[breadcrumb]

Teknologi 5G di Indonesia dan Implementasinya

Wednesday, August 7th 2019. | IT

Dahulu menggunakan Internet dengan kecepatan rendah  bukan menjadi masalah. Akan tetapi dengan perkembangannya, meski saat ini teknolog Internet sudah cukup berkembang pesat tapi para konsumen tetap menginginkan hal yang lebih. Hal inilah yang menyebabkan teknologi jaringan Internet terus berkembang dan muncullah teknologi Internet 5G. Teknologi Internet 5G ini memiliki banyak peminat, terutama peminat teknologi 5G di Indonesia. 

Banyaknya peminat dari teknologi ini membuat banyak orang tidak sabar menantikan kehadirannya di Indonesia. Untuk anda yang juga tidak sabar menantikannya, berikut ini adalah artikel tentang teknologi 5G yang akan mengulas mengenai jaringan 5G dan kapan ia akan masuk ke Indonesia

    1. Tentang jaringan Internet 5G 

Apa itu teknologi 5G ? Teknologi 5G adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menyebutkan teknologi Internet jaringan kelima sebagai fase berikut dalam standar jaringan komunikasi seluler. Jaringan ini dibuat dengan  menggunakan standar yang lebih tinggi dibandingkan dengan jaringan 4g dan mungkin akan segera dirilis dan bisa digunakan di seluruh ponsel di dunia dalam waktu yang cukup dekat. Teknologi jaringan 5 G merupakan teknologi yang bekerja dengan menggunakan gelombang radio. Menggunakan saluran gelombang radio yang sama dengan teknologi 4G dan juga 3G sehingga ada kemungkinan ia memiliki karakter yang sama dengan teknologi tersebut. .

    2. Kelebihan jaringan 5G

Sebuah teknologi baru tentu saja memiliki kelebihan jika dibandingkan  dengan teknologi sebelumnya. Hal inilah yang menyebabkan teknologi tersebut menjadi banyak ditunggu dan banyak dibahas dalam Makalah tentang teknologi 5G. Untuk 5G sesungguhnya kita belum bisa atau seberapa bagus dan seberapa banyak kelebihan dari jaringan tersebut. Hal ini disebabkan karena keberadaan teknologi ini dan kapan ia masuk ke Indonesia masih cukup lama. Akan tetapi berdasarkan cara membangunnya, teknologi ini diharapkan memiliki berapa kelebihan. Antara lain adalah :

  • Kecepatan data

Salah satu kelebihan yang diharapkan dari jaringan 5 g adalah mengenai kecepatan data yang dimilikinya. Diharapkan kecepatan data dari jaringan 5G akan lebih besar dari jaringan yang sudah ada sebelumnya yaitu jaringan 3G dan juga jaring 4G. Disebutkan oleh beber sumber bahwa kecepatan data yang dimiliki oleh jaringan 5G bisa mencapai 100 kali kecepatan dari jaringan 4G. Jika jaringan 4G memiliki kecepatan maksimal 10 giga per detik maka berapakah kecepatan dari jaringan 5G?

  • Waktu transfer data

Salah satu harapan dari keberadaan dari teknologi 5G ini adalah mengenai waktu transfernya. Diharapkan teknologi 5G di Indonesia dapat melakukan perpindahan data dari satu telepon ke telepon lainnya hanya dalam waktu 1 mili detik saja. 

  • Jenis yang terkoneksi

Jaringan 4g saat ini merupakan jaringan yang hanya bisa terkoneksi dengan peringkat yang terbatas seperti ponsel dan juga modem. Di masa jaringan 5G diharapkan jaringan ini dapat terkoneksi dengan banyak perangkat lain selain ponsel yaitu seperti perangkat mobil dan juga perangkat rumah tangga. 

    3. Teknologi 5G di dunia

Teknologi jaringan 5G merupakan teknologi yang diharap dapat segera bisa dinikmati. Akan tetapi berdasarkan kongres perusahaan ponsel dunia seperti Nokia, Huawei dan juga Ericsson yang diselenggarakan di Barcelona disebutkan teknologi 5G ini masih belum bisa dirilis. Bahkan disebutkan bahan perilisan dari teknologi ini masih cukup lama karena masih berada dalam tahap pengembangan. 

Perencanaan paling dekat mengenai peluncuran dari teknologi 5G di dunia ini disebutkan adalah pada tahun 2020 pada saat diselenggarakannya Tokyo Olympics. Hal ini disampaikan oleh Nokia dan juga operator NTT docomo dari Jepang. Selain Jepang, Korea selatan juga menyampaikan bahwa penggunaan komersial dari jaringan 5G akan bisa dilakukan pada  tahun 2020 meski pada tahun 2017 penerapannya sudah mulai dilakukan. 

    4. Teknologi 5G di Indonesia

Lalu bagaimana kabarnya dengan Indonesia? Kapankah teknologi 5G siap menjelajahi Indonesia? Beberapa waktu yang lalu pihak Kementrian Komunikasi dan Informatika atau Kemenko mengeluarkan pendapat bahwa penggunaan teknologi 5G di Indonesia bisa dibilang masih cukup lama. Mengapa? Hal ini disebabkan karena beliaunya menganggap bahwa teknologi 5G di Indonesia belum memiliki pasar yang cukup masif. Hal ini dilihat dari segi model bisnis dan juga konsumen yang ada di Indonesia. 

Memang ada banyak yang ingin menjajal kecepatan dari teknologi ini akan tetapi untuk penggunaannya, belum ada model bisnis langsung yang memungkinkan penggunaan teknologi ini secara masif. Contohnya, teknologi perangkat keras yang ada di Indonesia masih terbatas dari penggunaan komputer, laptop dan juga mobile phone. Penggunaan dari jaringan 5G seperti penyambungan pada perangkat keras seperti peringkat dapur dan juga seperti mobil belum ada karena pasar dari kedua perangkat tersebut juga masih cukup minim. 

Selain itu  mengenai kapan teknologi 5G di Indonesia juga belum bisa jelas disebutkan karena penggunaannya memang lebih cocok untuk kebutuhan ritel. Hal ini disebabkan karena ada besar kemungkinan harga penggunaan jaring 5G ini memang cukup mahal. Mungkin bisa 3 kali penggunaan jaringan 4G saat ini. Hal inilah yang membuat belum ada penjelasan pasti mengenai pengimplementasian penggunaan jaringan 5G di Indonesia. 

Meski pihak dari Kemenko sendiri masih belum yakin mengenai kapan teknologi 5G hadir di Indonesia akan tetapi ada banyak kabar yang beredar bahwa penggunaan jaringan 5G di Indonesia akan mulai muncul mengimbangi negara-negara lain yaitu pada tahun 2020. Pendapat lain mengatakan bahwa Indonesia akan mengadopsi jaring 5G pada tahun 2022. 

    5. Penerapan teknologi 5G di tahun 2019

Jaringan yang sangat menjanjikan ini merupakan jaringan yang ditemukan pada tahun 2016. Penemu teknologi 5G ini sebetulnya belum jelas. Akan tetapi salah satu sosok yang dianggap sebagai pencetus dari jaringan ini adalah  Michael Lamke. Dalam waktu yang sangat singkat, jaringan 5G sudah mendapatkan cukup banyak perhatian dan bahkan sudah dapat diaplikasikan. Hal ini dibuktikan dengan banyak negara yang mengatakan bahwa jaringan 5G akan siap di negaranya pada tahun 2020. Jika dirilis pada tahun 2020 maka sudah pasti ada banyak perangkat yang disiapkan untuk menggunakan jaringan ini bukan? 

Ya, saat ini sudah ada banyak perancang HP teknologi 5G yang bermunculan. Tahun 2019 ini ada sekitar 5 ponsel luar biasa yang dirilis oleh perusahaan ponsel untuk meraup konsumen yang sudah tidak sabar untuk mencoba menggunakan jaringan 5G. Beberapa perusahaan ponsel yang tidak ingin ketinggalan tren ini antara lain adalah Samsung yang merilis Samsung Galaxy S10 5G, Huawei yang merilis Huawei Mate X, Oppo yang merilis Oppo Reno, Xiaomi yang merilis Xiaomi Mi Mix 3,  Sony yang merilis Sony Xperia 5G. 

Di Indonesia, sebagian dari ponsel ini sudah bisa juga ditemukan. Contohnya adalah  Xiaomi Mi Mix 3. Meski versi jaringan 5G belum ada karena menunggu Indonesia 5G 2022 tapi ponsel ini memiliki spesifikasi yang cukup luar biasa sehingga ada banyak yang mendambakannya meski belum bisa digunakan pada teknologi 5G di Indonesia.

tags: