[breadcrumb]

Keunggulan Teknologi 5g Yang Akan Datang

Friday, September 13th 2019. | Teknologi

Perkembangan zaman yang dengan cepat juga berdampak pada perkembangan dunia teknologi. Sebab teknologi merupakan pilar utama dalam kegiatan sehari-hari, sehingga aktivitas jadi lebih mudah untuk dijalani. Salah satu yang menerima dampak positif dari perkembangan teknologi adalah pelaku telekomunikasi yaitu berkembangnya teknologi 5g di Indonesia. Makalah tentang teknologi 5g memang sedang menjadi perbincangan saat ini. 

Dahulu hanya ada telepon umum atau telepon rumah saja. Kemudian telepon umum menjadi bisnis yang digemari sehingga banyak dan menjamurnya bisnis water untuk memudahkan orang-orang dalam berkomunikasi. Barulah kemudian muncul teknologi handphone yang dijual sangat mahal. Selanjutnya muncullah teknologi jaringan 3g yang digemborkan mempunyai banyak kelebihan, utamanya dalam jaringan internet dan video call. Setelahnya ada teknologi jaringan 4g, barulah saat ini yang sedang banyak dibahas adalah makalah tentang teknologi 5g. 

Teknologi 5g merupakan bukti inovasi bidang telekomunikasi yang terus dilakukan dan dikembangkan. Walaupun sebenarnya teknologi jaringan yang ada saat ini sudah sangat mencukupi yaitu 4g, teknologi telekomunikasi tetap harus dikembangkan. 

Sistem kerja teknologi 5g sebenarnya masih sama seperti biasa. Gelombang radio akan menerima data dengan frekuensi yang berbeda-beda. Dimana perbedaan tersebut disesuaikan dengan tipe komunikasi yang diperlukan misalnya sinyal televisi, navigasi maritime, dan lain sebagainya. 

Meskipun telah ada jaringan teknologi 3g dan 4g, seluruh gelombang radio tetap akan dioptimalkan berdasarkan teknologi yang dipakai. Namun jika berbicara makalah tentang teknologi 5g, maka segala sesuatunya akan lebih cepat. 

Keunggulan teknologi jaringan 5g 

Teknologi jaringan 5g sebenarnya masih dalam konsep yang manfaat keunggulannya masih belum dapat dipastikan dengan jelas. Namun jika melihat konsep 5g secara lebih dalam, dapat disimpulkan bahwa teknologi 5g memiliki keunggulan yaitu: mempunyai kecepatan data yang lebih tinggi daripada jaringan 4g sehingga konsumen merasa lebih nyaman menggunakannya, mempunyai kecepatan transfer data hingga satu mili per detik, dan teknologi 5g dapat memberikan keunggulan yang sulit untuk disamakan dengan teknologi lain yaitu dapat terkoneksi dengan alat atau perangkat lain misalnya mobil, telepon, peralatan rumah tangga, dan lain sebagainya. 

Keunggulan-keunggulan tersebut sangat memperjelas bahwa teknologi 4g saat yang terhitung juga telah sangat cepat dapat dikalahkan dengan kecepatan yang dimiliki oleh jaringan teknologi 5g. diperkirakan bahwa kecepatan yang dimiliki jaringan teknologi 5g dapat mencapai kecepatan 800 Gbps.   Sedangkan untuk daerah pedesaan yang sering kali menjadi masalah akan keterjangkauan jaringan, teknologi 5g belum tentu dapat mengatasi masalah tersebut. hal tersebut karena teknologi jaringan 5g memiliki frekuensi yang tinggi namun hanya dapat menjangkau jarak yang pendek. Sehingga teknologi 5g unggul dalam layanan perkotaan dan daerah yang memiliki penduduk padat. 

tags: