[breadcrumb]

Mudah Dan Cepat, Yuk Intip Cara Uninstall Aplikasi Di Laptop

Monday, May 4th 2020. | IT

Sudah tidak bisa dipungkiri lagi betapa pentingnya kehadiran laptop atau PC saat ini. Banyak hal yang bisa dilakukan dengan gadget ini, mulai dari sekedar ketik, edit, hingga main game pun bisa. Karena itu tidak jarang banyak sekali aplikasi yang dipasang dan dihapus sesuai kebutuhan. Melihat keadaan ini, ternyata tidak sedikit orang yang tidak tahu cara uninstal. Sebab itulah, silakan Anda simak cara uninstall aplikasi di laptop yang mudah dan cepat berikut ini.

Inilah Beberapa Cara Uninstal Aplikasi Di PC Dengan Mudah Dan Cepat Yang Perlu Anda Ketahui

1. Menghapus Aplikasi Melalui Control Panel Untuk Segala Macam Windows

Cara yang pertama dengan melalui control panel adalah yang paling banyak digunakan para pengguna PC atau laptop. Sebenarnya cara ini cukup mudah karena hanya perlu beberapa langkah saja, namun tidak jarang pemula akan kesulitan. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah membuka control panel. Anda bisa membuka dengan menekan tombol Windows + R, lalu masukkan / ketik “control panel” dan tekan enter. Langkah ini berlaku untuk semua Windows.

Untuk pengguna Windows Xp, 7 dan 10 cara akses juga bisa melalui klik menu start lalu temukan pilihan control panel. Selain itu, menuliskan “control Panel” pada tombol search (Windows 8 di pojok kanan atas, Windows 10 di dekat menu start) juga bisa dicoba. Setelah terbuka, langkah selanjutnya adalah memilih opsi “program – Uninstall a program”. Tampak control panel akan sedikit berbeda pada setiap Windows, namun isi dan kegunaannya pasti tetap sama.

Cara uninstall aplikasi dilanjut setelah muncul daftar aplikasi yang terinstal di laptop. Pada Windows berisi daftar ini, silakan cari dan pilih aplikasi yang akan dihapus. Kemudian jika sudah terpilih, tekan opsi uninstall pada bagian atas daftar. Dengan menekan opsi itu, nanti akan muncul permintaan program untuk menghapus (setiap aplikasi punya perbedaan konfigurasi). Jalankan dan setujui permintaan dengan tekan tombol OK, lalu tunggu proses selesai.  

2. Menghapus Secara Langsung Dan Cepat Melalui Menu Start Desktop

Selain dari control panel, cara alternatif selanjutnya adalah dari menu start. Fitur start menu adalah bawaan dari Windows. Apapun jenis Windows yang Anda gunakan, akan ada menu dengan logo windows pada sebelah pojok kiri bawah (lokasi default). Apa kegunaannya? Dengan menu ini Anda bisa mengakses semua aplikasi dan folder yang ada secara cepat dan praktis. Di sini juga lah Anda bisa menemukan banyak aplikasi dan sistem windows yang ada di laptop.

Karena itulah Anda juga bisa melakukan cara uninstall aplikasi dari sini. Untuk membuka menu ini, Anda bisa menekan tombol berlogo Windows pada keyboard atau klik pada dekstop. Langkah selanjutnya adalah mencari file atau aplikasi yang akan dihapus. Klik kanan dan pilih opsi uninstall. Jika muncul permintaan persetujuan untuk hapus, pilih OK dan lanjutkan proses.  Setelah itu Anda hanya perlu tunggu beberapa saat hingga proses penghapusan selesai.

Jelas sekali cara ini sangat cepat dan praktis, namun perlu Anda tahu bahwa tidak semua aplikasi bisa dihapus dengan cara ini. Terkadang ada aplikasi yang tidak punya opsi uninstall, jadi cara pertama adalah solusinya. Selain itu, kurang lebih hanya Windows 7, 8, dan 10 yang punya cara ini. Hal ini dikarenakan akses ke folder utama penyimpanan aplikasi juga tertera dan tersedia. Namun, jika Windows laptop Anda adalah XP, ada baiknya mencoba cara lain yang tersedia.

3. Melakukan Penghapusan aplikasi Melalui Menu Setting yang sudah tersedia dari windows

Selain dengan ke dua cara tersebut, menghapus aplikasi juga bisa dilakukan melalui menu setting yang tersedia. Sama halnya dengan menggunakan control panel, cara uninstall aplikasi ini perlu diawali dengan buka menunya dulu. Cara membuka yang pertama adalah dari start menu kemudian pilih ikon setting ( berbentuk icon gerigi). Bisa juga menggunakan fitur kolom pencarian / cortana dan ketikan “setting”, atau dengan shortcut tombol windows + i di keyboard.

Setelah menu terbuka, Anda akan melihat daftar pengaturan secara umum atau dasar. Lalu yang perlu dilakukan adalah menuliskan “apps dan feature” pada kolom pencarian yang ada di menu itu. Nantinya tab untuk aplikasi dan fitur akan muncul. Silakan Anda pilih dan lanjutkan dengan mencari program yang ingin dihapus. Lakukan pencarian, klik kiri pada ikon program dan klik opsi uninstall yang muncul di bawah deskripsi aplikasi tersebut. Dan tunggu proses selesai.

4. Menggunakan Bantuan Perangkat Lunak Tambahan Dengan Fitur Penghapusan Menyeluruh

Jika Anda masih merasa kesulitan, cara selanjutnya bisa Anda coba sebagai solusi. Berbeda dengan cara sebelumnya yang menggunakan fitur bawaan Windows, pilihan ini berjalan bersama bantuan aplikasi tambahan. Jika Anda bertanya aplikasi apa yang bisa digunakan? Jawabannya adalah ada banyak sekali program lunak uninstaller yang bisa digunakan untuk cara uninstall aplikasi ini. Seperti Revo Uninstaller, C-cleaner, dan lainnya. yang punya fitur hapus ini.

Bahkan tidak sedikit aplikasi tambahan ini yang punya fitur tambahan untuk menghapus file lain seperti registry, junk, dll. Biasanya data tambahan dan junk dari sebuah aplikasi tidak akan ikut terhapus jika pakai ke tiga cara sebelumnya. Namun, dengan bantuan aplikasi ini kebersihan dan data yang tertinggal bisa ikut terhapus hingga akarnya. Mengapa hal ini penting? Alasan dasarnya adalah data registry atau file yang tersisa bisa membuat kinerja sistem melambat.

Sebab itulah cara ketiga ini bisa menjadi pilihan terbaik Anda. Sebagai contoh, mari coba pakai Revo uninstaller. Tentunya langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memasang aplikasi gratis ini. Sebelumnya Anda bisa membeli atau mengunduh terlebih dahulu. Berhati – hatilah saat mengunduh untuk menghindari virus. Install terlebih dahulu, tunggu sampai selesai dan buka program ini. Pada halaman depan Anda akan langsung lihat daftar aplikasi di laptop.

Tidak perlu ribet, pada halaman itu pula Anda bisa memilih program yang ingin dihapus dan bisa langsung dicoba cara uninstall aplikasi ini. Cari dan pilih aplikasi yang ingin diunistal. Ada tiga opsi cara hapus. Pertama klik tombol menu di bagian atas. Kedua, klik kanan dan pilih opsi uninstal. Dan yang ketiga adalah dengan double klik aplikasi tersebut. Sama halnya dengan cara sebelumnya, tunggu dan setujui proses penghapusan. Pakai fitur scan advance untuk hapus menyeluruh.  

Itulah ke empat cara menghapus aplikasi pada PC yang bisa Anda jadikan referensi. Secara garis besar, cara – cara tersebut memiliki proses sistem yang sama. Hanya penemuan aplikasi yang berbeda. Yang pertama Anda bisa melakukan melalui control panel, melakukan dari menu start, dan juga setting. Namun, cara terakhir dengan perangkat lunak tambahan juga cukup populer dan lebih mudah. Jadi silakan Anda coba terlebih dahulu agar tahu mana yang mudah.

tags: