[breadcrumb]

Kecanggihan 4 Teknologi TV Terbaru 2019

Thursday, August 8th 2019. | Teknologi

Perkembangan teknologi televisi makin ke sini makin mengalami upgrade yang cukup luar biasa. Tidak hanya dalam hal kualitas gambar tapi kualitas suara serta desainnya pun terus mendapatkan inovasi dari berbagai macam pembuat televisi untuk memberikan pengalaman menonton di rumah yang tidak kalah serunya ketika menonton di bioskop. Di antara berbagai macam teknologi terbaru 2019 yang ada untuk industri televisi, berikut di bawah ini adalah beberapa inovasi yang siap untuk mengubah industri produk elektronik televisi baik yang sudah ada produknya atau yang sedang dalam tahap pengembangan. 

  • Dilengkapi dengan teknologi IMAX

Teknologi tv terbaru 2019 yang sedang digodok adalah produk-produk televisi yang dilengkapi dengan teknologi IMAX. Teknologi audio ini biasanya bisa Anda temui di layar lebar untuk memberikan pengalaman audio intensif agar tontonan yang disaksikan bisa memberikan kesan yang lebih nyata dan berdimensi. Untuk bisa ditanamkan teknologi IMAX, televisi yang ingin memiliki fitur ini harus menggunakan teknologi layar minimal HDR10 dan bisa menyajikan konten dengan teknologi resolusi 4K. Meski belum ada produknya namun dikabarkan Sony Electronics, Sound United, Sony Pictures, dan Paramount Pictures sudah membeli sertifikat lisensi teknologi IMAX untuk televisi ini. 

  • HDR10+

HDR10+ adalah teknologi tv terbaru 2019 yang merupakan hasil kolaborasi dari 20th Century Fox, Panasonic, dan Samsung untuk menyaingi Dolby Vision yang keluar lebih dulu untuk memberikan kualitas gambar HDR yang sebenarnya di layar kaca. HDR10+ nampaknya juga akan lebih populer dibandingkan dengan Dolby Vision karena biaya implementasinya untuk produk-produk televisi lebih murah dibandingkan dengan menanamkan teknologi Dolby Vision. Ditambah dengan Samsung yang menjadi bagian dari teknologi HDR10+ terlebih karena Samsung paling banyak mengeluarkan produk televisi. 

  • 8K

Anda baru saja beli televisi dengan layar resolusi 4K dan terkagum-kagum dengan kualitas gambarnya? Teknologi 8K baru saja masuk ke pasaran televisi tentunya dengan kualitas gambar yang jauh lebih baik dibandingkan dengan tv 4K. Dengan resolusi 8K, teknologi ini hanya cocok digunakan untuk televisi dengan ukuran layar lebih dari 80 inci, beda dengan 4K yang masih bisa digunakan untuk tv dengan ukuran yang wajar untuk ruang tv yang normal. 

  • Micro LED

Teknologi tv terbaru 2019 selanjutnya yang juga bisa mengubah industri elektronik televisi adalah hadirnya micro LED yang merupakan teknologi layar dengan menggunakan LED berukuran mikroskopik yang salah satu kelebihannya adalah kualitas gambar yang super bening bisa jauh lebih awet jika dibandingkan dengan layar OLED atau LED biasa yang seiring dengan bertambahnya usia televisi kualitas gambar pun makin lama bisa makin menurun. Untuk saat ini, televisi dengan micro LED belum bisa diproduksi secara masal karena instalasi LED-nya yang cukup rumit bahkan ketika sudah menggunakan robot.

tags: