[breadcrumb]

Yuk Simak 6 Cara Mengaktifkan Bluetooth Di Laptop

Sunday, April 26th 2020. | IT
cara mengaktifkan Bluetooth di Laptop

Sebagai salah satu alat elektonik canggih yang populer digunakan, sudah sewajarnya jika laptop telah disematkan dengan fitur canggih bernama Bluetooth. Dengan adanya fitur tersebut, penggunanya dapat mengirimkan berbagai file ke dalam laptop tanpa bantuan kabel USB lagi. Sayangnya, masih banyak yang belum memahami betul bagaimana cara mengaktifkan Bluetooth di Laptop. Daripada kebingungan, simak saja ulasan berikut.

Beberapa Cara Mudah Aktifkan Bluetooth pada Laptop

cara mengaktifkan Bluetooth di Laptop

1. Menggunakan Tombol Fn

Setiap keyboard akan dilengkapi dengan tombol Fn, yang biasa digunakan sebagai tombol kombinasi ketika hendak menggunakan fitur tertentu. Begitu pula ketika ingin mengaktifkan fitur Bluetooth, anda bisa menggunakan tombol kombinasi ini sebagai jalan pintasnya. Lebih praktis dan mudah diterapkan, lantaran penggunanya hanya perlu menekan tombol Fn dan tombol lainnya yang memiliki ikon Bluetooth untuk mengaktifkannya.

2. Menggunakan System Tray

cara mengaktifkan Bluetooth di Laptop

Cara satu ini pun tak kalah sederhana seperti cara yang pertama, sebab ikon Bluetooth telah tersedia pada system tray. Hanya dengan menekan tombolnya, secara otomatis Bluetooth akan menyala dan dapat digunakan untuk mengirim ataupun menerima file dari perangkat lainnya. Caranya pun mudah, dimana anda perlu pergi ke taskbar yang ada di bawah jendela Windows lalu klik system tray yang berada di sebelah kanan bawah.

Disana akan menemukan tanda panah mengarah ke atas berisikan berbagai fitur. Klik kanan  ikon Bluetooth sebagai cara mengaktifkan Bluetooth di Laptop sekaligus memunculkan berbagai menu. Apabila belum pernah menggunakan fiturnya, pilih add a Bluetooth Devide sebagai cara menambahkan koneksi perangkat. Sedangkan perintah Show Bluetooth Device, akan membantu anda melihat perangkat yang pernah terhubung sebelumnya. 

Saat fitur telah canggih, perangkat pun telah siap menerima ataupun mengirimkan file yang diinginkan. Apabila ingin mengirimkan file maka pilih send a file, sedangkan menu receive a file dapat digunakan sebagai perintah menerima file dari perangkat lainnya. Setelahnya, ikuti saja instruksi yang diberikan agar dapat digunakan dengan maksimal. Sebagai bahan percobaan, tidak ada salahnya iseng mencoba mengirim atau menerima 1 file sebelum melanjutkannya.

3. Memanfaatkan Dongle USB Bluetooth

Perlu diketahui bahwa tidak semua perangkat canggih disematkan fitur Bluetooth bawaan, sehingga mengharuskan sang pemilik laptop menginstallnya sendiri. Ketika membutuhkan alat bantu menginstallnya, maka menggunakan Dongle USB Bluetooth bisa menjadi solusinya. Sebenarnya apa itu Dongle ? Alat mungil bak USB ini berfungsi sebagai antena receiver untuk mengirimkan ataupun menerima sinyal Bluetooth dari perangkat lainnya.

Pada umumnya, alat berukuran mungil ini telah dilengkapi dengan program dan driver khusus yang memungkinkan menginstall fitur tersebut secara otomatis ketika tertancapkan di laptop. Dengan kecanggihannya, sang pemilik tak perlu kebingungan mencari cara mengaktifkan Bluetooth di Laptop. Ketika proses intall selesai, fitur pun bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan penggunanya.

4. Menginstall Driver Bluetooth

Bagaimana jika laptop sudah terpasang Bluetooth namun tidak bisa digunakan ? Dalam kasus ini, kemungkinan anda belum menginstall drivernya agar bisa digunakan. Jika memang benar inilah yang menjadi hambatannya, ada baiknya segera aktifkan terlebih dahulu menggunakan bantua instalasi driver. Meski laptop telah didukung built in Bluetooth, penggunanya perlu mengaktifkan program tersendiri agar fitur ini dapat digunakan.

Pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana cara tepat untuk menginstallnya ? Untuk dapat melakukannya, anda membutuhkan driver Bluetooth yang terdapat pada CD atau DVD bawaan ketika pertama kali membeli perangkat tersebut. Apabila lupa ataupun kehilangan drivernya, anda masih bisa mengunsuhnya pada situs resmi brand laptop sebagai alternatifnya. Sebelum mengunduhnya, pastikan sesuaikan dengan tipe dan merk si laptop.

5. Menggunakan Device Manager

Setelah mencoba cara mengaktifkan Bluetooth di Laptop, kadangkala fitur tersebut masih belum bisa terkoneksi dengan perangkat lainnya. Tak perlu panik berlebihan, karena anda hanya perlu mengaktifkan Bluetooth menggunakan device Manager yang berada di menu Windows. Agar proses pengaktifan Bluetooth berjalan sempurna, ada beberapa tahapan yang perlu diikuti dengan tepat.

Pada tahapan pertama, silahkan tekan perpaduan tombol Windows + X lalu pilih menu Device Manager. Disaat jendela Device Manager telah terbuka, pilihlah menu Bluetooth untuk memunculkan menu dropdown. Pada tahap ini, anda akan diminta memilih perangkat Bluetooth yang ingin digunakan dan klik kanan. Sebagai langkah pengaktifannya, silahkan pergi ke menu Enable Devide ketika hendak memilihnya.

6. Memanfaatkan Setting Windows

Apakah laptop anda telah disematkan dengan Windows 8 ? Jika memang iya, nampaknya anda menjadi orang yang beruntung. Sebab, anda bisa mengakses fitur Bluetooth tanpa adanya bantuan alat lainnya. Cukup dengan mengakses menu setting yang berada di pojok kanan bawah laptop, Bluetooth pun siap digunakan. Setelah masuk ke dalam menu setting, silahkan pilih Change PC Setting untuk membuka jendela baru.

Pada tahap selanjutnya, pilih opsi Wireless untuk memunculkan ikon Wi-Fi dan Bluetooth di bagian Wireless Device. Karena ingin mengaktifkan fitur Bluetooth, maka anda perlu klik kotak berwarna biru sebagai cara mengaktifkan Bluetooth di Laptop. Setelah mengaktifkannya, secara otomatis fitur akan aktif dan sudah bisa digunakan sesuai kebutuhan. Apabila sudah selesai digunakan, jangan lupa disable device agar tidak memakan daya besar.

Dengan aktifnya Bluetooth pada laptop, penggunanya pun akan mendapatkan segudang manfaatnya. Sebab jika dahulu Bluetoooth hanya digunakan untuk mengirim ataupun menerima file tertentu, kini ada manfaat lain yang bisa dilakukan. Hal ini berkaitan erat dengan kecanggihan teknologi yang tiada hentinya melakukan inovasi baru, dimana berbagai perangkat canggih lainnya juga dipasangi Bluetooth.

Beberapa perangkat canggih yang telah menggunakan Bluetooth yaitu printer, mouse dan keyboard wireless, speaker ataupun headset wireless, proyektor, dan masih banyak lagi lainnya. Hanya dengan mengandalkan fitur canggih ini, semua perangkat tersebut dapat terhubung dengan baik satu sama lain. Hal ini sangat memungkinkan untuk membantu anda dalam berbagai aktifitas harian.

Kini tak lagi perlu kerepotan mencari kabel penghubung, ataupun membawanya kemanapun ketika ingin menghubungkan perangkat satu dengan lainnya. Hanya dengan sekali klik, semua aktfitas pun dapat diselesaikan dengan sempurna. Dengan kata lain, fitur satu ini sangat membantu menangani berbagai permasalahan di dalam kehidupan sehari hari.  Bahkan kini, Bluetooth juga dapat digunakan sebagai modem penghubung internet.

Sebelum mendapatkan segudang manfaatnya, penting untuk mengetahui bagaimana cara mengaktifkan Bluetooth di Laptop. Tanpa mengetahui caranya, rasanya akan percuma meski laptop telah dilengkapi dengan fitur tersebut namun tidak bisa menggunakannya. Dengan mengetahui dasar bagaimana mengaktifkannya, anda pun dapat memaksimalkan kinerja alat canggih untuk berbagai kebutuhan.

Penyematan fitur canggih satu ini, membantu penggunanya untuk melakukan berbagai aktifitas tanpa kebingungan mencari kabel penghubung terlebih dahulu. Hanya dengan mengaktifkan Bluetooth, semua keperluan yang berkaitan dengan laptop pun menjadi lebih praktis dan cepat. Meski bisa dikatakan sepele, nyatanya mengetahui bagaimana cara aktifkan Bluetooth pada perangkat kesayangan dapat membantu aktifitas keseharian.

tags: