[breadcrumb]

Teknologi HP Terbaru 2019 Untuk Masa Depan

Monday, August 12th 2019. | Teknologi

Anda masih ingat ponsel pertama yang Anda gunakan dulu pertama kali? Sekitra 20 tahun yang lalu orang masih menggunakan ponsel seukuran genggaman tangan dengan fitur yang paling canggih adalah ringtone dengan suara polyphonic. Kini ponsel hadir dengan sistem operasi yang lebih cerdas, layar yang lebih lebar dan dimensi perangkat yang lebih tipis, dengan kekuatan kamera yang tidak kalah dengan kamera konvensional pada umumnya. Lalu seperti apa kira-kira masa depan teknologi smartphone di masa yang akan datang? Tidak hanya sekedar layar yang bisa dilipat, berikut adalah beberapa teknologi terbaru 2019 yang bisa ada di perangkat ponsel di masa depan.

  • Smartphone yang dikontrol dengan pikiran

Dulu untuk menggunakan ponsel orang harus menggunakan tombol fisik, kemudian diganti dengan mode layar sentuh, sekarang pengguna ponsel sudah bisa menggunakan perangkatnya melalui perintah suara menggunakan teknologi AI seperti Google Assistant, dan Siri. Bukan tidak mungkin perkembangan teknologi hp terbaru 2019  selanjutnya mengontrol ponsel menggunakan pikiran. Teknologi ini sudah dalam tahap pengembangan. Seperti yang dilakukan Facebook misalnya, mengumumkan tahun 2017 bahwa perusahaannya memiliki proyek untuk membuat teknologi yang bisa memungkinkan orang mengetik menggunakan pikiran. Elon Musk pun juga dikabarkan tengah mengembangkan perangkat yang menghubungkan iPhone dengan otak penggunanya.

  • Baterai bisa diisi via udara

Teknologi hp terbaru 2019 selanjutnya berhubungan dengan pengisian daya baterai untuk smartphone. Anda mungkin pernah mengalami susahnya mencari colokan kabel untuk mengisi daya baterai ponsel padahal presentasenya tinggal sedikit. Beberapa brand ponsel pintar seperti Samsung misalnya memiliki cara pengisian baterai dengan hanya menempelkannya di alat wireless charger sehingga pengguna tidak perlu ribet cari colokan. Sebuah perusahaan bernama Energous sedang mengembangkan teknologi yang memungkinkan pengguna untuk mengisi baterai gawai melalui udara. Ponsel bisa terisi baterainya jika ditempatkan di jangkauan jarak 3 kaki dari alat transmitter pengisi daya baterai dengan demikian pengguna bisa lebih bebas bergerak meski baterai ponsel baru diisi. 

  • Ponsel yang bisa dimelarkan

Teknologi hp terbaru 2019 dalam sektor layar adalah layar yang bisa dilipat, dan sudah ada produk nyatanya seperti pada Samsung Galaxy Fold dan Huawei Mate X. Untuk generasi selanjutnya bisa jadi layar pada perangkat ponsel bisa ditarik untuk dilebarkan atau memiliki bahan material yang cukup elastis sehingga ketika ditekuk ia tidak patah. Samsung sudah mengerjakan layar yang bisa dimelarkan ini di tahun 2017 di mana layar bisa melar hingga 12 mm tanpa rusak, kemudian kembali seperti semula layaknya trampolin. Insinyur di Michigan State University juga tengah mengembangkan sirkuit terintegrasi yang bisa dimelarkan yang ditujukan untuk penggunaan di layar, wearable, dan komponen lunak robot.

tags: