[breadcrumb]

Jelaskan Cara Kerja Teknologi Fiber Optik Secara Sederhana

Friday, August 30th 2019. | Teknologi

Sebagai pengguna internet Anda mungkin pernah ditawarkan untuk mengganti IP Anda dengan IP yang sudah menggunakan teknologi fiber optik. Ketika Anda tanya apa keuntungannya maka biasanya jawabannya adalah fiber optik bisa menghasilkan kecepatan internet yang jauh lebih tinggi dan lebih stabil, serta bisa digunakan untuk berbagai macam perangkat dalam satu waktu tanpa harus berebut banddwidth. Hal tersebut memang benar adanya, jaringan fiber optik adalah teknologi manusia yang paling baru untuk menyalurkan data dan informasi secara lebih cepat.  Anda masih penasaran mengenai teknologi kabel serat kaca? Berikut akan dijelaskan mengenai apa itu fiber optik dan bagaimana cara kerjanya.

Mengenal teknologi jaringan kabel fiber optik

Secara umum sinyal informasi yang digunakan untuk berkomunikasi manusia dalam jarak jauh ada tiga caranya. Yang pertama adalah menggunakan kabel seperti yang diaplikasikan pada saluran telepon, kemudian menggunakan gelombang radio yang tak terlihat seperti yang digunakan untuk ponsel, dan yang ketiga adalah menggunakan gelombang cahaya yang dipancarkan oleh fiber optik yang kabelnya terbuat dar serat kaca atau plastik transparan. Pengembangan teknologi fiber optik dimulai pada tahun 50an untuk keperluan medis di mana dokter bisa menggunakannya untuk melihat isi tubuh manusia tanpa dibedah. Kemudian baru pada tahun 60an teknologi yang sama dikembangkan untuk komunikasi dengan memanfaatkan kecepatan cahaya yang jauh lebih cepat.

Cara kerja fiber optik

Penggunaan serat kaca yang sangat tipis bisa menjelaskan teknologi fiber optik dengan segala kelebihannya. Fiber optik dibuat dari bahan kaca atau plastik dengan diameter yang tidak lebih tebal dari sehelai rambut, satu kabel bisa memiliki beberapa fiber optik di dalamnya hingga ratusan. Setiap serat fiber optik memiliki kemampuan untuk membawa data yang setara dengan 25.000 sambungan telepon dalam satu kali waktu jadi makin banyak jumlah fiber optik yang ada di dalam satu kabel makin banyak jumlah data yang bisa dibawa hingga jutaan. 

Berikut akan dijelaskan teknologi fiber optik berkaitan dengan cara kerjanya. Teknologi optikal adalah teknologi yang berbasis seluruhnya pada gelombang cahaya. Serat kaca yang ada di dalam kabel fiber optik memantulkan cahaya secara berulang-ulang yang memantul pada dinding kabel yang didesain dengan teknologi namanya total internal reflection. Teknologi tersebut digunakan untuk memastikan cahaya yang membawa sinyal informasi data tetap berada di dalam pipa kabel.  Struktur kabel juga berperan untuk menampung cahaya yang dipantulkan tetap di dalam. Secara umum struktur kabel fiber optik terdiri dari bagian inti yang menjadi jalannya cahaya mengalir dari satu tempat ke tempat lain, kemudian inti kabel dilapisi dengan lapisan kaca luas yang menahan gelombang cahaya agar tidak keluar dari bagian inti. Dengan demikian cahaya yang mengandung informasi dari satu user ke user yang lain bisa disampaikan secara utuh dengan kecepatan yang tinggi tanpa ada resiko terjadi kebocoran data. Demikian telah dijelaskan teknologi fiber optik secara sederhana.

tags: