[breadcrumb]

Tren Teknologi Terbaru dan Terpopuler Tahun 2019

Tuesday, August 20th 2019. | Teknologi

Bagi kamu yang menyukai teknologi modern, pasti sudah tak asing dong dengan ajang CES ( Customer Elektronics Show ). Yups, tepat sekali. CES merupakan acara tahunan yang diselenggarakan sebagai ajang pertunjukan teknologi terbaru dan terbaik. Pameran teknologi terbaru 2019 ini, dilaksanakan di Las Vegas dengan 180.000 pengunjung dan 4500 perusahaan.

Namun dalam artikel tentang teknologi terbaru 2019 ini, tidak akan membahas tentang acara CES. Di sini akan di bahas tentang teknologi terbaru yang paling menonjol di acara CES. Sesuai pernyataan dari Consumer Technology Association. Berikut adalah teknologi-teknologi yang dimaksud.

  • Kendaraan Tanpa Supir

Di ajang CES kali ini, kembali dipamerkan kendaraan tanpa supir. Namun berbeda dengan kendaraan tanpa supir sebelumnya. Jika pada pameran sebelumnya kendaraan ini disebut sebagai teknologi kendaraan tanpa supir tingkat 2, kendaraan tanpa supir yang ditampilkan ini merupakan penerusnya, yaitu kendaraan tanpa supir level 3.  Sehingga kendaraan ini pasti lebih baik, mulai dari spesifikasi serta kemampuannya.

  • Kecerdasan Buatan

Kamu pasti sudah sering mendengar tentang kecerdasan buatan. Kecerdasan buatan ini lebih popular dengan nama Artificial Intellegence atau biasa disebut dengan teknologi AI. Teknologi AI ini biasanya disematkan pada prosesor dan chip. Nantinya chip dan prosesor ini akan disematkan pada perangkat elektronik. Seperti halnya handphone, televisi maupun laptop.

Biasanya AI bermanfaat untuk mengatur perubahan gambar pada gadget secara otomatis. Pengaturan ini didasarkan oleh kondisi cahaya serta posisi penonton. Selain itu, personalisasi pada pembantu AI juga dapat membuat kamu lebih dekat dengan perangkat gadget kamu.

  • 5G

Artikel tentang teknologi terbaru 2019 ini juga akan membahas tentang jaringan penerus 4G, yaitu jaringan 5G. Jaringan 5G yang turut meramaikan acara CES ini, menjanjikan kecepatan yang lebih besar serta latensi yang lebih rendah. Selain itu, jaringan 5G juga memiliki kapasitas yang lebih besar.

 Jaringan 5G pun mampu meningkatkan jangkauan atau cakupan kerjanya ke seluruh daerah. Meskipun ke daerah-daerah terpencil sekalipun. Ini disebabkan jaringan 5G menggunakan sistem “broadband nirkabel tetap”. Sistem ini berkaitan dengan membawa infrastruktur ke daerah terpencil yang tidak dapat dijangkau oleh fiber optic.

  • 8K

Teknologi terakhir yang akan dibahas dalam artikel tentang teknologi terbaru 2019 ini adalah teknologi 8K. Apa itu teknologi 8K? Kenapa namanya sedikit aneh? Jadi teknologi 8K adalah penerus dari tampilan layar 4K. Sehingga seperti pendahulunya ( HDR, 3D dan 4K), 8K juga merupakan salah satu inovasi tampilan layar. Dengan tampilan 8K akan membuat resolusi gambar menjadi lebih tinggi. Sehingga gambar yang dihasilkan pun menjadi lebih bagus. Namun teknologi ini harus dikembangkan lagi. Ini dikarenakan mata manusia harus bekerja lebih keras dan dapat membuat mata sakit, jika menatap layar dengan resolusi di atas 4K.

tags: