknologi Point To Multipoint Fiber Optic

Friday, August 23rd 2019. | Teknologi

Teknologi point to multipoint fiber optic ini adalah satu teknologi yang saat ini paling banyak digunakan. Karena memang memiliki banyak sekali kelebihan yang sangat menguntungkan anda sebagai pengguna yang tidak pernah bisa lepas dari internet. Namun yang menjadi masalah anda ketika internet anda sering mengalami gangguan. Beberapa gangguan utamanya justru bukan berasal dari server namun berasal dari teknologi fiber optik yang ada di bawah tanah.

Harus anda ketahui jika teknologi point to multipoint fiber optic ini di letakkan di bawah tanah atau underground hingga ke tiang telepon, dipisahkan dengan coupler dan pada akhirnya di terminasikan untuk masing – masing ONU sehingga bisa sampai ke pelanggan rumahan. Dan jika dilihat secara relative kebanyakan beberapa kasus gangguan teknologi point to multipoint fiber optic ini berasal dari fiber putus atau loss pada bagian antara ONU dan Coupler yang ada pada trunk fiber. Dan berikut adalah beberapa penyebab utama dari gangguan yang terjadi diantaranya adalah : 

Natural Disaster

Ini adalah teknologi point to multipoint fiber optic yang dibentangkan pada tiang, yang menjadi persoalannya adalah stress yang terjadi berulang karena angin hujan dan lainnya bisa mempengaruhi. Sama dengan perubahan karena umur yang akhirnya bisa menyebabkan kerusakan dan loss.

Animal Damage

Seringkali terjadi serangan dari hewan misalnya adalah bajing, tikus, gagak dan lainnya. Hal ini akhirnya menyebabkan teknologi fiber optik menjadi putus. Bahkan di beberapa negara juga sudah banyak sekali kasus yang menyebutkan jika kerusakan jaringan justruk dikarenakan animal damage ini. 

Terlalu banyak fiber optik yang menekuk

Terkadang teknologi point to multipoint fiber optic juga bisa mengalami gangguan karena beberapa orang yang menata ulang furniture rumah dan memindahkan ONU sehingga membuat fibernya membengkok terlalu kuat. Hal ini akhirnya menyebabkan fiber patah dan loss. Namun yang terpenting adalah anda harus melaporkan sehingga bisa dengan cepat dan efektif untuk service engineernya menangangi gangguan yang disebabkan karena kabel yang menekuk. 

Inilah beberapa gangguan yang memang seringkali terjadi, namun anda tidak perlu khawatir karena semuanya bisa diatasi dengan petugas service yang profesional. Walaupun penyebaran teknologi fiber optik yang ada di Indonesia cukup lambat jika dibandingkan dengan negara tetangganya namun Indonesia selalu membenahi sehingga bisa menjadi lebih baik. 

Namun beberapa alasan diungkapkan kenapa teknologi point to multipoint fiber optic sangat lambat adalah karena biaya yang cukup tinggi untuk anda keluarkan. Padahal sebenarnya teknologi ini menjadi salah satu cara terbaik untuk indonesia dalam menghadapi tantangan pemerintah dan industri telekomunikasi. Dengan cara ini penggunaan perangkat dan infrastruktur lokal akan meningkat dan dengan cara ini juga memberikan harapan untuk meminimalisir biaya yang harus anda keluarkan untuk menekan teknologi fiber. Karena banyaknya keunggulan dari teknologi point to multipoint fiber optic ini setidaknya bisa menjadi salah satu solusi dalam meningkatkan akses broadband yang ada di Indonesia karena seperti yang diketahui bersama semakin hari permintaan akan koneksi broadband dengan harga murah dan cepat terus meningkat.

tags: