[breadcrumb]

Tak Perlu Manual, Yuk Intip Cara Membuat Footnote Dengan Mudah

Monday, June 1st 2020. | IT

Di dalam penulisan karya ilmiah, skripsi maupun jurnal, Footnote merupakan elemen penting yang tidak bisa dipisahkan begitu saja. Meskipun demikian, kadang masih ada saja yang tidak terlalu memahami cara membuatnya. Footnote atau catatan kaki akan memudahkan kamu untuk mengutip sumber maupun menjelaskan konsep tanpa harus teralih dari teks utamanya. Untuk memudahkan yuk simak cara membuat footnote dalam ulasan berikut.

Langkah Mudah Membuat Footnote Yang Harus Kamu Tahu

1. Sedikit Tentang Catatan Kaki

Footnote adalah keterangan yang dicantumkan dalam karya tulis dan terletak di margin bawah pada sebuah halaman buku. Umumnya ia akan memiliki font yang lebih kecil dan juga menambahkan rujukan uraian yang berada dalam isi halaman tersebut. Footnote juga dapat diartikan sebagai keterangan yang menjelaskan sumber kutipan terkait yang diletakkan pada isi karya tulis. Sehingga pembaca bisa mendapatkan pedoman maupun informasi yang berkaitan.

Untuk fungsi catatan kaki sendiri tidak hanya sebagai informasi lanjutan bagi pembaca, namun juga bisa sebagai bukti jika yang dikutip bukanlah sembarangan. Pembaca bisa menelusuri  sendiri catatan yang telah disematkan. Selain itu juga bisa menjadi perluasan konteks pembahasan yang nantinya bisa dipelajari oleh pembaca. Fungsi lain dari footnote juga sebagai petunjuk maupun keterangan pada data maupun sumber pernyataan.

Dengan banyaknya fungsinya, membuat anda harus mengetahui cara membuat footnote yang mudah. Mengingat saat ini sudah jarang yang menggunakan manual dan lebih banyak menggunakan word atau penulisan di komputer. Bukan hanya caranya, anda juga harus memahami unsur unsur yang harus ada dalam footnote. Dalam  catatan kaki harus ada nama penulis, judul tulisan yang bersangkutan, tahun terbit hingga nomor halaman dari yang dikutip.

 2. Cara Membuat Catatan Kaki Dengan Footnote Default

Untuk membuat catatan kaki sebenarnya bukanlah hal yang sulit karena ada beberapa cara yang bisa anda gunakan. Untuk cara pertama dengan menggunakan footnote default. Langkah pertama yang harus anda lakukan tentunya dengan membuka dokumen wordnya terlebih dahulu. Pilihlah halaman yang ingin anda tambahkan dengan catatan kaki. Kemudian tempatkan kursor pada area yang anda inginkan untuk memunculkan footnote.

Atau dengan kata lain menandai kutipan yang ingin anda jadikan sebagai footnote. Tentunya dengan mengarahkan kursor pada akhir dari kalimat yang anda kutip untuk kemudian di jadikan sebagai footnote. Jika sudah, anda bisa melanjutkan dengan mengklik menu References pada tabs yang di atas. Umumnya akan terletak diantara Page Layout dan juga Mailings. Di tengah tengah kedua tabs ini anda akan menemukan tabs bernama References.

Pada tabs ini akan memungkinkan anda untuk menyisipkan berbagai referensi baik dalam bentuk daftar isi, kutipan keterangan hingga cara membuat footnote maupun catatan akhir. Setelah itu barulah anda memilih opsi insert Footnote yang akan secara otomatis membentuk footnate. Akan terdapat angka kecil yang muncul  untuk kemudian tinggal anda tambahkan isi maupun informasi yang ingin anda tambahkan setelah masuk pengaturan.

Sebab catatan kaki tidak hanya dari sumber tertulis, namun juga bisa memberikan informasi lainnya. Dalam hal ini bisa menjelaskan foto atau gambar yang berkaitan dengan karya tulis anda. Jika sudah anda bisa masuk pada pengaturan footnotes dengan cara mengklik tanda panah yang letaknya berada di pojok kanan bawah yang tersedia pada kotak menu footnote. Setelah anda mengklik panah tersebut maka akan muncul menu footnote maupun menu endnote.

Anda sudah bisa mengatur footnote tersebut sesuai dengan keinginan anda. Asalkan pengaturan tersebut tidak melanggar atau bertentangan dengan kaidah penulisan footnote. Di sini anda tidak hanya mengatur footnote pada location, numberingdan lainnya. Namun juga bisa mengaplikasikan hanya pada satu halaman saja atau secara keseluruhan. Penting bagi anda memperhatikan pengaturan secara detail dalam  cara membuat footnote dengan mudah ini.

Tidak hanya bisa langsung menuju References, anda juga bisa menggunakan jalan pintas berupa Ctrl + Alt + F  pada keyboard untuk menampilkan footnote. Cara ini tentunya lebih  cepat dan mudah tanpa harus mencari menunya terlebih dahulu. Formula ini juga bisa digunakan pada semua word yang anda gunakan. Sehingga tidak perlu khawatir jika tidak berfungsi pada word anda. Untuk menghafalnya juga sangat mudah ketiga tombol keyboard tersebut.

3. Cara Mengubah Penomoran Pada Footnote

Jika membuat footnote dengan menggunakan default, maka nantinya penomorannya akan menyesuaikan meskipun anda memasukkan banyak footnote. Namun, hal ini bisa di ubah sehingga penomorannya akan dimulai dari awal setiap kali halaman atau page break pada sebuah dokumen. Caranya terbilang mudah, anda hanya perlu masuk ke bagian pengaturan yang sudah dijelaskan sebelumnya. Nanti akan terbuka jendela untuk footnote serta endnote.

Cara membuat footnote yang ingin diganti penomorannya kemudian dilanjutkan dengan masuk pada bagian Format dan gunakan menu penomoran agar bisa memilih kapan nantinya nomor footnote akan kembali di reset. Anda dapat memasukkan pemisah bagian pada dokumen dengan mengklik bagian Tab Layout Halaman. Dilanjutkan dengan  mengklik tombol Breaks pada bagian Page Set Up. Barulah kemudian memilih jenis pemisah yang anda inginkan.

Pemisah tidak hanya bisa dijadikan sebagai mengubah penomoran pada footnote. Namun juga bagus jika digunakan untuk mengubah tata letak ke bagian tertentu pada dokumen yang anda butuhkan. Sehingga anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan anda nantinya ingin menggunakan pemisah untuk apa. Yang jelas pemisah ini sangat fleksibel dan mudah untuk diaplikasikan untuk siapapun.

4. Cara Mengubah Format Pada Footnote

Jika anda menggunakan format default untuk penomoran pada catatan kaki, maka akan secara otomatis menggunakan angka. Padahal anda bisa menggunakan simbol sesuai dengan keinginan anda. Atau anda juga ingin memunculkan footnote di bawah teks dibandingkan pada bawah halaman. Anda ingin penomoran yang dimulai dengan nomor yang berbeda. Semua keinginan anda tersebut bisa anda lakukan dengan cara yang mudah.

Anda bisa mengubah opsi footnote and Endnotenya dengan cara klik tombol menu pada bagian sudut kanan di bawah Footnote untuk kemudian membukanya. Anda langsung saja klik simbol jika ingin menggunakan simbol. Ada berbagai simbol yang tersedia dalam menu simbol. Selain itu anda juga bisa memilih karakter apa saja maupun font apa saja. Meskipun nantinya dalam cara membuat footnote ini, font simbol akan terbuka dengan cara default.

Penulisan footnote ini tidak bisa dilakukan dengan sembarangan dan asal asalan. Ada beberapa hal yang harus anda pathi. Seperti catatan kaki ini harus diketik dengan spasi satu dan diberi dengan nomor. Pemberian nomor catatan kaki diketik dan memiliki jarak enam karakter dari margin bagian kiri. Jarak baris terakhir deengan footnote adalah 3 cm jika diukur dari pinggir kertas bagian bawahnya. Dan aturan lainnya yang juga harus dipenuhi agar sesuai dengan standartnya.

tags: