[breadcrumb]

Sudah Tau Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang Error ? Cek Disini !

Sunday, May 17th 2020. | IT

Sebagai salah satu bagian laptop yang amat penting, akan menjadi momok menakutkan ketika keyboard tidak dapat berfungsi. Belum lagi dengan banyaknya tugas yang harus diselesaikan, tentunya hanya memupuk stres saja. Namun tak perlu tergesa gesa pergi ke tukang servis, karena anda masih bisa memperbaikinya sendiri. Bagaimana cara memperbaiki keyboard laptop yang error ? Berikut ulasannya.

Cara Mudah Memperbaiki Keyboard Bermasalah

1. Memastikan Faktor Utama Keyboard Rusak

Hal utama yang wajib diperhatikan disaat perangkat error yaitu dimana letak kerusakannya. Sebab permasalahan umum yang berkaitan dengan komputer terdiri dari dua faktor, yaitu faktor hardware dan software. Penanganan yang diberikan akan sia sia tanpa mengetahui terlebih dahulu dmana faktor utama kerusakannya.

Cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui faktor kerusakan utama keyboard dapat dilakukan dengan masuk ke BIOS. Untuk melakukannya, silahkan turn off dan turn on kembali setelah beberapa detik kemudian. Pada saat turn on, segera tekan tombol del atau esc secara berulang hingga muncul menu BIOS. Bagaimana jika sudah menekan kedua tombol tersebut namun tidak bisa masuk ke BIOS ?

Dari sini sudah terlihat titik terang, sebab laptop yang tidak bisa masuk ke menu BIOS kemungkinan besar kerusakan terjadi pada hardwarenya. Begitu pula ketika laptop berhasil masuk ke menu BIOS dan dapat melakukan navigasi, maka sudah dipastikan laptop tidak mengalami kerusakan apapun. Dengan mengetahui faktor utama kerusakan, saatnya untuk memilih cara memperbaiki keyboard laptop yang lebih efektif.

2. Restart Laptop

Sudah mencoba mengetik keseluruhan keyboard namun tidak ada yang bekerja ? Saat yang tepat untuk melakukan restart, untuk memastikan kembali apakah permasalahannya berada di software atau tidak. Bahkan cara sederhana ini, dianggap mampu menjadi alternatif menyelesaikan berbagai masalah pada perangkat komputer meski tidak berlaku bagi beberapa kasus.

Apabila keyboard masih saja belum berfungsi setelah dinyalakan kembali, segera masuk ke safe mode untuk melakukan pengecekan kembali. Jika pada tahap ini keyboard sudah bisa digunakan, maka kerusakan berada pada program Windows. Namun berbeda halnya ketika di safe mode keyboard belum juga pulih, kemungkinan besar kerusakan terjadi pada sambungan keyboardnya.

3. Membersihkan Keyboard dari Debu yang Menumpuk

Sebelum memikirkan cara memperbaiki keyboard Laptop, ada baiknya cek secara seluruh tombol pada keyboard bawaan laptop. Apabila hanya menemukan satu dua tombol saja yang tidak dapat berfungsi sedangkan tombol lainnya bekerja normal, tampaknya anda hanya perlu membersihkan debu yang telah menumpuk di bawah tombolnya. Sebab, debu inilah yang menghambat kinerja keyboard seperti biasa.

Agar proses pembersihannya berlangsung efektif, silahkan miringkan laptop dengan sudut sekitar 75 derajat. Setelahnya goyang goyangkan laptop atau menggunakan alat pembersih khusus agar debu pergi dari perangkat kesayangan. Sebelum melakukan aksi ini, pastikan laptop dalam keadaan turn off. Selesai membersihkan bagian keyboard, periksa kembali apakah tombol sudah dapat berfungsi.

4. Restore Laptop

Keyboard mendadak tidak berfungsi memang menjengkelkan, namun tak perlu panik terlebih dahulu karena anda bisa menyelesaikannya dengan mengetahui cara memperbaiki keyboard laptop. Dalam kasus ini, cobalah pergi ke restore Windows sebagai cara sederhana memulihkan sistem yang mengalami perubahan pengaturan ataupun ada aplikasi baru yang terinstall. Apabila ingin melakukannya, silahkan pergi ke start menu lalu klik control panel.

Dari sekian banyak menu yang ditawarkan, pilih menu system and security dan klik pada opsi back up your computer. Nantinya anda akan dibawa ke halaman baru lalu klik recover system setting or your computer untuk memilih open system restore. Setelahnya, ikuti saja instruksi yang diberikan Wizard untuk melakukan restore Windows. Secara otomatis, laptop akan melakukan reboot dan keyboard pun bisa digunakan kembali.

5. Memastikan Driver Terinstall Sempurna

Sudah bukan menjadi hal asing kembali ketika menemui kasus keyboard error dan tidak bisa digunakan lagi. Entah itu karena driver outdated corrupt ataupun perangkat sedang tidak kompatibel, tentunya permalasahan ini harus segera ditangani. Maka dari itu, silahkan lakukan pengecekan apakah driver sudah terinstall sempurna ataukah belum.

Caranya cukup mudah, dimana anda hanya perlu masuk ke start menu untuk pergi ke control panel. Setelahnya, silahkan pilih menu hardware and sound lalu pilih opsi device manager kemudian klik tanda panah yang berada di sebelah kiri keyboard. Apabila muncul tanda seru berwarna kuning, sudah pasti diver tengah mengalami masalah. Untuk menyelesaikannya, klik kanan pada driver keyboard lalu update driver software.

6. Menggunakan Keyboard Eksternal

Disaat sebagian tombol tidak berfungsi namun belum sempat meluangkan waktu pergi ke tempat service, gunakan saja keyboard eksternal sebagai alternatifnya. Dengan bantuan keyboard eksternal, pekerjaan akan selesai tepat waktu sekaligus menjadi cara cepat untuk menyelesaikan masalah. Bahkan kini sudah tersedia berbagai warna dan desain menarik, sehingga tidak akan membuat anda bosan.

Namun cara satu ini hanyalah jalan pintas sementara, dan bisa menjadi pilihan terakhir apabila sudah mencoba cara memperbaiki keyboard laptop di atas namun masih belum juga berhasil. Dengan mengusahakan yang terbaik terlebih dahulu, anda akan mengetahui dimana letak kerusakan keyboard bawaannya. Barulah ketika keadaan sedang darurat, keyboard ekternal ini siap membantu kapanpun diinginkan.

7. Membawa ke Tempat Servise Center Resmi

Semua cara sudah dilakukan sesuai tutorial yang diberkan namun keyboard masih saja error? Dianjurkan untuk mendatangi service center resmi terdekat untuk mendapatan garansi setelah mengalami perbaikan. Jika memang tidak sempat pergi ke tukang service, tidak ada salahnya meminta bantuan kepada teknisi komputer kenalan anda untuk memperbaiki keyboardnya.

Umumnya kerusakan yang terjadi pada keyboard bawan ini, berasal dari adanya kawat kecil yang serupa dengan kabel pita telah terputus. Jika bagian kawat tersebut tidak tersambungkan satu sama lain, tentu saja keyboard tidak akan pernah berfungsi sekalipun menggunakan cara diatas. Agar lebih amannya, maka biarkan sang ahli menangani permasalahan tersebut agar kawatnya kembali menyatu.

Namun tak jarang pula ditemukan permasalahan yang lebih rumit dari dugaan sebelumnya. Dalam kondisi tersebut, kemungkinan keyboard perlu mendapatkan penanganan lebih dengan waktu perbaikan lebih lama. Tentu saja perbaikan yang lebih kompleks akan membutuhkan biaya lebih tinggi. Oleh karenanya, siapkan dana sedini mungkin sebagai langkah antisipasi pengeluaran tak terduga.

Namun sebelum sang teknisi mulai memperbaiki perangkat tersebut, tidak ada salahnya untuk bertanya besaran harga yang harus dikeluarkan. Jika memang biayanya cukup tinggi dan hampir setara dengan membeli laptop baru, maka saatnya  untuk mempertimbangkan kembali cara memperbaiki keyboard laptop. Jika memungkinkan, silahkan konsultasikan kepada sang teknisi akan permasalahan ini.

Perangkat error memang kerap terjadi di setiap perangkat elektronik, tidak terkecuali untuk keyboard bawaan pada laptop. Sebagai penggunanya, penting untuk mengetahui cara tepat memperbaiki alat tersebut sebelum membawanya ke tempat servise. Untuk melakukan penanganan, cari terlebih dahulu penyebab kenapa perangkat secara mendadak tidak bisa digunakan seperti biasanya.

tags: