[breadcrumb]

Yuk Intip 5 Cara Menghapus Aplikasi Di Laptop Dengan Mudah

Monday, April 27th 2020. | IT
cara menghapus aplikasi di laptop

Pada zaman modern seperti sekarang, laptop merupakan alat canggih yang hampir dimiliki setiap orang. Guna memaksimalkan fungsi laptop, tak jarang berbagai aplikasi yang diinstal demi memenuhi kebutuhan. Sayangnya, banyak dari aplikasi tersebut justru tidak pernah tersentuh sedikitpun. Untuk menghemat memori, silahkan uninstall aplikasi yang sudah tidak diperlukan. Namun bagaimana cara menghapus aplikasi di laptop ? Berikut ulasannya.

Beberapa Cara Untuk Menghapus Aplikasi Pada Laptop

1. Menggunakan Control Panel

Control Panel merupakan salah satu fitur bawaan yang disediakan Windows untuk berbagai kegiatan, salah satunya tentu saja untuk menginstall aplikasi yang sudah tidak digunakan lagi. Untuk bisa melakukan perintah penghapusan aplikasi, silahkan tekan tombol Windows + R sebagai langkah memunculkan menu run sebagai jalan tikus memunculkan beranda Control Panel lebih cepat.

Khusus bagi pengguna Windows XP, 7, dan 10 dapat klik menu start lalu cari Control Panel. Sedangkan bagi pengguna Windows 8, silahkan arahkan mouse ke bagian pojok kanan atas lalu ketik Control Panel pada kolom pencariannya. Setelah fitur dijalankan, anda akan dibawa menuju halaman Control Panel dengan berbagai pilihan menu. Karena kali ini ingin menginstall aplikasi, maka  pilih menu uninstall program.

Pada tampilan halaman barunya, terlihat berbagai daftar aplikasi yang sudah disematkan pada laptop kesayangan. Dari sekian banyak aplikasi tersebut, silahkan pilih aplikasi yang ingin dimusnakan lalu tekan menu uninstall untuk memulai menghapusnya. Sebelum benar benar terhapus, akan ada pop up pemberitahuan mengenai setuju atau tidak jika aplikasi dimusnahkan secara permanen. Silahkan tekan yes sebagai cara menghapus aplikasi di laptop dengan sempurna.

Pada tahap ini, anda akan mendapatkan kesempatan untuk meyakinkan diri dan menimbang kembali keputusan tersebut. Jika memang sudah mantap untuk menghapusnya, tekan tombol oke sebagai tanpa persetujuan. Namun perlu ditekankan bahwa setiap aplikasi memiliki konfigurasi unnstall yang berbeda, bahkan ada beberapa aplikasi yang langsung terhapus secara otomatis ketika menekan tombol uninstall.

2. Melalui Menu Start

Sebagai salah satu fitur bawaan, menu start dapat membantu anda untuk mengakses berbagai aplikasi dengan cepat. Bahkan menu satu ini dapat membantu ketika hendak menguninstall aplikasi yang sudah tidak diinginkan. Untuk menemukan aplikasinya, tekan saja tombol bergambarkan ikon Windows pada keyboard laptop ataupun klik logo Windows di bagian kiri bawah sebagai cara default.

Ketika sudah menemukan aplikasi yang dimaksud, tinggal klik kanan lalu pilih opsi uninstall untuk melanjutkan cara menghapus aplikasi di laptop selanjutnya. Mungkin jika hanya menginstall satu aplikasi berukuran tidak terlalu berpengaruh, maka saatnya mencari aplikasi lainnya yang sudah tidak diperlukan. Jika dibandingkan dengan cara penghapusan menggunakan cara lain, dapat dikatakan bila cara satu ini lebih praktis dan sederhana.

3. Melalui Menu Setting

Jika cara diatas masih dirasa sulit, cobalah untuk menghapus aplikasi dari pengaturan. Langkah awal untuk mengaksesnya, silahkan klik tombol strat menu lalu tekan ikon setting dengan ikon bergambar bulatan dan ada gerigi di sekitar lingkarannya. Ketika muncul halaman setting, tekan app and featur lalu pilihlah aplikasi yang ingin dihapus dari perangkat. Setelahnya ada dua opsi yang bisa dipilih, namun karena ingin menghapus maka tekan tombol uninstall.

4. Menggunakan CCleaner

Selain memanfaatkan fitur bawaannya, kamu masih bisa mengandalkan aplikasi tambahan sebagai alternatif ketika hendak menghapus berbagai aplikasi di laptop. Bahkan jumlah aplikasi tambahan tersebut cukup melimpah dan bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Salah satu aplikasi populer yang banyak digunakan yaitu CCleaner, dimana penggunanya dapat menguninstall aplikasi sekaligus menyingkarkan virus jahat di laptop.

Dengan adanya fungsi ganda, wajar saja jika banyak masyarakat yang kemudian berpaling dan menggunakannya sebagai cara menghapus aplikasi di laptop dengan efektif. Bahkan semua orang dapat mengunduh sekaligus memasangnya tanpa dikenakan biaya tambahan. Meski dapat didapatkan secara gratis, hebatnya aplikasi ini tidak menurunkan kualitasnya sedikitpun. Berdasarkan dari hal tersebut, tidak ada alasan untuk tidak menginstallnya.

Apa saja yang ditawarkan pada software satu ini ? Perangkat lunak besutan Piriform Ltd. setidaknya menawarkan empat menu utama dengan fungsi yang berbeda. Beberapa menu tersebut terdiri dari Tools, Options, Registry, dan Cleaner yang berada pada satu aplikasi saja. Menu Tools dikhususkan untuk menghapus aplikasi ataupun program yang sudah tidak digunakan lagi, agar menstabilkan performa laptop.

Bagaimana cara menyingkirkan aplikasi menggunakan CCleaner ? Tahap pertama, silahkan buka terlebih dahulu aplikasinya dan masuk dalam menu Tools. Dari berbagai opsi, silahkan pilih uninstall untuk memulai proses pencarian program atau aplikasi yang hendak dibuang dari perangkat. Ketika sudah menemukannya, tinggal klik kanan pada aplikasi dan pilih opsi uninstall. Tunggu hingga proses selesai, maka aplikasi tersebut sudah benar benar terbuang dari laptop.

Apabila proses penghapusan aplikasi selai dilakukan, jangan lupa untuk menggunakan layanan Cleaner sebagai langkah berikutnya. Dengan menggunakan layanan ini, tidak ada lagi file sampah tertumpuk yang hanya menurunkan performa sang laptop kesayangan. Semakin banyak aplikasi yang dibuang, maka ruang penyimpanan akan menjadi lebih longgar dan dapat diisi kembali dengan berbagai data yang lebih penting.

5. Hapus Seluruhnya Menggunakan Revo Uninstaller

Menggunakan fitur bawaan sebagai cara menghapus aplikasi di laptop memang tidak ada salahnya, namun akan lebih lega jika menggunakan aplikasi tambahan seperti Revo Uninstaller. Dengan menggunakan aplikasi ini, anda dapat menghapus berbagai file hingga ke akar akarnya. Daripada terus menumpuk file yang sudah tidak diperlukan, tidak ada salahnya membuangnya agar memori dapat bernafas lega.

Sebagai langkah pertama, silahkan download dan install aplikasi Revo Uninstaller terlebih dahulu. Kemudian jalankan aplikasi dengan cara klik dua kali pada ikonnya, lalu pilih aplikasi yang ingin dihapus dan klik kanan untuk mendapatkan opsi uninstall. Setelahnya akan muncul jendela baru yang memperlihatkan proses back up data secara menyeluruh, sehingga anda harus sedikit bersabar menunggu hingga selesai.

Ketika proses bak up telah usai, muncul pemberitahuan untuk meyakinkan penghapusan aplikasi. Apabila sudah memantapkan tekad, tekan yes sebagai tanda persetujuan penghapusan aplikasi dan dimulainya proses pembersihan data. Sesudahnya, anda akan mendapatkan pemberitahuan kembali untuk menginstall secara keseluruhan. Agar tidak menyisahkan sedikitpun file, silahkan pilih hapus semua file dan tunggu hingga prosesnya selesai.

Akan ada pemberitahuan kembali yang menyatakan bila aplikasi sudah terhapus dengan baik. Kemudian lanjutkan proses penghapusan dengan klik opsi advance lalu tunggu kembali hingga prosesnya selesai. Pada tahap ini, anda bisa memilih menghapus semua file yang berkaitan dengan aplikasi agar tidak tertimbun di dalam laptop. Setelah proses selesai, anda bisa membandingkan bagaimana cara menghapus aplikasi di laptop menggunakan aplikasi satu ini. Ketika melihat memori penyimpanan mulai penuh, saat yang tepat untuk membersihkan laptop dari berbagai aplikasi yang sudah tidak digunakan lagi. Dengan menghapus aplikasi tersebut, performa laptop akan meningkat dan dapat bekerja lebih optimal. Oleh karenanya, jangan pernah lagi menumpuk aplikasi di dalam laptop tanpa pernah menggunakannya. Ada baiknya install aplikasi yang me

tags: