[breadcrumb]

Intip Cara Menghilangkan Iklan di HP Paling Jitu

Saturday, May 30th 2020. | IT

HP menjadi benda yang cukup fungsional untuk melakukan berbagai kegiatan, mulai dari berkomunikasi hingga untuk melakukan browsing. Berselancar di google merupakan aktivitas yang cukup menyenangkan untuk mengetahui berita terbaru atau mencari informasi terkait suatu hal. Sayangnya, iklan yang sering muncul tiba tiba cukup menganggu kegiatan browsing. Berikut ini cara menghilangkan iklan di HP yang bisa kamu terapkan.

Cara Mudah Menghilangkan Iklan di Smartphone

1. Melalui Browser Google Chrome

Kamu bisa menghilangkan iklan dengan menggunakan Google Chrome karena browser ini menyediakan fitur yang bisa kamu ubah sesuai dengan keinginan. Dengan begitu, kamu bisa menghilangkan iklan tanpa melakukan rooting terlebih dahulu. Caranya juga cukup mudah yaitu dengan membuka browser Google Chrome terlebih dahulu. Selanjutnya masuk ke opsi kemudian klik ikon titik tiga yang berada di kanan atas, lalu pilih Setting.

Kemudian kamu perlu memilih Site Setting, lalu pilih Pop Ups, dan pilih opsi Blocked. Sedangkan jika menggunakan bahasa Indonesi maka pilih Seting, pilih setelan situs, pilih munculan atau pop up, kemudian pilih diblokir. Kamu juga bisa memblokir iklan di situs tertentu dengan menggunakan opsi Ads yang ada biasanya berada di bawah opsi Pop-ups adnd redirects. Selanjutnya kik toggle sampai berwarna abu-abu, maka iklan sudah terblokir.

2. Menggunakan AdBlocker Browser

Cara menghilangkan iklan di HP juga bisa kamu lakukan dengan menggunakan AdBlocker Browser, jika tidak memiliki Chrome.  Aplikasi ini memang sudah dirancang untuk melakukan browsing tanpa iklan, sehingga lebih memudahkan para pengguna. Kamu juga tidak perlu melakukan setting seperti yang ada pada Google Chrome. Pertama tama, masuk terlebih dahulu ke Google Play Store, kemudian cari aplikasi AdBlocker  Browser, lalu unduh.

3. Menggunakan Adguard Content Blocker.

Selain AdBlock Browser, bagi pengguna HP yang tidak menggunakan Google Chrome juga bisa mengatasi iklan yang sering muncul dengan menggunakan Adguard Content Blocker. Kamu bisa mendapatkan aplikasi ini dengan membuka Google Play Store maupun dari situs Adguard. Terdapat dua versi pada Adguard Content Blocker, yaitu versi gratis dan versi berbayar.

Tentunya untuk versi gratis hanya bisa digunakan untuk menghilangkan iklan di Browser. Sedangkan jika kamu ingin menghilangkan iklan yang ada di aplikasi, disarankan untuk mengunduh aplikasi yang versi berbayar. Keuntungan dari aplikasi ini yaitu, tidak menggunakan root untuk menjalankannya. Hal ini dikarenakan Adguard Content Blocker dapat bekerja dengan mode VPN.

4. Menggunakan AdAway

AdAway bisa dijadikan pilihan untuk memblokir berbagai iklan pengganggu. AdAway adalah aplikasi pemblokir iklan sederhana yang menggunakan file host. Dengan adanya modifikasi file host, sehingga mampu bekerja untuk mengirim permintaan iklan ke 12.0.0.1. Bisa dikatakan bahwa aplikasi ini dapat mengalihkan iklan ke tempat lain agar tidak masuk ke aplikasi pengguna.

Selain digunakan sebagai cara menghilangkan iklan di HP, aplikasi ini juga mendukung file host custom termasuk ketika sedang membutuhkan akses root agar bisa beroperasi. Namun, aplikasi ini AdAway membutuhkan F-Droid yang hanya bisa diunduh di luar Play Store. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis.  Disediakan juga untuk donasi bagi pengguna yang memang ingin menyumbang,

5. Menggunakan Adblock Plus

Rekomendasi salah satu aplikasi terbaik untuk mengatasi iklan yang suka muncul di layar HP yaitu  Adblock Plus. Aplikasi ini dapat bekerja pada perangkat baik yang sudah di-root maupun belum di-root. Namun untuk penggunaan non-root , kamu harus mengikuti langkah langkah yang lebih banyak dibandingkan dengan root. Aplikasi ini juga dapat menyaring web traffic sebagaimana versi ekstensi web browser.

Untuk mendapatkan berbagai keuntungan ini, maka pengguna hanya perlu membuka aplikasinya, kemudian mengatur sistem pengaturan sesuai keperluan. Jika sudah disesuaikan dengan kebutuhan, maka secara otomatis Adblock Plus akan bekerja dengan melakukan pemblokiran iklan, sehingga menjadi cara menghilangkan iklan di HP yang cukup efektif.

6. Menggunakan  AdClear

AdClear  merupakan alternatif aplikasi yang bisa dipilih untuk mengatasi iklan yang menganggu di HP. AdClear dikembangkan oleh XDA developer dan dapat bekerja di dalam perangkat non-root. Aplikasi ini bisa mencipatakan VPN untuk menyaring iklan yang masuk, sebelum sampai ke web atau aplikasi. Selain itu, aplikasi ini juga dapat menyaring iklan yang terenkripsi.  Anda bisa menggunakan aplikasi ini menggunakan data seluler maupun melalui koneksi Wi-Fi.

7. Mengatur Security Setting

Langkah ketiga ini, khusus untuk kamu yang malas mendownload aplikasi. Kamu bisa Caranya yaitu matikan pengaturan yang bisa menyebabkan smartphone yang digunakan memasang aplikasi selain dari Play Store. Masuk ke Security Setting, selanjutnya pilih “jangan izinkan peng-install-an aplikasi dari sumber yang tak jelas”. Dengan begitu, maka HP yang kamu gunakan akan terlindungi dari iklan iklan yang menganggu.

8. Menggunakan AdGuard

 AdGuard merupakan aplikasi pemblokiran iklan yang ada di HP yang memiliki cara kerja yang hampir sama dengan Adblock Plus. Aplikasi ini mampu memfilter lalu lintas selama situs web sedang berjalan. Sama seperti Adblock Plus, cara menghilangkan iklan di HP dengan AdGuard  juga bisa digunakan di perangkat non-root, namun membutuhkan beberapa  pengaturan ekstra.

AdGuard akan tetap menampilkan tab web traffic a sebagaimana aplikasi penghemat kuota, GlassWire. Tampilan pada aplikasi ini cukup sederhana dengan Material Design yang ciamik. Selain versi gratis, kamu juga bisa memilih  versi premium, jika ingin mendapatkan  fitur yang lebih lengkap untuk pemblokiran setiap iklan yang masuk ke perangkat yang digunakan.

9. Menggunakan Bloch This

Bloch This  merupakan rekomendasi aplikasi terbaik untuk menghilangkan iklan yang suka muncul di smartphone. Aplikasi ini menggunakan metode yang menyerupai VPN sebagaimana yang digunakan oleh  Adblock Plus yang juga digunakan oleh Adblock Plus dan AdGuard. Aplikasi ini menggunakan DNS blocking karena memiliki filter. Namun, perlu diketahui bahwa saat menggunakan aplikasi ini, baterai akan lebih cepat habis.

10. Menggunakan Unicorn Blocker

Kemunculan iklan pada smartphone tentunya sangat menganggu, sehingga perlu diblokir menggunakan bantuan aplikasi, salah satunya Unicorn Blocker. Aplikasi ini juga mencegah kemunculan pop-up. Dengan menggunakan aplikasi ini, maka kamu bisa menghemat kuota hingga 50 persen, sehingga kegiatan berselancar di internet bisa menjadi lebih cepat. Unicorn Blocker bisa menghilangkan iklan di lebih dari 1.000 situs.

11. Menghilangkan Iklan dan Malware

Kamu juga perlu menghilangkan iklan dan malware yang seringkali tiba tiba muncul pada aplikasi.Caranya yaitu dengan menghapus aplikasi yang bermasalah. Pertama, lakukan restart pada smartphone, kemudian hapus aplikasi yang sudah didownload. Namun, setiap kali menghapus aplikasi ini, maka kamu perlu melakukan restart. Jika sudah, cara menghilangkan iklan di HP bisa dilanjutkan dengan mengunduh ulang aplikasi yang terhapus.

Cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan iklan yaitu dengan melakukan pengaturan pada Google Chrome maupun menggunakan aplikasi tambahan. Pengunaan aplikasi tambahan ini biasanya ada yang membutuhkan root dan ada yang tidak. Selain itu, untuk versi gratis menawarkan fitur yang terbatas jika dibandingkan dengan fitur berbayarnya, sehingga kamu perlu mempertimbangkannya dengan baik.

tags: