[breadcrumb]

Ingin Bikin Logo Profesional? Kenali 5 Cara Membuat Logo Untuk Bisnis Anda

Tuesday, June 9th 2020. | IT

Jika banyak orang berkata bahwa membuat logo adalah hal yang susah, mungkin saja mereka belum mengetahui bagaimana cara membuat logo yang tepat. Untuk bisnis, logo merupakan salah satu hal yang akan merepresentsikan bisnis anda. Sehingga dengan memiliki logo yang bagus, maka hal ini akan dapat menjadi salah satu alat pemasaran yang tepat untuk bisnis anda. Pada ulasan kali ini akan dibahas tentang cara untuk membuat logo bagi bisnis anda.

Hal Yang Perlu Untuk Anda Perhatikan Ketika Ingin Membuat Logo Secara Tepat

1. Dengan Mengetahui Software Yang Tepat

Logo memiliki peranan yang besar di dalam sebuah bisnis. Hal ini dikarenakan dengan adanya logo mampu untuk merepresentasikan tentang bisnis yang sedang anda jalani. Selain itu, ketika anda membuat logo yang tepat maka nantinya logo tersebut akan menancap dan menjadi hal pertama yang diingat oleh konsumen. Peran lainnya dari logo yang sangat penting adalah sebagai pembeda dengan kompetitor.

Untuk itu, mengingat banyak sekali peranan logo bagi sebuah bisnis maka ketika anda ingin untuk membangun usaha, anda pun juga perlu tahu cara membuat logo yang unik dan kreatif. Sehingga hal tersebut nantinya akan bisa menjadi salah satu alat branding dan juga pemasaran untuk bisnis anda. Meskipun dapat dikatakan ketika membuat logo bukanlah hal yang sulit, namun anda pun perlu dan membutuhkan persiapan yang matang ketika ingin membuat ini.

Hal ini pun hampir serupa ketika anda ingin membuat iklan yang berfungsi sebagai media promosi anda. Untuk itu, anda pun juga perlu harus memikirkan konsep, dan juga ide yang nantinya akan digunakan untuk bikin logo pada usaha anda ini. Sehingga nantinya hal ini pun akan bisa untuk menarik perhatian pasar. Untuk itu, anda pun perlu untuk mengetahui software yang tepat yang bisa untuk anda gunakan ketika ingin buat logio ini.

Meskipun merupakan tahapan yang terakhir dari cara membuat logo, namun menentukan software yang tepat pun perlu anda pikirkan ketika membuat konsep tentang logo. Ketika anda telah berhasil untuk bikin logo yang pertama, maka anda pun sebaiknya tidak berhenti dan terus berlatih hingga menemukan logo terbaik yang bisa anda buat. Ada berbagai macam software yang bisa untuk anda gunakan. Mulai dari Adobe Photoshop, CorelDraw hingga Adobe Illustrator.

Untuk itu, anda pun perlu untuk menguasai dan ahli dalam menggunakan software tersebut. Sehingga hal ini nantinya akan bisa untuk memiliki pengaruh yang besar bagi hasil yang anda dapatkan nantinya. Untuk itu, anda pun perlu untuk berlatih secara terus menerus sehingga nantinya akan bisa menghasilkan logo yang baik dan juga yang unik. Hal tersebut nantinya juga akan berpengaruh terhadap pemasaran yang akan anda lakukan guna mempromosikan usaha anda.

2. Dengan Merancang Pembuatan Logo

Dapat dikatakan untuk tahapan ini merupakan tahapan yang sulit yang perlu anda lakukan di dalam pembuatan logo. Untuk itu, sebelum anda membuat dan mengedit logo tersebut maka anda pun bisa merancangnya terlebih dahulu. Setiap desainer tentunya akan memiliki tahapan yang berbeda beda. Ada yang membuat sketsa terlebih dahulu dan juga ada yang baru bisa membuat sketsa setelah melakukan beberapa riset.

Hal tersebut tentu saja bergantung pada pengalaman masing masing ketika membuat logo. Untuk itu, salah satu cara membuat logo juga bisa anda lakukan dengan beberapa tahapan yakni dengan merancang dengan singkat desainnya terlebih dahulu. Kemudian, anda pun juga bisa untuk melakukan riset dan juga brainstorming kepada logo yang akan anda buat. Barulah anda bisa membuat sketsa secara utuh dan juga konsep akan logo yang ingin untuk anda buat.

Selanjutnya, anda bisa mengirim hasil sketsa tersebut kepada klien yang memesan logo tersebut. Barulah nantinya anda akan menemui tahapan revisi yang nantinya akan anda dapatkan dari klien anda. Setelah itu, anda pun bisa melakukan penyelesaian dan tahapan finishing. Barulah logo yang sudah jadi tersebut dan merupakan hasil akhir bisa anda kirim kembali kepada klien.

3. Dengan Mencari Referensi Logo

Sebelum anda mulai untuk membuat logo maka anda pun perlu untuk mencari referensi terlebih dahulu. Dengan melakukan hal satu ini akan bertujuan bahwa nantinya anda akan melihat brand mana yang tidak mengganti logonya sejak awal berdiri dan brand mana yang mengganti logonya. Dari situ, anda pun bisa menentukan logo seperti apa yang ingin untuk anda buat.

Karena dapat dikatakan ketika sebuah brand tidak mengganti logonya sekian lama, maka bisa dibilang bahwa brand tersebut telah sukses. Sehingga mereka tak perlu untuk mengganti logonya. Hal ini dikarenakan dengan mengetahui logo mana yang tetap berdiri sejak awal dan tidak ada pergantian, maka brand tersebut telah mampu untuk menjaga kualitas brand dan dapat bersaing meskipun telah banyak brand lain yang mulai bermunculan.

4. Dengan Memahami Dasar Pembuatan Logo

Sebelum anda memutuskan untuk bikin logo, maka anda pun perlu untuk memahami bagaimana dasar dari cara membuat logo yang benar. Pastikan anda untuk membuat logo yang sederhana dan dapat dengan mudah dikenali maupun diingat oleh konsumen. Sehingga ketika hanya melihat logo dari brand anda, maka konsumen pun akan langsung untuk bisa mengenali brand yang anda miliki.

Selain itu, pembuatan logo pun juga harus sesuai dengan tujuan dari brand yang akan anda tampilkan. Seperti ketika anda ingin untuk membuat sebuah logo untuk toko mainan, maka anda pun bisa memilih warna dan juga font yang disukai oleh anak anak. Selain itu, anda pun juga perlu untuk memilih logo yang mampu bertahan lama dan juga serbaguna.

Logo tersebut haruslah dibuat agar bisa dipakai secara terus menerus. Hal ini nantinya juga akan berpengaruh terhadap branding yang diciptakan. Sehingga nantinya branding tersebut juga tidak akan berubah ubah. Anda pun juga perlu untuk membuat logo yang efektif untuk digunakan pada berbagai medium dan juga aplikasi. Hal ini bertujuan agar nantinya logo tersebut dapat diaplikasikan ke dalam berbagai bentuk.

5. Dengan Mengenali Bisnis Yang Ingin Untuk Direpesentasikan

Cara membuat logo untuk sebiah bisnis tentu saja haruslah bisa merepresentasikan bisnis apa yang nantinya akan digeluti. Untuk itu, sebelum anda masuk ke dalam pembuatan logo maka anda pun harus mengerti dan memahami apa yang nantinya akan digambarkan oleh logo tersebut. Oleh sebab itu, logo bukanlah hanya sebuah gambar biasa, melainkan sebuah gambar yang akan menunjukkan bisnis yang sedang anda jalankan.

Untuk itu, dengan anda mengetahui beberapa tahapan yang harus anda lakukan sebelum membuat logo, maka hal ini pun akan bisa membantu anda. Ketika anda menerapkan beberapa tahapan tersebut, maka anda pun nantinya akan bisa untuk membuat logo yang profesional dan sesuai dengan bisnis apa yang memang sedang ingin untuk anda representasikan kepada konsumen.

tags: ,