[breadcrumb]

Yuk Ketahui 4 Cara Menghapus Cache Di Laptop Sampai Tuntas

Tuesday, May 19th 2020. | IT

Laptop yang disematkan teknologci canggih memang menakjubkan, hanya saja kapasitas penyimpanan kecil menjadi momok menakutkan. Sebab, penggunanya harus rajin membersihkan data cache agar perangkat mampu menyimpan data baru. Jika file cache dibiarkan menumpuk, hanya akan menurunkan kualitas perangkat bahkan aplikasi di dalamnya tidak akan berfungsi normal. Lalu bagaimana cara menghapus cache di laptop ? Simak ulasan berikut.  

Beberapa Cara Mudah Agar Cache Terhapus Hingga Tuntas

1. Memanfaatkan Fitur Run

Bagi pengguna laptop yang menggunakan sistem Windows, dapat menemukan File cache atau biasa disebut file Temporary ini di folder temp. Dalam folder tersebut, tersimpanlah berbagai file cache tersimpan rapi dan menunggu giliran untuk digunakan kembali. Bukan hanya itu, di dalam folder tersebut juga terdapat berbagai file yang berasal dari browser seperti history hingga cookies.

Ketika membuka folder tersebut, kemungkinan anda akan terkejut dengan banyaknya data yang tertumpuk sekian lama tanpa pernah digunakan kembali. Daripada membuang memori terlalu banyak untuk file sampah yang tidak lagi digunakan, tampaknya keputusan tepat untuk mengapusnya saja untuk digantikan dengan file yang lebih berguna. Untuk melakukannya, ada beberapa tahapan yang harus dilakukan.

Sebagai langkah permulaan, silahkan menghapus berbagai file yang ada di dalam folder tersebut terlebih dahulu. Sebab, ukuran folder sampah tersebut diam diam bisa memakan memori internal hingga mencapai beberapa GB. Jika sudah begini, apakah anda akan membiarkannya tertumpuk lebih banyak lagi ? Oleh karenanya, silahkan ikuti tutorial cara menghapus cache di laptop satu ini.

Untuk melakukannya, silahkan buka run dengan mengarahkan kursor logo Windows yang berada di pojok kiri bawah lalu klik kanan. Agar lebih simpel, anda juga bisa mengkombinasikan tombol Windows + Run sebagai alternatifnya. Setelah itu, ketikkan temp pada bagian kolom pencarian lalu tekan oke untuk menjalankan aplikasinya. Tunggu beberapa saat hingga muncul jendela baru.

Di dalam jendela tersebut, terdapat berbagai folder dan file yang mungkin tidak diketahui untuk apa berada disana. Daripada disimpan lebih lama lagi, silahkan tekan tombol ctrl + A untuk memilih semua data tersebut dan tekan delete agar masuk sebagai data sampah lalu close jendela tersebut. Namun jangan senang terlebih dahulu, karena tahapan pembersihan data sampah masih belum berakhir sampai disana saja.

Anda masih perlu mengujungi jendela lainnya dengan pergi ke program Run lalu ketikkan %tempt% dan tekan oke. Nantinya akan muncul jendela baru lagi yang berisikan berbagai file sampah karena tidak digunakan lagi di kemudian hari. Jika memang demikian, silahkan tekan ctrl + A lalu tekan delete sebagai cara menghapus cache di laptop. Ketika semua data tersebut sudah terhapus, perangkat menjadi lebih lega bernafas.

Namun usaha anda tak berhenti sampai disini, pasalnya penting untuk melakukan restart terlebih dahulu agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Dengan melakukan tahap ini, anda akan membantu komputer untuk menyegarkan diri terlebih dahulu dari banyaknya sampah yang harus terbuang sebelumnya. Setelah usai dari tahap ini, silahkan lanjutkan acara mmebersihkan memori agar tidak ada lagi sampah yang tersisa.

2. Menggunakan Windows Disk Cleanup

Disk Cleanup merupakan sebuah fitur dari Windows yang akan membantu perangkat untuk membersihkan segala bentuk junk files yang masih tersimpan di dalam drive. Ternyata fitur bawaan satu ini cukup mendatangkan segudang keuntungan, pasalnya masih banyak lagi jenis sampah lainnya yang bisa disingkirkan dengan mudah. Beberapa jenis sampah yag bisa dihapusnya seperti file pada recycle bin hingga berbagai data pada browser.

Agar file sampah terbuang hingga ke akar akarnya, silahkan gunakan Disk Cleanup sebagai cara menghapus cache di laptop setelah menggunakan cara pertama. Sebagai tambahannya, barulah gunakan fitur ini untuk memastikan tidak ada lagi sampah tersimpan pada drive. Kenapa harus menghapus semua data pada folder tempt terlebih dahulu ? Pasalnya meski terihat terhapus, pada dasarnya semua file tersebut belum sepenuhnya lenyap.

Untuk bisa menggunakan fitur satu ini, silahkan pergi ke start menu untuk masuk ke file eksplorer. Setelahnya, silahkan klik kanan pada drive sistem (C:) dan pilih opsi properties untuk memunculkan jendela baru. Pada jendela tersebut, anda bisa melihat adanya disk cleanup yang siap digunakan untuk menghapus sampah membandel. Tak perlu ragu lagi, silahkan klik fitur penghapusannya agar masuk ke tahap selanjutnya.

Pada tahap satu ini, anda akan dibawa menuju jendela baru yang menampilkan Disk Cleanup For System. Silahkan scroll pada files to delete untuk memberikan centang pada opsi recycle bin. Hal ini perlu dilakukan, sebab file yang berada di folder tempt sudah terhapuskan pada tahap pembersihan pertama. Setelahnya, silahkan tekan oke lalu tunggu hingga proses pembersihannya selesai dilakukan. Sesudah melewati proses ini, restart laptop dan rasakan perbedaannya.

Sebagai tambahan, anda juga bisa menghapus data cache pada drive lainnya (drive D: dan drive E:) dengan menggunakan cara yang sama. Meskipun tidak wajib dilakukan, nyatanya penghapusan file sampah di dalamnya juga tak kalah banyak jumlahnya. Dengan penghapusan cache pada kedua drive tersebut, maka anda telah membantu mengembalikan performa laptop yang sempat menurun.

3. Menggunakan Aplikasi CCleaner

Aplikasi CCleaner tidak lagi asing terdengar karena banyak digunakan oleh para pengguna laptop untuk berbagai keperluan, salah satunya sebagai cara menghapus cache di laptop. Dan benar saja, aplikasi canggih satu ini memang didesain khusus untuk membantu mengoptimalkan kembali sistem agar bekerja maksimal seperti sebelumnya. Dengan mengunduh aplikasi ini, penggunanya akan mendapatkan segudang keuntungan.

Di dalam aplikasi ini, terdapat beberapa fitur canggih yang mampu membersihkan berbagai jenis data sampah yang tidak digunakan kembali. Caranya cukup simpel, yang penting anda perlu menginstallnya terlebih dahulu setelah proses pengunduhan aplikasi selesai dilakukan. Setelahnya, barulah jalankan aplikasinya dan masu ke menu cleaner. Dari banyaknya opsi yang disediakan, pilihlah beberpaa yang memang ingin dihapuskan.

Setelah selesai menyeleksi semua data mana saja yang ingin dihapus, silahkan klik run cleaner lalu tunggu hingga prosesnya selesai. Semakin banyak file yang ingin dihapus, maka proses pembersihannya akan semakin lama pula. Oleh karenanya, tunggulah dengan sabar sembari melakukan aktifitas lainnya untuk memanfaatkan waktu yang ada. Apabila proses pembersihan usai dilakukan, jangan lupa untuk restart laptop kesayangan terlebih dahulu.

Dengan mengikuti tutorial cara menghapus cache di laptop, sudah dapat dipastikan bila tidak ada lagi file sampah tertimbun di dalam laptop. Agar hasilnya lebih maksimal, silahkan lakukan lagi secara rutin dalam jangka waktu tertentu. Dengan begitu,  file yang memang tidak lagi dibutuhkan akan segera terhapus tanpa menunggu menumpuk terlebih dahulu.

Cache merupakan data sementara yang mungkin bisa diakses kembali ketika menjalankan proses yang sama, sehingga data ini sangat berguna bagi mereka yang menggunakan aplikasi tertentu. Sebagai gantinya, anda harus merelakan beberapa persen kapasitas penyimpanan untuk menyimpan berbagai data sampah tersebut. Jika memang memori sudah tidak bisa menampungnya, ada baiknya dihapus saja daripada dibiarkan menumpuk.

tags: