[breadcrumb]

Simak Cara Screenshot di Komputer dengan Mudah

Wednesday, May 27th 2020. | IT

Komputer merupakan benda yang sering digunakan unttuk menyelesaikan pekerjaan yang berhubungan dengan dokumen, administrasi maupun untuk kepentingan lainnya. Salah satu fitur pada komputer yang sering dipakai adalah  screenshot. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk melakukan screenshot di komputer, salah satunya dengan menggunakan keyboard. Agar tidak penasaran, yuk simak cara screenshot di komputer berikut ini.

Tips  Mudah Screenshot Menggunakan Tombol Keyboard

Cara yang paling sering digunakan yaitu dengan menggunakan tombol PrtScr. Hal ini dikarenakan, cara tersebut cukup mudah dilakukan yaitu hanya dengan menggunakan satu kali pencet pada tombol PrtScr, maka dalam satu layar akan tertangkan menjadi sebuah gambar. Sedangkan untuk menemukan gambar yang sudah tertangkap, kamu hanya perlu membuka program paint. Namun, perlu diketahui bahwa kamu hanya bisa menangkap layar yang penuh.

Pertama, masuk ke jendela yang ingin dipotret kemudian pencet tombol PrtScr, maka secara otomastis satu jendela tersebut akan tertangkap layar. Selanjutnya buka aplikasi paint dengan mengetik pada menu start, lalu tekan tombol Ctrl+V sehingga paint akan memunculkan layar yang tertangkap sebelumnya. Untuk menyimpan gambar, maka kamu hanya perlu melakukannya dengan klik gambar disket yang terletak di kiri atas.

Cara memotret layar pada komputer selanjutnya yaitu dengan menggunakan tombol Windows + PrtScr. Tombol Windows memiliki gambar persegi dengan posisi miring mirip jendel. Cara  ini dinilai cukup efisian dan lebih mudah karena kamu tidak perlu lagi membuka program paint untuk menampilkan hasil screenshot. Cara screenshot di komputer dengan  tombol Windows + PrtScr, tidak jauh berbeda dengan cara sebelumnya.

Cara melakukannya cukup mudah yaitu dengan menekan tombol Windows  (yang berada di Alt) dan tombol PrtScr secara bersamaan, maka layar akan berkedip sebagai tanda bahwa screenshot sudah selesai. Sedangkan untuk menampilkan hasil dari screenshot ini, kamu perlu  ke direktori C:Users (nama user) terlebih dahulu kemudian buka PicturesScreenshots.

Selain dua cara di atas, kamu juga bisa screenshot  dengan tombol Alt + PrtScr. Mungkin pada beberapa komputer juga harus menekan tombol Alt + Fn + PrtSc. Namun, cara ini hanya bisa dilakukan untuk menangkap jendela yang aktif. Maka dari itu, kamu perlu menentukan jendela yang akan ditangkap terlebih dahulu. Selanjutnya tentukan posisi layar mana yang ingin dipotret. Kemudian kamu bisa menekan tombol Alt+ PrntSc.

Selanjutnya buka program paint, ketika aplikasi sudah terbuka maka kamu tinggal  menekan tombol Ctrl + V untuk menampilkan hasil tangkapan. Sedangkan untuk menyimpan hasil screenshot tersebut, maka kamu tinggal menekan tombol Ctrl + S, atau bisa juga dilakukan dengan klik kanan kemudian Save atau Save As. Namun, perlu diingat bahwa cara screenshot di komputer ini tidak bisa digunakan untuk menangkal layar secara penuh.

Kamu juga bisa screenshot dengan tombol Windows + Shift + S pada keyboard. Setelah menekan tombol tersebut maka layar akan berubah menjadi abu-abu dan kursor akan berganti menjadi ikon plus. Selanjutnnya pilih area tertentu di layar yang ingin dipotret dengan menggunakan klik dan drag. Hasil dari akan disalin ke clipboard. Selanjutnya, kamu tinggal menyimpan filenya di folder yang dipilih.

Cara Screenshot Menggunakan Bantuan Aplikasi

Selain menggunakan tombol pada keybord, juga bisa screenshot dengan mengunakan bantuan aplikasi. Ada banyak aplikasi yang bisa digunakan mulai dari aplikasi bawaan Windows maupun aplikasi yang membutuhkan instalasi terlebih dahulu. Namun, cara umum yang paling digunakan untuk screenshot saat menggunakan komputer yaitu dengan aplikasi snipping tool.

Ada beberapa pilihan ketika kamu menggunakan screenshot pada snipping tool. Keuntungan menggunakan aplikasi ini diantaranya bisa  memilih bagian discreenshot dan menentukan ukuran gambar screenshot. Caranya yaitu dengan membuka snipping tool, selanjutnya akan muncul tampilan snipping tool dengan  4 mode screenshot. Yang pertama Mode Free Form snip yang memungkinkan pengguna melakukan screenshot sesuai bentuk yang diinginkan.

Jika kamu ingin screenshot satu layar penuh, kamu bisa memilih Window Dan full screen snip. Mode selanjutnya yaitu Rectangular Snip  yang digunakan untuk screenshot dengan bentuk 4 sisi . Caranya menggunakannya yaitu, pilih area yang akan di screenshot terlebih dahulu, lalu pilih mode screenshot pada komputer. Kemudian, lakukan cara screenshot di komputer dengan mode tersebut. Maka hasil screenshot akan ditampilkan pada jendela snipping tool.

Selain menggunakan snipping tool, kamu juga bisa menggunakan aplikasi lain yaitu PicPick. Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis maupun berbayar. Namun, jika ingin menikmati fitur lanjutan yang lebih menarik, kamu bisa menggunakan versi berbayar. Apalagi jika penggunaannya untuk keperluan bisnis, maka instal aplikasi ini merupakan pilihan yang paling tepat. Aplikasi ini memiliki ukuran 15 MB dengan antarmuka yang cukup modern.

Rekomendasi aplikasi selanjutnya yaitu ShareX adalah yang merupakan aplikasi screenshot open-source yang bisa diunduh secara gratis. Keuntungan menggunakan aplikasi ini yaitu kamu bisa upload hasil screenshot ke berbagai layanan. Tersedia beragam fitur yang keren dan menarik seperti Scrolling di berbagai aplikasi, fitur Webpage Capture di berbagai alamat situs, kamu juga bisa menambahkan watermark ke hasil screenshot.

Keunggulan dari cara screenshot di komputer ini yaitu terbebas dari iklan yang menganggu serta memiliki ukuran yang ringan dan mudah digunakan. Alur kerja pada aplikasi ini juga bisa disesuaikan dengan keinginan. Tidak hanya itu, di sini kamu bisa menemukan banyak sekali pilihan metode untuk screenshot.  ShareX  juga menyediakan opsi tugas pasca-screenshot yang beragam dan sangat membantu dengan alat anotasi yang cukup lengkap.

ShareX juga bisa digunakan pada komputer yang menggunakan Windows versi 7, 8 hingga 10. Jika masih kurang puas dengan aplikasi ShareX, kamu juga bisa menggunkan aplikasi Snagit. Selain bisa digunakan untuk sistem operasi Windows, Snagit juga bisa digunakan untuk Mac. Aplikasi ini banyak digunakan di kalangan profesional. Tak heran saja, karena pengunduhan aplikasi ini memang berbayar.

Ada banyak sekali fitur menarik yang dimiliki oleh aplikasi ini. Fitur yang paling utama diantaranya template-template yang bisa dipakai untuk membuat dokumentasi visual, tutorial, dan materi pelatihan dari hasil screenshot. Selain itu, aplikasi ini juga sangat memungkinkan untuk membuat video atau GIF dari hasil screenshot, yang juga didukung dengan fitur berbagi. Adapun fitur lainya yaitu, editing ukuran gambar.

Cara screenshot di komputer dengan Snagit menawarkan fitur jendela pratinjau yang menunjukkan gambar yang diperbesar dari area kursor ditempatkan, efek khusus, tersedia toolbar untuk mempercepat proses screenshot, menyediakan berbagai metode screenshot. Secara keseluruhan, Snagit memiliki fitur screenshot unggulan untuk memudahkan pengguna. Aplikasi ini menyediakan versi gratis selama 15 hari.

Ada banyak sekali cara yang bisa digunakan untuk screenshot di komputer. Setiap cara memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing, sehingga kamu bisa memilih cara yang lebih sesuai. Untuk keperluan screenshot personal yang tidak terlalu rumit, kamu bisa menggunakan tombol pada keyboard. Namun, jika penggunaannya untuk kebutuhan bisnis, maka kamu bisa menggunakan aplikasi yang mendukung untuk screenshot.

tags: