[breadcrumb]

Sudah Tahu Cara Cek RAM Laptop Paling Mudah ? Yuk Simak Di Sini

Saturday, May 9th 2020. | IT

RAM merupakan perangkat yang ada di laptop yang berfungsi untuk menjalankan aplikasi. Tentunya jenis dan ukuran RAM pada setiap merek laptop akan berbeda beda. Pengetahuan tentang RAM pada laptop sangat penting untuk menyesuaikan aplikasi yang bisa dijalankan pada laptop tersebut. Karena  kesalahan dalam memasang aplikasi yang tidak sesuai dengan RAM bisa menurunkan kinerja laptop. Berikut ini beberapa cara cek RAM laptop yang bisa kamu coba.

Tips Mudah Mengecek RAM pada Laptop

1. Melihat pada Kardus kemasan

Spesifikasi laptop termasuk RAM dapat kamu ketahui dengan melihat kardus kemasan, jika kamu membeli laptop dalam keadaan baru dan segel. Cara ini termasuk yang paling mudah dan cepat dilakukan, dimana kamu tidak perlu menghidupkan laptop terlebih dahulu. Sayangnya, informasi yang tertera pada kardus kemasan biasanya cukup singkat dan kurang lengkap. Selain itu, cara ini tidak bisa dilakukan jika ternyata laptop yang saat ini digunakan sudah mengalami pergantian RAM.

2. Mengecek RAM pada Stiker Laptop

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk mengecek RAM pada laptop yang itu dengan meiihat stiker yang ada pada laptop. Cara ini bisa dilakukan ketika kamu membeli laptop yang sudah tidak ada kemasannya. Selain menampilkan kapasitas RAM laptop, stiker tersebut juga mencamtumkan beberapa informasi lain seperti  jenis CPU, sistem operasi yang digunakan maupun kapasitas memori harddisk.

Spesifikasi yang ditampilkan pada stiker merupakan spesifikasi bawaan laptop. Cara cek RAM laptop dengan melihat stiker bisa akurat ketika laptop yang digunakan tidak mengalami perubahan atau tidak ada perbaikan komponen di dalamnya. Sedangkan jika terjadi pergantian RAM atau penambahan kapasitas, maka kamu tidak bisa mengecek RAM dengan menggunakan metode tersebutt.

3. Menggunakan Control Panel

Kamu juga bisa mengetahui RAM dengan mengunakan control panel yang ada di laptop.  Caranya juga cukup mudah, yaitu dengan membuka control pnael, kemudian masuk ke “’System and Security” , lalu pilih system. Maka kamu akan mendapatkan beberapa unformasi diantaranya manufactur, Processor, RAM, tipe sistem, dan beberapa spesifikasi lainnya. Untuk membuka control panel ini bisa disesuaikan dengan versi Windows yang digunakan.

Informasi yang ditampilkan pada control panel memang tidak terlalu lengkap. Namun, informasi yang diberikan cukup akurat dan bisa membantu kamu untuk mengetahui kapasitas RAM pada laptop tersebut. Sayangnya untuk melakukan cara ini, kamu harus menghidupkan laptop terlebih dahulu. Agar bisa menuju ke control panel secara langsung, kamu bisa menggunakan tombol Windows + pause break di keyboard.

4.  Mengecek RAM Melalui CMD

Cara cek RAM selanjutnya juga bisa dilakukan dengan masuk ke CMD atau Command Prompt. Langkah langkahnya yaitu dengan membuka aplikasi  Command Prompt atau dengan menekan Windows + R pada keyboard, selanjutnya masukkan cmd, kemudian tekan enter. Ketik “systeminfo” kemudian tekan enter. Kemudian tunggu beberapa saat, maka layar akan menampilkan kapasitas RAM pada laptop.

Selain itu, kamu juga mendapatkan informasi lain seperti hardware maupun software yang dijalankan pada laptop. Untuk mengetahui RAM yang terpasang pada laptop maka kamu perlu mencari total physical memory. Selain itu, kamu juga bisa mengetahui berapa kapasitas RAM yang masih tersisa dengan melihat pada Available physical memory. Satuan yang digunakan adalah MB, sehingga kamu perlu mengkonversikan terlebih dahulu ke GB.

5. Mengecek RAM pada Laptop yang Rusak

Kamu juga bisa mengetahui RAM pada memori yang rusak meskipun tulisan stiker pada laptop tersebut sudah tidak bisa lagi dibaca. Caranya yaitu dengan membuka casing laptop kemudian melihat spesifikasi RAM yang tertera pada RAM fisik.  Informasi yang diperoleh juga cukup akurat meskipun sebelumnya, RAM sudah pernah diganti. Namun, hal ini harus dilakukan oleh orang yang memang sudah benar benar ahli karena kamu perlu memasangnya kembali.

6. Mengecek RAM yang Masih Bisa Digunakan

Untuk mengetahui kapasitas RAM yang sudah terpakai dan yang masih tersisa, maka kamu bisa menggunakan cara cek RAM laptop dengan task manager. Cara melakukannya juga cukup mudah, yaitu buka task manager terlebih dahulu dengan  cara mencari pada kolom pencarian, atau kamu juga bisa melakukannya dengan klik kanan pada task bar dan menggunakan shortcut ctrl+shift+esc. Jika tab manager muncul, maka selanjutnya klik tab performance.

Di sini, kamu akan menemukan bberapa grafik. Kamu tidak perlukhawatir jika akan bingung, karena grafik tersebut cukup sederhana dan mudah untuk dipahami. Selain itu, kamu juga bisa mengeceknya dengan melihat tulisan yang sudah dicantumkan di bagian bawah grafik tersebut. Untuk mengetahui kapasitas memori yang masih bisa digunakan, maka lihat pada bagian memory. Kamu akan ditunjukkan fluktuasi pengunaan RAM pada laptop.

Semakin banyak jumlah aplikasi yang dipasang dan dijalankan, maka akan semakin banyak pula kapasitas RAM yang digunakan. Tidak menutup kemungkinan juga bahwa fluktuasi penggunaan RAM bisa meningkat dengan cepat. Selain itu, kamu juga bisa melihat aplikasi yang memakan RAM cukup banyak, sehingga kamu bisa mengihilangkan aplikasi tersebut. Caranya klik pada aplikasi yang tidak terlalu penting, kemudian klik end task pada bagian pojok kanan bawah.

7. Menggunakan Bantuan Aplikasi

Meskipun bisa dilakukan tanpa menggunakan bantuan pihak ketiga, namun kamu juga bisa menggunakan cara cek RAM laptop dengan menggunakan aplikasi. Tentunya kamu harus menginstal terlebih dahulu aplikasi tersebut agar bisa menggunakannya. Ada banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk melihat RAM pada laptop. Salah satunya yaitu aplikasi Speccy. Aplikasi ini bisa digunakan untuk mengetahui berbagai komponen yang digunakan oleh laptop.

Selain bisa melihat hardware yang digunakan, di sini aku juga bisa melihat siste,m operasi yang dijalankan oleh laptop. Caranya yaitu buka aplikasi dengan menggunakan klik dua kali, maka Speccy akan menampilkan komponen-komponen pada laptop, termasuk kapasitas RAM yang digunakan. Selain bisa melihat kapasitas RAM, di sini juga mencantumkan tipe RAM yang terpasang pada laptop, sehingga memudahkan kamu untuk menyesuaikan RAM yang tepat saat menggantinya.

8. Menggunakan Dxdiag Tools

DirectX Diagnostic Tools atau biasa disebut dengan dxdiag seringkali digunakan untuk melihat kapasitas RAM pada komputer. Cara cek RAM laptop dengan Dxdiag Tools yaitu dengan menekan tombol Windows + R pada keyboard laptop. Maka akan muncul jendela RUN, Kemudian ketikkan “Dxdiag” lalu klik “ok”. Maka selanjutnya akan muncul jendela DirectX Diagnostic Tool. Di sini, kamu bisa melihat kapasitas RAM laptop dengan melihat tulisan memory.

Cara untuk mengecek RAM pada laptop cukup banyak, sehingga kamu bisa menyesuaikan dengan kondisi laptop yang kamu pakai. Cara termudah untuk mengetahui kapasitas RAM bisa dilakukan dengan melihat stiker atau kardus kemasan laptop. Sayangnya kamu tidak bisa mengetahui berapa jumlah RAM yang masih tersisa. Selain itu, cara ini juga tidak akurat jika sebelumnya RAM pada laptop tersebut mengalami pergantian.

.

tags: