[breadcrumb]

Teknologi 5G dan Wajah Baru Masa Depan Dunia

Tuesday, September 17th 2019. | Teknologi

Beberapa tahun lagi teknologi 5g di indonesia siap dinikmati. Teknologi internet mobile generasi kelima ini kabarnya mampu menghadirkan 20 kali kecepatan lebih dibandingkan rata-rata pemakaian jaringan internet yang sekarang digunakan. Kehebatan jaringan internet terbaru itulah yang sedang ditunggu-tunggu masyarakat pengakses aktif dunia maya.

Teknologi 5G dan Penemunya

Penemu teknologi 5G adalah Michael Lemke yang sudah melakukan riset semenjak awal tahun 2016. Penelitian ini cukup lama dirintis di Dresden University of Technology dan bahkan telah mengelola laboratorium khusus yang disibukkan puluhan profesor serta ratusan karyawan. Pakar fisika dan telekomunikasi yang bekerja di Huawei ini telah berpengalaman lebih dari dua dekade dan ia juga yang meramalkan kehadiran generasi baru setelah LTE atau 4G.

Jaman semakin berkembang dengan perubahan demi perubahan yang ditawarkan teknologi seluler. Awalnya, teknologi 5G dianggap mustahil dan sekadar rumor. Namun perlahan riset ini semakin dilirik apalagi dengan perkembangan teknologi internet seluler yang semakin canggih ditambah lagi meningkatnya kebutuhan akses internet di berbagai belahan dunia.

Penemu teknologi 5G berkebangsaan Jerman ini pun menambahkan bahwa bukan hal yang mustahil jika kelak dengan teknologi ini semua pengguna telepon seluler dapat mengakses sinyal di mana saja. Klaim itulah yang paling menarik perhatian karena konsep teknologi 5G dikabarkan mampu terkoneksikan dengan setiap jenis perangkat. Teknologi 5G ini bakal dikembangkan sebagai elemen utama proyek Internet of Things yang didayagunakan untuk berbagai sarana publik dan kedepannya turut membangun dan mewujudkan konsep Smart City. Proyek riset teknologi 5G ini didukung sepenuhnya oleh berbagai perusahaan penyedia jaringan seluler mulai dari Bosch, Ericsson, Nokia, dan Vodafone. 

Inovasi Teknologi 5G

Hasil-hasil riset teknologi 5G memaparkan beragam jenis inovasi yang istimewa karena akan berpengaruh ke banyak aspek dan aplikasi. Misalnya pemakaian VR, sarung tangan mekanik, dan lain-lain. Manfaatnya pun akan dirasakan dalam bidang medis yang memungkinkan operasi dokter melalui penggunaan kacamata VR. Penerapan itu memunculkan harapan baru untuk solusi penanganan pasien di layanan-layanan medis yang sebelumnya masih sangat terbatas akses dan operasionalnya.

Wacana teknologi 5G sampai hari ini masih menuai kontroversi karena sempat timbul kecurigaan jika ini bakal disalahgunakan sebagai perangkat spionase China yang dikembangkan perusahaan yaitu Huawei. Menariknya lagi, kekhawatiran itu berjalan seiringan dengan rasa penasaran atas konsep teknologi dan kemajuan yang ditawarkan 5G. Penemu teknologi 5G sangat optimis bahwa inilah yang di masa depan akan mengubah wajah dunia. Bahkan diperkirakan dalam waktu setahun ke depan, teknologi ini sudah dapat dinikmati sebagian masyarakat dunia. Di sisi lain, masyarakat Indonesia masih harus menunggu sekitar 3 tahun lagi untuk dapat mengakses jaringan ini.

tags: