[breadcrumb]

Indonesia Siap Menyambut Teknologi Jaringan 5G

Monday, September 16th 2019. | Teknologi

Kemunculan teknologi telekomunikasi yang terbaru yaitu teknologi 5g di Indonesia mempunyai dampak yang besar terhadap transformasi dan mobilitas digital. Bahkan koneksi digital dapat mencapai seluruh aspek kehidupan manusia. Teknologi 5g dipercaya dapat membuat bisnis jaringan seluler menjadi lebih aman. Misalnya dalam bisnis industri, manufaktur, sistem tanggap darurat, streaming video, dan lain sebagainya. 

Lalu apakah teknologi 5g siap menjelajahi Indonesia?. Seperti halnya pohon, semakin tumbuh tinggi maka akan semakin kencang angin yang akan menerjang. Kecanggihan dari teknologi 5g juga akan diiringi oleh kecanggihan serangan kejahatan siber pada para usernya. Sehingga para penyedia jaringan seluler harus meningkatkan cyber security untuk dapat mengoptimalkan layanan dengan peluang yang akan didapat, atau ancaman lanjutan. 

Teknologi 5g siap menjelajahi Indonesia?, sebab tentu saja Indonesia tidak akan melewati kesempatan untuk mencoba jaringan internet seluler terbaru yaitu 5g. bahkan menurut pemerintah Indonesia harus menyambut teknologi 5g. Menurut menteri komunikasi dan informasi, Indonesia telah menyiapkan dana PNBP sebesar 4% untuk membeli frekuensi teknologi 5g. hal ini tentu saja menjadi usaha pemerintah untuk mendukung kegiatan masyarakat. 

Lantas apakah pengertian dari teknologi 5g itu sendiri?

Sebelum mengenal 5g, tentu dimulai dari 1g, 2g, 3g, dan 4g. 1g merupakan generasi pertama jaringan seluler yang pertama diterapkan pada tahun 1980 an dengan kecepatan 2,4 Kbps, kemudian 2g mulai dikenalkan tahun 1990 an dengan kecepatan 64 Kbps dan GSM, selanjutnya adalah 3g mulai dikenal tahun 2001 dengan kecepatan hingga 2Mbps, dan seiring berjalannya teknologi berkembanglah jaringan internet generasi keempat yaitu 4g yang mempunyai kecepatan hingga 1 Gbps. Lalu apakah teknologi 5g siap menjelajahi Indonesia?.

Teknologi 5g merupakan generasi kelima jaringan seluler setelah jaringan 4g. teknologi 5g menggunakan frekuensi LTE 600 MHz sampai GHz. Generasi kelima dalam jaringan seluler ini atau 5g menjanjikan proses unduh dan unggah yang akan lebih cepat, jangkauan yang lebih luas, dan koneksi yang stabil. Hal tersebut dikarenakan penggunaan spektrum radio yang lebih baik untuk mengakses internet pada banyak perangkat dalam waktu bersamaan. 

Seperti yang diketahui, bahwa kecepatan merupakan hal yang dibutuhkan saat ini. Mengingat lagi adanya teknologi live streaming, video call, dan lain sebagainya. Yang mana hal tersebut sangat membutuhkan koneksi jaringan internet yang lebih cepat. 

Cara Kerja Jaringan 5g  Sama halnya dengan jaringan seluler yang lain, jaringan 5g menggunakan sistem situs sel yang terdiri dari sektor-sektor dan mengirim data melalui gelombang radio. Teknologi 5g menggunakan OFDM yang mirip dengan 4g LTE, namun mempunyai saluran yang lebih besar daripada 4g. sehingga dapat koneksi internet menjadi lebih cepat dan lebih luas.

tags: