[breadcrumb]

Tips Memilih dan Harga Charger Laptop Asus Original Yang Wajib Diketahui

Saturday, May 16th 2020. | IT

Sebagai benda elektronik, laptop tentunya memiliki beberapa komponen yang membuatnya bisa menjadi satu kesatuan. Komponen tersebut bisa di dalamnya, namun juga bisa di luar. Salah satunya yang tidak bisa dihilangkan adalah charger. Sebagai pengisi data baterai, komponen satu ini sangat diperlukan. Namun di era saat ini cukup sulit menemukan yang original, maka anda harus menyimak ulasan mengenai cara memilih dan harga charger laptop asus berikut.

Alasan Mengapa Harus Menggunakan Charger Yang Original

Sebelum mengetahui lebih lanjut, penting bagi anda memperhatikan apakah charger yang akan anda beli orginal atau tidak. Sebab charger laptop yang original akan memiliki komponen yang dibutuhkan oleh laptop anda sebagai pengaman jika voltasenya tinggi. Belum lagi terdapat juga filtrasi dan juga penahan arus laptop yang kuat sehingga tidak ada kebocoran arus AC ketika proses pengecekan. Dan komponen ini tidak selalu ada dalam charger laptop yang imitasi.

Selain itu pada komponen charger original akan memiliki adaptor charger yang berperan penting sebagai trafo power inductor, transformer utama penurun daya dan juga filter choke. Anda juga harus mengetahui jika masing masing komponen tersebut memiliki harga yang sangat fantastis. Umumnya dibandrol di harga $2 hingga 7. Dengan fakta tersebut tidak salah jika harga charger yang original akan dibandrol lebih tinggi sekitar $45 hingga 120 an.

Tentunya akan berbeda dengan harga charger laptop asus kw yang harganya di bawah harga yang original. Biasanya untuk yang kw tidak menggunakan filter choke sehingga arus AC akan langsung menuju dioda serta menuju ke regulator lalu merubah arus AC voltase tinggi langsung ke DC. Selain itu pada charger laptop kw tidak banyak jenis dan kualitas komponen yang dibutuhkan oleh laptop anda. Inilah mengapa anda harus memilih yang original sebagai chargernya,

Tips Memilih Charger Laptop Asus Original

Setelah mengetahui pentingnya penggunaan charger yang original maka, anda harus mengetahui bagaimana cara memilih charger untuk laptop. Langkah pertama yang paling mudah tentunya dengan memilih yang sesuai dengan merk laptop anda. Dalam hal ini laptop anda adalah Asus, maka anda harus membeli sesuai dengan spesifikasi laptop anda. Apalagi setiap merk juga memiliki kebutuhan adaptor yang berbeda maka pilih yang sesuai merk meskipun bisa mengeces.

Memperhatikan tegangan maupun arus listriknya, di Laptop Asus terdapat detail tegangan dan juga arus listriknya. Sehingga anda hanya perlu untuk menyamakan dengan yang lama. Jika masalah yang anda hadapi chargernya hilang, maka anda bisa melihat di bawah laptopnya. Ketika mengetikkan di mesin pencarian, maka anda juga akan melihat harga charger laptop asus sekalian. Pengecekan ini penting, karena tidak semua penjual akan paham dengan setiap tipe.

Selanjutnya anda harus memastikan jika type konektornya sama. Jika merk, tegangan sudah, anda harus memastikan konektornya. Untuk charger laptop yang original biasanya akan sama konektornya dengan milik anda. Type konektor ini menjadi penentu apakah charger yang anda beli bisa digunakan untuk laptop anda. Mengingat tipe konektor ini bentuknya bisa berupa tipe standart, pin atau bahkan jarum yang harus anda sesuaikan dengan milik anda.

Cara Membedakan Charger Laptop Yang Original dan Yang Kw

Untuk memudahkan anda, anda juga perlu untuk mengetahui cara membedakan charger yang ori dan yang kw. Umumnya charger laptop yang original memiliki bobot yn lebih berat. Hal ini bukanlah tanpa alasan, karena komponen yang dimiliki oleh charger laptop original lebih kompleks sehingga mempunyai lebih banyak lilitan travo sehingg arus listriknya bisa lebih stabil. Ini merupakan cara pertama bagianda untuk membedakan charger yang original dan yang kw.

Harga charger laptop asus yang oiginal biasanya juga dibandrol dengan harga yang lebih mahal. Hal ini menjadi wajar karena memang komponennya lebih banyak serta lebih aman untuk digunakan. Inilah mengapa banyak orang yang akhirnya mengeluh ketika mengetahui charger laptopnya rusak. Namun lebih baik membeli yang original jika anda juga tidak ingin mendapatkan kerugian besar, salah satunya rusaknya laptop anda yang dikarenakan chargernya.

Selanjutnya anda juga bisa membedakannya melalui panjang kabel adaptornya. Umumnya charger laptop yang origina memiliki panjang kabel hingga 1 meter lebih. Selain itu kabenya juga lebih lentur dan juga kuat. Sangat berbeda dengan yang asli yang cenderung lebih kaku. Penanda lainnya adalah memiliki label merk yang sesuai dengan laptop anda pada bagian charger yang original. Jika laptop anda Asus maka akan terdapat merk tersebut pada chargernya.

Harga Charger Laptop Merek Asus Paling Baru

Mengetahui harga charger laptop asus tentunya juga sangat dibutuhkan agar bisa memperkirkan. Untuk anda yang membutuhkan charger Asus 19V.3.42A 4.0 x 1.5mm, terbilang terjangkau. Anda perlu menyiapkan budget sekitar Rp. 110 ribu saja untuk bisa membeli baru charger laptop anda. Sementara untuk tipe lainnya yaitu Asus 19V 3.42A 4.0 x 1.35mm akan dibandrol mulai dari Rp. 180 ribuan untuk setiap buahnya.

Untuk tipe lain seperti misalnya tipe Asus 19V 4.74A memiliki harga yang relatif terjangkau. Anda hanya perlu menyiapkan budget sekitar Rp. 140 ribuan. Untuk tipe Asus 1166, harganya memang sedikit lebih mahal jika dibandingkan dengan lainnya. Anda membutuhkan budget berkisar Rp. 275 ribuan. Dan Asus 19V 3.42A 5.5 x 2.5 mm memiliki harga pasaran mulai dari Rp. 120 ribuan. Yang terakhir tipe Asus 19V 1.75A 4.0 x 1.35mm akan dibandrol mulai dari Rp. 200 ribuan.

Harga tersebut tentunya merupakan harga umum di pasaran yang bisa berubah kapan saja. Kini anda bisa menemukan charger laptop ini secara online dengan harga pasaran seperti yang telah disebutkan. Jika anda memutuskan untuk membeli secara offline bisa jadi harga yang ditawarkan akan lebih tinggi atau bahkan lebih rendah. Anda juga jangan terkecoh pada promo promo murah yang membuat harga charger laptop asus menjadi sangat murah atau bahkan tak masuk akal.

Sebab bisa jadi barang yang dijual tidak sesuai dengan yang anda inginkan atau butuhkan. Anda juga bisa membeli charger laptop ini langsung di Asusnya. Mungkin anda akan mendapatkan harga yang lebih tinggi juga. Meskipun demikian tentunya bukanlah masalah mengingat anda sudah mengetahui mengapa harus menggunakan yang original. Jika anda membeli secara online pastikan juga membelinya di platform yang sudah terpercaya dengan ulasan yang positif.

Membeli charger untuk laptop memang gampang gampang susah. Pembeli diharapkan untuk jeli jika ingin mendapatkan yang terbaik. Charger ibarat sebuah pedal dalam sepeda, sehingga tidak ada charger akan sangat kesulitan. Maka sebaiknya, jika setelah membeli yang baru anda harus menjaga chargernya agar tidak kembali rusak atau bahkan hilang. Kerusakan pada charger bisa terjadi disebabkan banyak hal salah satunya adalah pemakaian yang tidak baik.

tags: