[breadcrumb]

Yuk Simak 5 Cara Atasi Laptop Tidak Bisa Connect Wifi

Friday, May 8th 2020. | IT

Tidak dapat dipungkiri kebutuhan untuk berinternet merupakan hal wajib yang saat ini dibutuhkan. Sehingga ketika anda mengalami laptop tidak bisa connect wifi maka tentu saja hal ini akan membuat anda menjadi kesal. Untuk itu, di dalam ulasan kali ini akan dibahas mengenai beberapa cara yang bisa untuk anda lakukan ketika mengalami hal tersebut. Berikut simak ulasan selengkapnya untuk anda.

Beberapa Hal Yang Bisa Anda Lakukan Ketika Laptop Tidak Terkoneksi Dengan Wifi

1. Dengan Merestart Router

Ketika anda sedang terburu buru untuk mengerjakan tugas kantor ataupun mengumpulkan tugas kampus, namun internet pada laptop anda bermasalah maka anda pun akan merasa sangat geregetan. Saat anda mengalami kejadian tersebut, maka anda pun tak perlu panik berlebihan. Hal ini dikarenakan daripada anda panik, akan kah lebih baik jika anda memikirkan cara  untuk mengatasi masalah tersebut.

Hal pertama yang bisa untuk anda lakukan ketika laptop tidak bisa connect wifi adalah dengan merestart routernya terlebih dahulu. Cara ini bisa untuk anda lakukan ketika anda sudah tidak tahu lagi bagaimana mengatasi laptop yang tidak bisa nyambung ke wifi tersebut. Untuk itu, ketika anda sedang berada di dalam rumah yang memiliki router wifi, maka cobalah untuk mulai merestartnya terlebih dahulu.

Hal ini dikarenakan  terkadang masalah dari laptop anda yang tidak mau terkoneksi dengan wifi dapat disebabkan karena router anda yang bermasalah. Sehingga nantinya ketika anda menemukan permasalahan tersebut berada di router anda maka hal ini pun juga akan bisa menyebabkan laptop yang anda miliki tidak terdeteksi pada router tersebut.

2. Dengan Merestart Laptop yang Anda Miliki

Ketika anda telah merestart router dimana tempat wifi anda berada maka anda pun juga bisa untuk melakukan restart pada laptop yang anda miliki. Cara ini pun bisa untuk anda lakukan ketika laptop tidak bisa connect wifi dengan benar. Jika anda mengalami hal tersebut maka anda pun perlu untuk bersabar dan menggunakan berbagai cara agar nantinya laptop dapat dengan normal mendeteksi wifi yang ada di sekitar anda.

Sehingga cara satu ini yakni dengan restart laptop yang anda miliki pun dapat menjadi salah satu alternatif yang bisa untuk anda coba. Hal ini dikarenakan ketika anda merestart dan memulai laptop anda dari awal, maka hal ini akan diharapkan anda nantinya sistem yang ada di dalam laptop anda akan berjalan dengan baik dan bisa berfungsi dengan normal kembali.

3. Dengan Menyetting Ulang IP Address

Cara lainnya yang bisa untuk anda gunakan ketika mengatasi laptop anda yang bermasalah yakni tidak bisa tersambung dengan wifi secara normal, maka anda pun juga dapat untuk melakukan setting ulang terhadap IP Address yang anda miliki. Dimana ketika anda menggunakan cara satu ini maka anda pun akan bisa untuk memperbaiki masalah yang menghampiri laptop anda tersebut.

Untuk itu, anda pun bisa melakukannya dengan cara yakni sebagai berikut. Pertama anda pun klik kanan pada pengaturan wifi yang terdapat pada laptop anda. Kemudian, anda pun bisa memilih opsi yakni Properties. Selanjutnya, jika anda sudah memilih opsi tersebut maka anda pun bisa melanjutkannya dengan memilih Internet Protocol Version 4 (TCP / Ipv4). Barulah setelah itu, nantinya anda bisa memilih Obtain an IP Address automatically dan Obtain an DNS server address automatically.

4. Dengan Melakukan Install Ulang Driver WiFi Laptop

Ketika laptop tidak bisa connect wifi, maka ada cara lain yang bisa untuk anda lakukan. Dimana cara tersebut adalah dengan melakukan install ulang driver pada wifi laptop yang anda miliki. Ada pun caranya cukup mudah, jika anda mengikuti langkah langkahnya dengan benar. Disini, anda pun perlu untuk mengetahui terlebih dahulu apa itu driver.

Driver merupakan salah satu aplikasi yang sangat penting yang ada di dalam laptop ataupun komputer anda. Sehingga dengan adanya driver ini pun nantinya akan berfungsi untuk mengendalikan komponen yang dapat terhubung dengan laptop maupun komputer. Sehingga ketika driver tersebut tidak dapat terinstall dengan baik, maka hal ini pun dapat mempengaruhi kinerja yang ada di dalam laptop.

Hal ini pun tentu saja akan membuat komponen yang ada di dalam laptop atau komputer tidak bisa bekerja secaar optimal. Untuk itu, apabila wifi yang terdapat di dalam laptop anda tidak berfungsi atau mati, maka tak menutup kemungkinan bahwa Driver dari wifi yang anda miliki di dalam laptop sedang mengalami masalah. Untuk itu, anda pun perlu untuk melakukan install ulang terhadap wifi tersebut.

Adapun ketika laptop tidak bisa connect wifi ini bisa anda lakukan dengan cara yang mudah. Dimana anda nantinya hanya perlu mencari control Panel. Kemudian nantinya anda bisa masuk ke Hardware and Sound dan pilihlah opsi yakni Device Manager. Langkah selanjutnya adalah nantinya anda hanya tinggal mencari driver dari wifi yang ada di dalam laptop anda tersebut. Kemudian anda pun bisa menginstall ulang kembali driver tersebut.

5. Dengan Mengaktifkan Adapter pada Wifi di Laptop Anda

Setelah anda mencoba semua cara yang telah dipaparkan di atas namun belum juga berhasil, maka anda pun juga bisa untuk mencoba cara satu ini. dimana langkah yang perlu untuk anda lakukan adalah dengan mengaktifkan adapter pada wifi yang ada di dalam laptop anda. Cara satu ini bisa anda lakukan, karena terkadang terdapat beberapa pengguna yang lupa untuk menghidupkan kembali pengaturan wifi yang ada di laptopnya.

Sehingga ketika anda mengalami masalah yakni laptop tidak bisa connect wifi, maka anda pun perlu terlebih dahulu memeriksa adapter wifi yang ada di dalam laptop anda. Untuk caranya sendiri pun cukup mudah, yakni anda hanya perlu untuk menekan kombinasi tombol yang ada pada keyboard. Tombol tersebut antara lain adalah kombinasi dari Fn + F3 yang ada di keyboard laptop yang anda miliki.

Namun, apabila cara tersebut belum juga berhasil maka anda pun juga perlu untuk mencoba cara satu ini. Yakni anda bisa masuk ke control Panel, kemudian, nantinya anda bisa memilih Network and Internet. Barulah anda bisa memilih Network and Sharing Center dan dilanjutkan dengan memilih opsi yakni Change Adapter Settings. Ketika sudah selesai, maka anda pun bisa klik kanan pada pilihan Wifi dan klik Enable. Maka nantinya wifi pun akan berfungsi normal kembali.

Itulah beberapa cara yang bisa untuk anda lakukan ketika ingin memperbaiki wifi pada laptop anda yang tidak terkoneksi. Sehingga ketika anda mengalami hal tersebut, maka anda pun perlu untuk mengecek satu satu komponen mana saja yang mengalami kerusakan. Hal ini pun nantinya anda pun akan dapat dengan mudah untuk menemukan solusi dari permasalahan yang anda hadapi di laptop anda tersebut.

tags: