[breadcrumb]

Mengenal Penggunaan Teknologi 5G Di Indonesia

Tuesday, September 10th 2019. | Teknologi

Teknologi 5g di indonesia kini menjadi salah satu bagian yang paling ditunggu-tunggu. Hal ini tidak lepas dari anggapan yang menyatakan bahwa teknologi tersebut adalah jawaban atas semua impian serta permasalahan konektivitas jaringan seluler yang ada saat ini. Lebih dari itu keberadaan teknologi 5g juga dianggap dapat memberikan layanan yang lebih baik utamanya dari segi layanan transfer data yang lebih cepat, kapasitas lebih besar serta waktu tunda yang juga nyaris tak ada.Karena itulah kehadirannya pun sangat diharapkan dapat membantu beragam permasalahan yang berkaitan dengan sistem jaringan yang ada saat ini. 

Meskipun kehadirannya mulai digadang-gadang, faktanya jaringan 5g tersebut kurang banyak menarik perhatian, mengapa demikian? Hal ini tidak lepas dari minimnya tingkat potensi aplikasi dengan penggunaan jaringan 5g yang ada di Indonesia saat ini. 

Hal senada juga dinyatakan oleh Ketua Umum Masyarakat Telematika Indonesia yaitu Kristiono yang juga menyatakan bahwa penggunaan 5g di Indonesia tidak terlalu menguntungkan, apalagi permintaan dari jaringan 5g yang semakin lemah. Karena itulah investasi yang dilakukan oleh para pemilik jaringan operator telekomunikasi tentunya tidak akan sebanding dengan hasil yang dimilikinya.

Lebih dari itu, saat ini penggunaan 5g di Indonesia juga dapat memberikan 2 keuntungan. Keuntungan pertama adalah menjangkau masyarakat yang sebelumnya tidak terjangkau. Seperti yang anda ketahui, penggunaan teknologi 5g di indonesia tentunya memiliki jangkauan yang lebih luas dibandingkan dengan 4g. Selain itu, keuntungan kedua hadir melalui kapasitas fixed wireless yang tentunya jauh lebih besar dari sebelumnya. 

Selain itu, gawai iot atau internet of thing juga belum banyak digunakan di Indonesia. Karena untuk perangkat yang satu ini umumnya dibutuhkan latensi pendek, kapasitas besar, serta update yang tepat untuk beberapa sektor yang telah ditentukan sebelumnya. 

Permasalahan dari penggunaan 5g

Ada banyak permasalahan 5g yang juga harus diperhatikan yaitu teknologi yang dimulai dari generasi 1g, 2g, 3g, 4g bahkan hingga jenis jaringan 4,9g yang juga mengusik keberadaan jaringan 5g. Jaringan-jaringan tersebut memang terlalu banyak namun masing-masingnya justru memiliki kondisi frekuensi yang lebih terbatas. 

Selain itu, di negara lain umumnya penggunaan jaringan yang tidak digunakan akan secara otomatis dibuang dan tidak digunakan kembali. Hal ini bertujuan agar jumlah frekuensi yang dibutuhkan olehnya dapat dipenuhi dengan baik melalui frekuensi yang telah ada dan kini tidak digunakan oleh generasi-generasi sebelumnya.

Dari penjelasan di bagian atas tadi dapat anda lihat bahwa banyak pula diantaranya negara lain yang memang belum siap untuk menggunakan jaringan 5g, tidak terkecuali Indonesia itu sendiri. Namun jika dilihat dari tingkat penggunaannya, maka jaringan 5g ini pun dinyatakan dapat digunakan sekitar 1 atau pun 2 tahun mendatang.  Itulah kiranya penjelasan singkat mengenai penggunaan teknologi 5g di indonesia dan kapan kiranya teknologi tersebut dapat digunakan.

tags: