[breadcrumb]

Menuju Proyek Indonesia 5G 2022

Wednesday, September 18th 2019. | Teknologi

Sudah siapkah teknologi 5g di indonesia? Sebuah pertanyaan yang sangat menarik untuk dijawab sekaligus memancing rasa penasaran tak berkesudahan. Selama ini kita sudah merasakan sendiri bagaimana teknologi LTE atau 4G membuktikan jaringan yang super kencang dan lancar meski masih ada keterbatasan beberapa hal. Tapi semenjak teknologi 5G didengungkan beberapa tahun lalu, semakin banyak pihak yang memprediksikan tidak lama lagi kita bisa menikmati jaringan internet yang konon 20 kali lebih cepat dari biasanya.

Generasi 5 Jaringan Internet

Teknologi 5G merupakan sebutan dari generasi kelima koneksi internet yang sebelumnya didahului oleh 3G dan 4G/LTE. Konektivitas 5G mengandalkan pemakaian spektrum radio yang kabarnya jauh lebih bagus dan memudahkan akses dari jenis perangkat yang lebih banyak.

Manfaat bagi Publik

Teknologi 5G bakal mengubah masa depan kita dari berbagai aspek termasuk yang menyangkut fasilitas publik. Contohnya, mekanisme identifikasi dan pembacaan peta dan data lalu lintas secara real live, kendaraan tanpa supir, operasional drone untuk penyelamatan bencana, penggunaan kacamata VR, dan lain-lain. Pengembangan berbagai jenis perangkat jadi lebih memungkinkan karena ditunjang oleh akses internet yang lebih kuat dan kencang.

Nah, kapan negara kita menikmati jaringan internet generasi terbaru ini? Akhir-akhir ini, tajuk Indonesia 5G 2022 semakin santer terdengar. Mulai banyak media-media massa yang mengangkatnya sebagai tema pemberitaan. Kabar baik mulai tersiar awal Agustus ini saat Huawei sebagai perusahaan yang merintis 5G menyatakan bahwa Indonesia tidak lama lagi akan menerapkan teknologi ini secara komersial, tepatnya di tahun 2020.

Strategi Indonesia 5G 2022 telah dipresentasikan Huawei tanggal 31 Juli kemarin yang memaparkan bagaimana mereka mengadopsikannya di Indonesia. Transmisi informasi digerakkan melalui konsep smart devices, konektivitas, dan sistem computing dan cloud. Tiga poin penting itu menjadi basis utama mengaplikasikan 5G di Indonesia.

Dari hasil presentasi itu, jaringan 5G yang dinilai tepat dan sesuai standar global meliputi 3,5 GHz, 2,6 GHz, 6,3 GHz, 26 GHz, dan 28 GHz. Khusus untuk Indonesia, yang bakal digunakan adalah spektrum radio jaringan 3,5 GHz.

Proyek Indonesia 5G 2022 juga diperkirakan bisa lebih cepat karena tingkat perkembangan teknologi yang semakin massif dan lonjakan kebutuhan akses internet yang semakin berkembang pesat. Di samping itu, teknologi 5G seolah membuka jalan keluar bagi para pengguna internet di tanah air yang mulai mengeluhkan beragam masalah terkait akses teknologi generasi-generasi sebelumnya. Menjelang tiga tahun sesuai prediksi ini, sebagian publik di tanah air menunggu-nunggu bagaimana implementasi 5G dan apakah harus menyiapkan tipe perangkat baru. Pasalnya, rata-rata perangkat seluler di sini terhitung masih baru dalam memperkenalkan teknologi jaringan 4G, sedangkan masih banyak wilayah di Indonesia yang belum sepenuhnya tercover layanan tersebut.

tags: