[breadcrumb]

Menjaga Data Lebih Rahasia, Mari Pelajari Cara Mengunci Folder Di Laptop

Tuesday, May 5th 2020. | IT

Memiliki data atau file pribadi yang berkesan rahasia sudah menjadi hal yang wajar bagi para pengguna PC atau laptop. Mungkin saja ada beberapa dari Anda yang tidak ingin data dilihat dan diakses oleh orang lain, apalagi disalah gunakan. Baik itu file pribadi atau data rahasia perusahaan, tidak ayal jika mengunci folder tersebut diperlukan. Lalu bagaimana cara mengunci folder di laptop? Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda coba dan gunakan.

Inilah Cara Mengunci Atau Memberi Kata Sandi Folder Rahasia Yang Perlu Anda Ketahui

1. Mengunci Folder Dengan Menggunakan Folder Encryption (Untuk Windows Pro)

Salah satu cara yang paling efektif adalah memakai fitur bawaan Windows bernama Folder Encryption. Mengapa? Karena Anda tidak perlu memasang aplikasi pihak ketiga dan caranya pun lebih mudah. Namun satu hal yang perlu Anda tahu adalah cara ini hanya berlaku dan bisa digunakan di PC dengan Windows edisi Pro saja. Apapun versinya, Windows 7, 8, 9, atau pun 10 asalkan edisinya adalah pro cara ini bisa dicoba dengan langkah yang sama.

Selain untuk Windows tertentu, ternyata kata sandi yang akan digunakan harus sama dengan sandi akun Windows pengguna. Karena itulah, cara yang satu ini hanya bisa berjalan jika akun Windows sudah diberi kunci. Jadi, perhatikan dua hal tersebut sebelum Anda mencoba menggunakan cara mengunci folder di laptop ini. Jika Anda yakin sudah memenuhi dua syarat itu, mari mulai coba dengan langkah pertama yakni buka properties folder.

Untuk membuka menu properties, klik kanan pada folder dan pilih opsi yang ada di bagian paling bawah. Pada jendela properties yang terbuka, klik menu advanced. Setelah itu akan muncul jendela lagi. Pada tahap ini klik dan centang opsi “encrypt contents to secure data” tekan OK dan apply. Selanjutnya, akan muncul jendela konfirmasi apakah Anda ingin memberi kata sandi untuk isi atau hanya folder saja. Tentukan pilihan Anda, OK, dan selesai.

Tahapnya memang sudah selesai, namun proses penguncian baru akan dimulai. Proses ini terkadang memakan waktu yang beragam, bergantung besar kapasitas folder. Jika semakin besar maka akan semakin lama. Tunggu saja hingga selesai. Proses selesai terlihat dengan adanya icon gembok yang terpasang pada folder Anda. Nantinya, untuk membuka folder tersebut Anda perlu memasukkan kata sandi kunci yang sama dengan sandi akun Windows.

2. Menggunakan Bantuan Aplikasi Folder Guard Untuk Kunci Folder Di Windows

Cara mengunci folder di laptop selanjutnya bisa jadi alternatif bagi Anda yang tidak punya Windows Pro. Untuk memberi kunci, Anda akan membutuhkan bantuan software pihak ketiga. Dalam hal ini, salah satu aplikasi yang sudah dikenal efisien adalah Folder Guard. Sebelum bisa digunakan, Anda perlu mengunduh dan menginstal atau memasangnya terlebih dahulu. Berhati – hatilah saat mendownload agar tidak salah atau terkena virus dan malware.

Setelah berhasil memasang aplikasi dan membukanya, pertama Anda akan diminta untuk membuat kata sandi aplikasi ini. Isi dan tekan Ok untuk melanjutkan tahapan. Setelah masuk pada aplikasi, di halaman depan klik tulisan “lock a folder with a password…”. lanjutkan pilih folder yang akan dikunci, dengan klik “browse for folder” dan temukan berkas Anda, OK. Pada tampilan jendela selanjutnya, silakan Anda masukkan kata kunci untuk folder tersebut.

Pada tahap ini, masukkan kata sandi yang sama dua kali (pada dua kolom yang tersedia). Lanjutkan dengan tekan “next”. Untuk tampilan selanjutnya, Anda tidak perlu mengubah pengaturan, jadi tekan finish. Tampilan akan kembali ke halaman depan, di sini silakan aktifkan dengan pilih tombol “protect”. Cara mengunci folder di laptop selesai. Saat folder dibuka, isi tidak akan tampak kecuali Anda tekan tombol “unlock” dan memasukkan kata sandi yang benar.

3. Memberikan Kunci Folder Memakai Kompressor 7-Zip

Selain Folder Guard, aplikasi ringan dan gratis yang bisa Anda gunakan adalah 7-zip. Meski aplikasi ini didesain untuk mengompres berkas, program buatan Igor Pavlov ini juga punya fitur mengunci folder dengan sandi. Namun dalam prosesnya, 7-zip akan mengompres berkas terlebih dahulu. Jika Anda ingin mencoba, tentu saja Anda harus mengunduh dan install 7-zip terlebih dahulu. Seperti biasa, selesaikan proses install lalu buka aplikasi ini.

Pada halaman utama, pilih dan tentukan berkas yang akan dikunci. Kemudian pilih menu “add” dengan ikon tanda plus di sebelah kiri atas. Setelah itu, akan muncul jendela dialog untuk menentukan hasil kompresi folder. Pada dialog tersebut silakan masukkan sandi pada kolom “enter password” dan “reenter password” sesuai yang Anda inginkan. Namun, sebelum Anda tekan OK, pilih format berkas pada menu achive format dan tentukan lokasi penyimpanannya.

4. Wise Folder Hider, Aplikasi Penyembunyi  Folder Windows

Satu lagi cara mengunci folder di laptop adalah dengan aplikasi pihak ketiga Wise Folder Hider. Seperti namanya, aplikasi ini bekerja untuk menyembunyikan berkas atau file. Kemudian hanya bisa diakses dengan membuka aplikasi dengan password. Untuk caranya, sama dengan 2 cara sebelumnya. Diawali dengan mengunduh dan menginstall aplikasi dengan benar. Pada awal membuka, Anda akan diminta untuk memasukkan samdi.

Gunakan kata sandi yang mudah diingat namun juga tidak mudah ditebak. Karena nantinya Anda akan butuh kata kunci ini untuk melihat berkas dan data Anda. Setelah masuk pada aplikasi, Anda bisa memilih dan menarik berkas yang ingin disembunyikan. Jika sudah berhasil masuk dalam aplikasi, folder tersebut akan tercantum dalam daftar dan memiliki status hidden. Keterangan status ini menjelaskan bahwa folder tersebut tersembunyi.

Coba Anda buktikan. Saat membuka Windows eksplorer folder tersebut tidak akan muncul. Tapi jika Anda ingin membuka, melihat, edit atau punya urusan dengan berkas itu, maka Anda harus klik tombol “open” berwarna hijau pada aplikasi. Nantinya status akan berubah jadi visible dan Anda bisa lihat berkas itu lagi. Setelah selesai, tutup aplikasi dan otomatis folder rahasia tersebut akan disembunyikan lagi.

Cara mengunci folder di laptop ini tidak secara langsung memberi kata sandi pada berkas. Perlu diperhatikan, bahwa Anda perlu membuka aplikasi setiap kali akan mengakses berkas rahasia. Dengan begitu, perhitungkan dan pikirkan baik – baik kata sandi yang akan digunakan. Karena jika Anda lupa dan tidak bisa masuk ke dalam aplikasi, maka Anda tidak akan bisa melihat dan mengedit lagi berkas rahasia beserta dengan isinya tersebut.

Itulah keempat cara yang bisa Anda coba untuk memberi kata kunci pada folder Windows. Cara yang pertama dirasa cukup mudah, namun hanya bisa digunakan untuk PC dengan Windows Pro. Sedangkan ketiga cara lainnya perlu adanya aplikasi tambahan. Aplikasi tersebut adalah Folder Guard, 7-zip dan juga Wise Folder Hider yang bisa Anda unduh dengan gratis. Semoga cara tersebut bisa Anda coba dan bisa menjaga kerahasiaan data berkas Anda.  

tags: