[breadcrumb]

Teknologi Fiber Optic FTTH Meningkatkan Komunikasi Berkapasitas Besar

Tuesday, August 27th 2019. | Teknologi

Kebutuhan akan jaringan komunikasi yang lebih cepat dan bisa tersambung langsung ke end user semakin tinggi tidak hanya karena industri global yang terus mengalami perkembangan sangat pesat namun juga kebutuhan personal terutama karena penggunaan internet zaman sekarang makin krusial dalam hidup sehari-hari. Oleh karena itu teknologi fiber optik sebagai jaringan kabel sebagai media transmisi saluran sinyal juga makin dikembangkan. Teknologi jaringan kabel fiber optic menggantikan kabel komunikasi yang sebelumnya banyak menggunakan bahan material tembaga. Fiber optic adalah jaringan yang dibuat dengan menggunakan bahan material serat kaca yang bisa menyalurkan sinyal transmisi jauh lebih cepat dibandingkan dengan kabel tembaga. Bagaimana penyaluran dan konfigurasi sinyal dari jaringan fiber optic dibagi menjadi beberape jenis, salah satunya adalah FTTH.

  • Apa itu FTTH?

FTTH (Fiber To The Home) adalah penyaluran sinyal komunikasi melalui jaringan fiber optic dari operator langsung ke bangunan rumah atau perkantoran, yang menggantikan jaringan sinyal komunikasi yang menggunakan tembaga seperti misalnya jaringan telepon model lama. Dengan kata lain FTTH merupakan teknologi fiber optic untuk meningkatkan komunikasi pada area unit pelanggan. Selain FTTH, konfigurasi penyaluran sinyal komunikasi melalui fiber optic lainnya juga dibagi menjadi dua jenis lainnya yaitu FTTN (Fiber To The Neighborhood), dan FTTC (Fiber To The Curb) di mana makin dekat saluran konfigurasi kepada pelanggan maka kualitas kekuatan sinyalnya makin tinggi. Dalam hal ini konfigurasi FTTH adalah yang paling bagus kekuatan sinyalnya. 

  • Kelebihan menggunakan konfigurasi FTTH

Konfigurasi FTTH merupakan teknologi fiber optic untuk meningkatkan komunikasi pada area langsung ke pelanggan jaringan internet memiliki banyak manfaat meski biaya instalasi umumnya lebih tinggi dibandingkan dengan konfigurasi fiber optic yang lain. Kelebihan utama dari pemasangan FTTH adalah bandwidth yang lebih besar artinya kecepatan jaringan yang bisa dirasakan pengguna bisa jauh lebih cepat. Jika dibandingkan dengan instalasi kabel koaksial, FTTH jelas jauh lebih unggul. Misalnya satu pasang kabel koaksial bisa membawa 6 saluran telepon dalam waktu yang bersamaan, sedangkan satu pasang fiber optic bisa membawa lebih dari 2,5 juta saluran telepon dalam waktu yang bersamaan. 

Karena kemampuannya yang berlipat lebih unggul dalam membawa sinyal dibandingkan dengan teknologi sebelumnya, membuat FTTH adalah solusi yang lebih baik untuk memenuhi permintaan dunia akan jaringan sistem komunikasi yang jauh lebih besar dan lebih efisien biayanya. Para ahli juga sepakat mengingat FTTH merupakan teknologi fiber optic untuk meningkatkan komunikasi pada area dengan kapasitas yang lebih besar, teknologi ini bisa digunakan untuk penggunaan internet di masa depan misalnya digunakan untuk infrastruktur teknologi hologram, televisi dengan kualitas HD, dan juga games yang trennya sekarang sudah berevolusi.

tags: