[breadcrumb]

Praktis, Yuk Cari Tahu Cara Screenshot Di Laptop Windows 7 Di Sini

Sunday, May 3rd 2020. | IT

Berbicara tentang fitur yang dimiliki oleh komputer atau laptop, screenshoot adalah salah satu yang perlu Anda ketahui. Secara gamblang fitur ini adalah sebuah tangkapan gambar berupa tampilan yang muncul di layar Anda. Baik itu berupa gambar desktop, website, foto atau tampilan lainnya. Karena tidak sedikit orang awam yang mengalami kesulitan, berikut ini adalah cara screenshot di laptop Windows 7 praktis yang bisa Anda coba dan gunakan.  

Inilah Tiga Cara Ambil Gambar (Screenshot) Di Laptop Menggunakan Windows 7 Yang Perlu Anda Ketahui

1. Tangkapan Langsung Dan Otomatis Simpan Dengan Kombinasi Tombol Windows + Print Screen

Bagi Anda yang mau menangkap seluruh tampilan layar, cara pertama ini bisa Anda coba. Cara yang satu ini dilakukan dengan menekan dua tombol fungsi bersamaan, yakni Windows dan Print Screen (prt scr) pada keyboard. Tombol Windows biasanya ada di sebelah kiri bawah dengan gambar logo Windows 7. Tombol printscreen punya tanda yang berbeda di tiap laptop, seperti PrtSc atau PrintScr. Tapi lokasinya sama yakni di sebelah kanan atas.

Untuk mencobanya, pastikan Anda sudah menyiapkan tampilan dekstop yang ingin diambil. Kemudian tekan bersamaan dan tunggu sejenak. Nantinya tampilan layar akan tampak redup selama 1 detik. Tidak perlu khawatir saat layar redup, hal ini berarti proses ambil gambar layar sedang berjalan. Jika sudah kembali semula, berarti hasil tangkapan layar sudah selesai dan otomatis tersimpan di dalam folder explorer atau data C laptop.

Untuk melihat hasil tangkapan gambar dekstop dengan cara screenshot di laptop Windows 7 yang pertama ini, Anda perlu membuka Windows Eksplorer terlebih dulu. Kemudian, menuju ke folder bergambar komputer (my computer), berlanjut ke folder pictures, dan screenshot. Jika awalnya Anda tidak punya folder ini, sistem akan otomatis membuatnya.  Untuk lebih jelasnya lokasi foto ada di folder C:\Users\namauser\pictures\screenshots.

Perlu diperhatikan bahwa cara ini akan menangkap seluruh tampilan layar. Selain itu, akan tersimpan langsung dalam bentuk file berformat .jpg. Jadi, sebelum Anda tangkap desktop, ada baiknya cek terlebih dahulu tampilan layar yang muncul. Terutama jika tangkapan gambar akan dibagikan dan Anda tidak ingin beberapa hal terlihat atau tertangkap. Jika demikian, cara kedua adalah alternatif yang bisa Anda coba.

2. Tangkapan Dan Edit Gambar Hasil Menggunakan Tombol Print Screen

Tidak jauh berbeda dengan sebelumnya. Pilihan kedua juga akan menangkap seluruh tampilan layar desktop. Tetapi Anda bisa melakukan sedikit edit atau perubahan sebelum menyimpannya. Cara ini adalah yang paling umum dan banyak digunakan karena mudah, yakni menekan tombol prt sc (print screen) pada keyboard saja. Lalu cara screenshot di laptop Windows 7 ini dilanjut dengan paste atau tempel pada program pengolah gambar.

Program pengolah gambar itu apa? Pada dasarnya perangkat lunak ini didesain untuk edit atau buat gambar di laptop. Baik itu perangkat bawaan atau perangkat tambahan. Umumnya setiap laptop atau Windows punya satu perangkat lunak pengolah gambar dasar, yakni Paint. Perangkat yang satu ini bisa Anda temukan melalui search pada tab Start di dekstop. Karena ini program bawaan, maka fitur yang tersedia juga lebih terbatas namun masih mumpuni.

Jika Anda hanya sekedar butuh fitur potong atau menambah satu dua kata, program paint bisa Anda gunakan. Selain itu kecepatan pemuatan juga cukup cepat. Mari coba terlebih dahulu dengan menekan tombol print screen. Lalu buka Paint dan paste (dengan tekan tombol ctrl + V bersamaan, atau klik kanan pada paint dan pilih tempel/ paste). Saat tampilan muncul Anda bisa melakukan edit, memotong sebagian gambar atau langsung simpan gambar.

Salah satu yang menarik dari cara screenshot di laptop Windows 7 yang satu ini adalah Anda bisa paste atau tempel hasil tangkapan dimana pun. Anda bisa membuka hasil tangkapan dengan program edit gambar lain seperti Photoshop, Coreldraw, dll. untuk fitur edit yang lebih banyak. Bahkan Anda juga bisa tempel langsung pada program seperti MS. Word, excell, dll. atau dikirim untuk chat atau percakapan langsung dari browser yang sedang digunakan.  

3. Menggunakan Alat Bantu Snipping Tool Untuk Tangkapan Gambar Tertentu

Tidak hanya dua cara itu yang menarik, tapi cara ketiga ini juga bisa digunakan dengan mudah dan praktis. Jika sebelumnya hanya butuh tekan tombol saja, cara ini perlu program bernama Snipping Tool. Sebelum berlanjut, program atau tool bawaan dari Windows ini memang dibuat untuk mengambil screenshot. Tetapi uniknya, alat yang satu ini punya 4 pilihan cara tangkap layar yang bisa dipilih.

Pada tool ini Anda bisa ambil tangkapan layar dalam empat bentuk, yakni dalam bentuk bebas (free – form snip), bentuk kotak (rectangular snip), potongan window saja, atau tangkapan full layar. Alat bantuang yang digunakan di cara screenshot di laptop Windows 7 ini punya opsi editing yang terbatas. Jadi, lebih banyak untuk ambil gambar cepat dan minor saja. Namun bagusnya Anda bisa memilih daerah tangkapan.  

Untuk mencoba, Anda perlu menyiapkan layar yang ingin ditangkap dulu. Kemudian, buka tool ini melalui tab Start pada dekstop. Gunakan “search’ jika Anda kesulitan menemukan. Saat terbuka Anda bisa melihat tab dengan gambar gunting. Di pilihan itu Anda bisa pilih model tangkapan. Setelah memilih, Anda akan menangkap layar dengan memilih bagian tertentu. Jika pakai rectangular snip, berarti Anda perlu mengotaki layar yang ingin diambil.

Sekilas setelah dipilih, akan muncul windows baru berupa tangkapan yang terpilih. Dari situ Anda bisa langsung menyimpan secara langsung, atau tekan cancel untuk batalkan hasil gambar. Bisa dibilang, kemampuan memilih daerah screen shoot adalah nilai utama dari tool ini. Jadi Anda tidak perlu lagi bingung untuk memotong ataupun edit hasil tangkapan  dengan menggunakan Paint atau program olah gambar lainnya.

Tidak hanya itu, ternyata cara screenshot di laptop Windows 7 terakhir ini juga bisa di copy dan paste ke halaman atau program lain secara langsung. Sama seperti cara screenshot yang kedua, kemampuan ini akan sangat membantu untuk Anda yang perlu ambil beberapa informasi. Contohnya sedang browsing info kesehatan, kemudian pilih daerah tangkapan layar. Saat Windows hasil keluar bisa tekan Ctrl + C dan Paste di MS. Word.

Demikian itulah ke tiga cara yang banyak diketahui untuk tangkap gambar tampilan. Cara ini juga berlaku untuk Windows 8, 8.1, dan 10. Bisa dibilang ke tiga cara tersebut cukup mudah dilakukan. Hanya dengan kombinasi tombol Window dan prt scr, foto tersimpan otomatis. Anda juga bisa copy dan paste, dengan cara ke dua. Ditambah lagi tangkap gambar sebagian juga bisa dengan Snipping tool. Jadi tidak sulit kan? Silakan Anda coba dan buktikan sendiri.

tags: