[breadcrumb]

Yuk Kenali Cara Mengedit File PDF Dengan Mudah Yang Wajib Anda Tahu

Saturday, June 6th 2020. | IT

File dengan format PDF merupakan salah satu bentuk dokumen yang paling banyak disukai. Hal ini dikarenakan ketika anda menyimpan dengan menggunakan format satu ini, maka anda pun nantinya akan mendapatkan tampilan yang rapi dan juga bisa untuk anda buka dimana mana tanpa perlu takut berantakan. Namun, kekurangan dari format ini adalah anda tidak bisa mengeditnya ketika menjumpai kesalahan. Untuk itu, kali ini akan diulas cara mengedit file PDF yang bisa anda coba.

Beberapa Cara Untuk Mengedit File Dengan Format PDF

1. Dengan Menggunakan Third Party App, Preview

Cara pertama yang bisa anda lakukan untuk mengedit file dengan format satu ini adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Untuk itu, kali ini akan diulas beberapa cara dan aplikasi apa yang bisa untuk anda gunakan. Hal ini khusus untuk anda yang tidak ingin menggunakan dan membeli aplikasi berbayar yakni Adobe. Untuk itu, anda pun bisa menggunakan beberapa aplikasi third party yang lebih mudah dan tentu saja lebih murah.

Kelebihannya lagi, sebagai salah satu cara mengedit file PDF ini maka aplikasi ini pun dapat anda download dimanapun dan kapan saja. Hal yang perlu anda lakukan hanyalah mencari pada mesin pencari seperti Google, dengan kata kunci yakni PDF Editing Software. Kemudian anda pun bisa mengunduh dan menggunakan aplikasi tersebut. Untuk anda yang menggunakan laptop dengan sistem operasi Mac, maka anda pun bisa menggunakan aplikasi Preview.

Ketika anda memiliki laptop dengan sistem operasi Mac, maka anda pun tak perlu bingung untuk mengedit tanpa perlu menggunakan aplikasi tambahan lainnya. Dimana caranya pun cukup mudah, anda nantinya hanya tinggal untuk membuka file PDF yang ingin untuk anda edit. Kemudian, klik File – Open dan selanjutnya, anda bisa membuka Tools – Annotate. Lalu, pada menu Drop Down terakhir maka anda pun hanya perlu untuk klik opsi Text dan anda pun bisa mulai mengedit.

Akan tetapi, sebagai salah satu cara mengedit file PDF ini maka aplikasi Preview pun juga memiliki beberapa kekurangan. Disini anda hanya bisa untuk melakukan pengeditan yang sederhana saja. Seperti mengubah bentuk, mengubah warna dan juga mengubah ukuran teks. Untuk itu, fitur yang digunakan untuk mengedit PDF dengan menggunakan Preview ini dapat dikatakan cukup terbatas dan mirip seperti Microsoft Word.

2. Dengan Menggunakan PDFSam

Selain itu, anda pun juga bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga lainnya yakni PDFSam. Aplikasi satu ini mungkin menjadi salah satu aplikasi yang banyak digunakan oleh masyarakat. Hal ini dikarenakan aplikasi ini pun dapat digunakan untuk mengedit PDF yang cukup kompleks dan cukup sulit. Aplikasi yang bernama PDFSam ini pun juga memiliki banyak fitur yang mungkin tidak bisa anda peroleh pada aplikasi lainnya.

Dengan memiliki tampilan yang ringan dan mudah untuk dimengerti maka tak heran jika aplikasi satu ini banyak diminati oleh masyarakat. Aplikasi ini pun juga bisa berfungsi untuk membantu anda membuat PDF dengan menarik dan dalam waktu yang cepat. Beberapa fitur keren pun juga terdapat pada aplikasi PDFSam ini. Diantaranya adalah address spelling mistakes, alter colors dan lainya akan menyempurnakan tampilan PDF anda.

3. Dengan Menggunakan PDF Xchange Suite

Aplikasi pihak ketika lain yang bisa untuk anda gunakan sebagai cara mengedit file PDF adalah PDF Xchange Suite. Dimana aplikasi ini pun juga akan menawarkan fitur yag lengkap dan khusus bagi anda yang ingin untuk mengedit file PDF. Namun, aplikasi ini mungkin akan terkesan untuk sulit digunakan karena memiliki tampilan yang berantakan. Untuk anda yang pertama kali menggunakanya maka anda pun akan merasakan kesulitan untuk mencari tombol yang digunakan untuk mengedit.

Akan tetapi, bagi anda yang ingin adanya beberaap fitur seperti Javascript Engines, image embedding dan juga working with Google Drive, maka anda pun bisa menggunakan aplikasi satu ini. Selain itu, anda nantinya juga akan bisa mengedit file PDF sesuka hati anda dan sepuasnya, sehingga nantinya aplikasi ini pun akan sangat bermanfaat untuk anda meskipun agak susah untuk digunakan.

4. Dengan Menggunakan Adobe Acrobat

Anda juga bisa mengedit file dalam bentuk PDF dengan menggunakan Adobe Acrobat. Hal ini dikarenakan format PDF merupakan format yang memang diciptakan oleh Adobe. Sehingga ketika anda mengeditnya dengan menggunakan software satu ini akan terasa sangat mudah. Perlu untuk diketahui, Adobe Acrobat merupakan salah satu software berbayar yang bisa anda gunakan untuk mengedit isi dari file dengan format PDF.

Sehingga ketika anda menggunakan cara mengedit file PDF dengan Adobe Acrobat ini, maka anda pun bisa mengedit file sepuasnya. Untuk anda yang ingin versi gratisnya, maka anda pun bisa mengunduh Adobe Reader. Namun software ini hanya bisa digunakan untuk membuka dan membaca file dengan format PDF saja. Sehingga anda pun tak bisa untuk merombak ataupun mengutak atik isi yang ada di dalam file.

Untuk anda yang ingin berlangganan, maka anda pun bisa memilih Acrobat Standard DC dengan harga yakni sekitar 175 per bulan. Atau anda juga bisa memilih Acrobat Pro DC dengan harga yakni sekitar 200 ribu rupiah. Untuk anda yang ingin mengeditnya dengan menggunakan software satu ini, maka tahapan yang perlu untuk anda lakukan adalah dengan mengunduh Adobe Acrobat.

Kemudian, anda pun bisa menginstal software satu ini. Barulah setelah itu, coba klik kana pada file PDF yang ingin untuk anda edit. Pilihlah Open With – Adobe Acrobat, setelah terbuka maka anda pun bisa pilih opsi yakni Tools – Edit PDF. Setelah anda menyelesaikan tahap diatas, maka anda pun akan menemukan toolbar yang bisa anda gunakan untuk mengedit file PDF tersebut.

5. Dengan Menggunakan Microsoft Word

Cara lain yang bisa untuk anda gunakan untuk mengedit file dengan format PDF adalah dengan menggunakan Microsoft Word. Namun, untuk menggunakan cara satu ini maka anda pun perlu untuk mengubah formatnya terlebih dahulu hingga menjadi Word. Untuk melakukannya, maka anda pun bisa mengubahnya dengan menggunakan konversi PDF to Word yang bisa anda lakukan secara online.

Dengan cara mengedit file PDF ini, maka anda pun bisa mengubahnya dengan tahapan yakni, bukalah website untuk mengubah format tersebut. Kemudian, upload file PDF anda dan klik tombol PDF to Word. Dan anda pun bisa mengunduh file yang telah dikonversi tersebut. Barulah anda bisa membuka dan mengeditnya dengan menggunakan Microsoft Word.

Dengan mengetahui beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengedit file yang memiliki bentuk PDF tersebut, maka anda nantinya tak perlu bingung lagi. Pasalnya, ada beberapa cara yang mudah dan juga gratis yang bisa anda lakukan untuk mengedit. Dengan menggunakan file dalam format PDF maka anda pun akan bisa menjaga dokumen anda agar tetap rapi dan juga tidak berantakan ketika membukanya.

tags: