[breadcrumb]

Ini Dia Jawaban Dari Pertanyaan Kapan Teknologi 5G Hadir Di Indonesia?

Monday, September 9th 2019. | Teknologi

Banyak orang bertanya kapan teknologi 5g hadir di indonesia? Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, ada baiknya untuk mengenal lebih dalam mengenai teknologi 5g itu sendiri. Seperti yang anda tahu, memasuki tahun 2019, kehadiran dari teknologi 5g di indonesia menjadi bagian yang sangat diharapkan. Pada dasarnya jaringan 5g adalah jaringan terbaru atau dikenal pula sebagai teknologi yang lebih canggih dibandingkan dengan 4g. Teknologi ini juga diperkirakan akan meluncur pada tahun 2020 dan dipercaya memiliki kecepatan yang lebih baik bahkan 3 kali lebih cepat dibandingkan dengan generasi sebelumnya. 

Selain kecepatan data yang lebih tinggi, 5g juga dinyatakan dapat mengurangi tingkat latency yang tentunya dapat mengantarkan secara instan serta real time. Bahkan penggunaannya pun dinyatakan dapat menghemat penggunaan baterai dengan lebih mudah, mengurangi biaya penggunaan hingga menambah kapasitas sistem yang ada. Hal ini dibuktikan dengan keberadaan jaringan 5g yang dapat mensupport hingga 100 kali lipat dari kapasitas trafik serta efisiensi jaringan yang ada. 

Konektivitas jaringan massive

Jaringan 5g dikenal karena kecepatan transfer data yang dimilikinya, sehingga para pelanggan pun merasa tertarik untuk menggunakannya. Namun kecepatan itu pun tentunya akan berimbas pada penggunaan biaya yang dimilikinya. Dalam hal ini umumnya penggunaan biaya akan jauh lebih hemat karena tingkat kecepatan transfer data lebih cepat dan efisien untuk digunakan. 

Untuk fase pertama dari jaringan 5g memang telah dirampungkan pada April 2019 sedangkan tahap selanjutnya yaitu fase kedua direncanakan akan rampung pada April 2020 mendatang yang kehadirannya ditujukan untuk dikomersilkan kepada publik. 

Efek jangka panjang dari penggunaan 5g

Sebagai jaringan baru, 5g tentunya akan memberikan banyak efek bagi para penggunanya, baik itu efek langsung atau bahkan secara tidak langsung. Seperti halnya dampak ekonomi yang akan dirasakan dalam beberapa tahun mendatang, kemudian dampak pada rantai operator, OEMs, pembuat konten, developer hingga para penggunanya. Efek tersebut bahkan diperkirakan dapat menghasilkan sekitar 3,5 triliun dari dollar Amerika yang dapat dirasakan oleh Indonesia dan juga para pengguna di dalamnya. 

2019 Ganti Jaringan 

Diperkirakan akan selesai pada tahun 2019 ini, tentunya pertanyaan kapan teknologi 5g hadir di indonesia kini telah terjawab sudah. Selain dinyatakan akan segera meluncur, untuk adaptasi yang dilakukannya pun dinyatakan akan jauh lebih cepat dibandingkan ketika adaptasi dari penggunaan jaringan 4g. Hal ini tentunya tidak lepas dari penggunaan teknologi yang semakin pesat serta koneksi yang dilakukan antara mobile dengan smartphone pun kini dapat dilakukan tanpa lag. 

Meskipun dalam penggunaan jaringan 5g ini tidak hanya digunakan pada jaringan smartphone saja. Namun karena sistem jaringan umumnya identik dengan komunikasi, maka smartphone pun akan digunakan sebagai titik tolak awal dari aplikasi dengan jaringan 5g.  Itulah kiranya jawaban singkat dari pertanyaan kapan teknologi 5g hadir di indonesia yang dapat penulis jelaskan kali ini. 

tags: