[breadcrumb]

Ingin Berinternet Dengan Cepat ? Yuk Intip 7 Cara Mempercepat Koneksi Wifi Di Laptop

Saturday, May 23rd 2020. | IT

Untuk anda yang suka menjelajah dunia maya di laptop, pastinya akan sangat kesal sekali ketika mendapati jaringan yang sangat lemot. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka kali ini akan diulas beberapa cara mempercepat koneksi wifi di laptop. Hal ini pun tentu saja akan berguna bagi anda yang ingin melakukan beragam aktifitas di laptop yang membutuhkan internet. Bagi anda yang penasaran, maka anda pun bisa menyimak ulasannya berikut ini.

Cara Untuk Mempercepat Koneksi Wifi Pada Laptop Atau Komputer

1. Dengan Mengubah Pengaturan QoS

Untuk anda yang menggunakan komputer atau laptop dengan sistem operasi Windows 8 ke atas, maka nantinya secara default Windows akan mengalokasikan 80 % bandwidth untuk internet anda. Sedangkan 20 persennya, sengaja dialokasikan untuk kebutuhan Windows Update. Sehingga bagi anda yang ingin untuk mempercepat koneksi internet yang anda miliki adalah dengann mengatur secara penuh alokasi untuk internet anda.

Untuk itu, cara mempercepat koneksi wifi di laptop saalah satunya adalah dengan mengubah pengaturan QoS. Untuk caranya yakni dengan klik start – run – ketik gpedit.msc. Kemudian anda pun bisa menuju ke Local Computer Policy – Computer configuration – Administrative Template. Selanjutnya anda bisa klik Network – QoS Packet Scheduler. Klik double click pada Limit Reservable Bandwidth.

Selanjutnya anda pun bisa klik menu Enable dan isikan nilai 0 pada bandwidth limit. Kemudian, anda pun bisa klik Apply dan restart lah laptop yang anda miliki. Maka nantinya setelah anda menyalakan laptop yang anda miliki, maka anda pun bisa mencoba untuk mulai berinternet dengan menggunakan WiFi. Pastinya koneksi yang anda dapatkan akan menjadi lebih cepat daripada biasanya.

2. Dengan Memilih Sinyal WiFi yang Kuat

Cara mempercepat koneksi wifi di laptop yang kedua adalah dengan memilih tempat yang memiliki sinyal WiFi kuat. Hal ini pun dapat anda lakukan sebagai salah satu cara untuk mempercepat koneksi internet di laptop anda. Untuk itu, anda pun perlu menghindari untuk meletakkan router di tempat yang terhalang besi ataupun tembok. Sehingga nantinya internet anda pun dapat terkoneksi dengan cepat di laptop.

3. Dengan Melakukan Network Reset dan Flushing DNS

Cara selanjutnya yang bisa anda lakukan untuk mempercepat koneksi internet di laptop anda adalah dengan melalui Network Reset dan Flushing DNS. Awalnya, anda perlu untuk mengetahui terlebih dahulu apa itu Flush DNS. Pada umumnya, Flush DNS ini berfungsi untuk mereset cache DNS client atau komputer yang sedang digunakan. Dimana biasanya untuk menyesuaikan informasi pada perubahan yang sering kali terjadi pada name server, domain DNS dengan data yang baru.

Untuk melakukan cara ini maka dibutuhkan beberapa tahapan untuk melakukannya. Pertama anda bisa membuka Command Prompt dengan cara klik kanan dan pilihlah Run As Administrator. Kemudian anda pun bisa ketik ipconfig/flushdns dan tekan enter pada keyboard anda. Selanjutnya ketik ipcnfig/renew dan tekan enter serta anda pun kemudian bisa menutup Command Prompt dan mulai berinternet.

4. Dengan Memilih Kanal yang Mempunyai Penggunaan Terendah

Untuk cara lain yang bisa anda lakukan sebagai cara mempercepat koneksi wifi di laptop adalah dengan memilih kanal yang terendah. Sinyal wifi tersebut pada umumnya akan berjalan dengan kanal yang ada di ruang terbuka. Apabila terdapat banyak sinyal yang berjalan, maka sinyal wifi pun akan menjadi tumpang tindih dan dapat mengganggu. Untuk itu, hal tersebut akan mengganggu koneksi internet yang ada di laptop anda.

5. Dengan Mengatur IRPStackSize Dengan Lebih Tinggi

Cara selanjutnya yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan koneksi wifi pada laptop anda adalah dengan mengatur IRPStackSize dengan lebih tinggi. Sehingga ketika anda meningkatkan ini, maka nantinya anda pun akan bisa mendapatkan internet yang memiiliki kecepatan yang lebih optimal. Pada umumnya, IRPStackSize ini memiliki nilai 15 namun anda pun bisa mengubahnya hingga mencapai 50.

Adapun caranya adalah dengan klik menu Start, kemudian ketik regedit yang bisa digunakan untuk membuka Registry Editor. Setelah itu, anda bisa klik HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\ CurrentControllerSet \ Services \ LanmanServer\ Parameters. Kemudian, pada folder Parameter tersebut anda pun bisa klik kanan pada file DWORD bernaman IRPStackSize dan klik Modify dan anda pun bisa mengganti nilainya menjadi 50.

Apabila anda tidak bisa menemukan file tersebut, maa anda pun bisa membuat DWORD yang baru. Caranya adalah dengan klik kanan, kemudian klik new lalu masuk ke DWORD Value. Barulah anda bisa membuatnya dengan nama IRPStackSize dan ubah valuenya menjadi 50. Kemudian anda pun bisa klik OK dan tutulah Registry Editor. Maka selanjutnya, anda pun bisa merestart laptop anda dan mencoba untuk berinternet setelah menyala.

6. Dengan Memeriksa Kecepatan Internet

Cara mempercepat koneksi wifi di laptop yang bisa untuk anda lakukan adalah dengan memeriksa kecepatan internet. Ketika koneksi internet pada wifi anda mengalami lelet atau lemot maka hal yang perlu untuk anda ketahui adalah masalah yang terjadi pada kelemotan tersebut. Sehingga salah satu cara yang bisa untuk anda lakukan adalah dengan mengecek kecepatan internet pada wifi yang anda miliki.

Apabila koneksi tersebut mengalami keterhambatan, tapi anda tak menemukan masalah pada routernya, maka kemungkinan besar yang menyebabkan internet anda menjadi lemot adalah penyedia layanan internet tersebut. Sehingga ketika anda mengalami hal ini maka anda pun harus mengetahui terlebih dahulu apa yang menyebabkan internet yang anda miliki menjadi lemot.

7. Dengan Mengecek Posisi Antena Router

Langkah selanjutnya yang bisa untuk anda lakukan adalah dengan mengecek antena router jika wifi pada laptop anda mengalami koneksi yang lambat. Hal ini dikarenakan posisi antena pada router tersebut tentu saja akan bisa menentukan kecepatan dari koneksi internet anda. Untuk itu, anda pun perlu untuk memastikan bahwa keadaan anterna tersebut haruslah dalam keadaan berdiri.

Hal ini dikarenakan ketika posisi antena dalam keadaan berdiri maka nantinya router pun akan lebih efektif untuk memancarkan sinyal internet ke dalam berbagai perangkat yang anda gunakan. Sehingga cara mempercepat koneksi wifi di laptop ini pun juga bisa anda lakukan dengan memeriksa posisi antena router, apakah sudah benar atau belum. Untuk itu, ada beberapa aspek yang bisa untuk anda perika ketika sedang mengalami internet yang lemot pada wifi di laptop anda.

Sehingga, untuk anda yang ingin mempercepat koneksi internet di laptop maka anda pun bisa dengan mencoba beberapa cara tersebut. Hal ini tentu saja akan menjadi cara yang mudah bagi anda untuk memiliki koneksi internet yang terbaik. Untuk itu, ketika anda mengetahui beberapa hal yang bisa untuk mempercepat koneksi internet wifi pada laptop anda, tentu saja hal ini akan menjadi salah satu hal yang bisa untuk anda coba. Anda pun nantinya akan bisa bekerja lebih maksimal.

tags: