[breadcrumb]

Yuk Simak Cara Mempercepat Koneksi Wifi Agar Tidak Lemot

Tuesday, May 26th 2020. | IT

Ketika anda sedang mengerjakan tugas yang memerlukan browsing internet, maka anda pun juga membutuhkan koneksi wifi yang mumpuni untuk menunjang kegiatan anda tersebut. Untuk itu, bagi anda yang mengalami koneksi internet yang lambat, maka anda pun lebih baik membaca ulasan berikut ini yang membahas tentang cara mempercepat koneksi wifi. Sehingga anda pun bisa berinternet dengan cepat. Simak ulasannya berikut ini.

Hal Yang Perlu Anda Lakukan Ketika Wifi Sedang Lemot

1. Dengan Cara Mereboot Router

Hal pertama yang bisa untuk anda lakukan ketika mengalami hal satu ini adalah dengan memeriksa router tempat wifi tersebut berasal. Untuk itu, anda bisa melakukan cara yakni dengan mereboot ulang router secara reguler dimana tempat wifi anda berasal. Anda bisa melakukannya untuk meningkatkan kecepatan wifi yang ada di rumah anda. Cara mudah ini pun dapat dengan cepat untuk anda lakukan ketika mengalami koneksi wifi yang lemot.

Dengan cara mempercepat koneksi wifi satu ini, maka anda pun bisa merebootnya secara berkala. Hal ini dikarenakan ketika koneksi internet anda mendadak menjadi lambat, maka langkah pertama yang bisa untuk anda lakukan adalah dengan merebootnya. Anda pun juga bisa untuk mengatur jadwal secara otomatis. Sehingga nantinya router tersebut dapat merestart secara otomatis dalam waktu sehari ataupun seminggu.

2. Dengan Menggunakan Password

Cara kedua yang bisa anda lakukan ketika mengalami koneksi yang lemot atau tidak stabil, maka mulai sekarang anda pun perlu mulai untuk mengamankan wifi anda. Hal ini bertujuan agar nantinya menghibdari resiko tetangga yang nakal, yang kerap kali menggunakan wifi anda secara diam diam dan gratis. Tentu saja nantinya hal tersebut akan membuat koneksi internet yang anda gunakan menjadi lemot.

Untuk itu, anda pun bisa mengakali dan cara mempercepat koneksi wifi ini dengan menambahkan password pada router wifi yang anda miliki. Selain itu, anda pun juga perlu untuk memastikan bahwa password yang anda gunakan telah menggunakan enkripsi WPA2. Sehingga nantinya password yang telah anda buat untuk wifi anda tersebut akan sulit untuk dibobol oleh orang lain.

3. Dengan Mengubah Pengaturan Smartphone

Cara lainnya yang bisa anda gunakan untuk mempercepat koneksi wifi yang anda miliki adalah dengan mengubah pengaturan smartphone. Apabila anda menggunakan smartphone Android yakni Xiaomi, maka anda pun bisa mempercepat koneksi wifi tanpa perlu untuk mengunduh aplikasi tambahan. Caranya sendiri adalah dengan masuk ke aplikasi yakni Settings dan kemudian anda pun bisa memiliki opsi Wifi.

Selanjutnya, anda bisa scroll ke bawah hingga menemukan opsi yakni Advanced Settings. Anda bisa klik pilihan tersebut dan kemudian masuklah ke Wifi Speed Mode. Dimana nantinya fitur ini akan memberikan anda prioritas bandwidth pada aplikasi tertentu. Tak hanya itu saha, disini pun juga terdapat opsi regular yakni bisa membagi bandwidth secara merata untuk aplikasi yang berjalan, baik di background mauun di foreground.

4. Dengan Mengganti Router yang Usang

Salah satu cara mempercepat koneksi wifi yang bisa untuk anda lakukan selanjutnya adalah dengan mengganti router yang telah usang. Cara ini pun dapat anda lakukan ketika anda telah menggunakan router pada waktu yang cukup lama. Sehingga ketika anda misalnya menggunakan standar 802.11n, maka router tersebut ternyata mmeiliki bandwidth yang cukup rendah.

Sehingga solusinya anda pun bisa mengganti dengan menggunakan router yang lebih updgrade. Di jaman sekarang sebaiknya anda mengganti router lama anda yang sudah usang dengan yang memiliki standar paling baru. Yakni untuk model terbaru adalah 802/11ac, dimana untuk router satu ini dapat mendukung bandwidth hingga mencapai 1 Gbps.

5. Dengan Membuat Antena Sendiri

Selain itu, anda pun juga bisa untuk membuat antena sendiri yang bisa anda lakukan untuk mempercepat koneksi dari wifi yang anda miliki. Dimana terdapat beberapa trik yang bisa anda lakukan sendiri di rumah, salah satunya adalah dengan membuat antena yang terbuat dari kaleng minuan. Untuk caranya sendiri pun cukup mudah, anda hanya perlu untuk memotong bagian atas dan bawah kaleng.

Kemudian, anda pun juga perlu untuk memotong kaleng di tengah sehingga nantinya akan menjadi lembaran metal. Sealanjutnya, anda pun bisa meletakkan potongan kaleng tersebut di belakang antena router wifi anda. Sehingga nantinya akan membebtuk seperi parabola dan anda bisa membiarkan agar depannya tetap terbuka. Meskipun trik ini tidak memiliki hasil yang drastis, namun cara ini juga perlu untuk anda coba.

6. Dengan Mengganti Channel

Untuk anda yang memiliki tetangga, maka router dan juga access point yang digunakan oleh tetangga anda tersebut bisa saja mengganggu router milik anda. Untuk itu, hal ini pun akan menjadi penyebab dari sinyal wifi di rumah anda menjadi lebih lambat. Hal tersebut disebabkan karena sebenarnya, router wifi banyak bekerja di berbagai channel. Sehingga cara mempercepat koneksi wifi adalah dengan mengganti channel.

Untuk itu, ketika berada di laptop maupun komputer anda bisa dengan mudah melihat channel yang digunkan oleh wifi tetangga anda adalah dengan cara masuk ke Command Prompt. Nantinya anda bisa mengetik “betsh wlan show all”. Dimana nantinya anda akan melihat daftar yang di dalamnya berisi tentang channel dan juga jaringan wireless yang digunakan oleh sekitar anda.

7. Dengan Menempatkan Router pada Lokasi yang Optimal

Cara lainnya yang bisa untuk anda gunakan adalah dengan menempatkan router pada lokasi yang optimal. Untuk itu, anda pun jangan meletakkan router di tempat yang tersembunyi. Hal ini dikarenakan nantinya akan mempengaruhi kecepatan koneksi wifi anda. Sehingga anda pun bisa meletakkan router wifi ini agar berada tepat di bagian tengah rumah anda.

Cara ini bertujuan agar nantinya sinyal tersebut dapat menjangkau area yang ada di dalam rumah sejauh mungkin. Sehingga ketika anda mengalami kendala yakni koneksi wifi di rumah anda mengalami kelambatan maka anda pun bisa mencoba cara satu ini untuk mengatasi masalah tersebut. Agar nantinya anda bisa berinternet dengan lancar dan lebih nyaman.

8. Dengan Memperbarui Firmware Router

Sedangkan cara mempercepat koneksi wifi yang bisa anda coba lainnya adalah dengan memperbarui firmware router. Cara ini merupakan salah satu cara sederhana yang bisa untuk anda lakukan. Dimana pada umumnya perusahaan tempat membuat router wifi anda biasanya akan selalu memperbarui software agar nantinya dapat menghasilakn koneksi Wifi yang lebih cepat dan lebih optimal.

Itulah beberapa cara yang bisa untuk anda lakukan ketika anda mengalami masalah wifi yang lemot. Jika anda telah menggunakan salah satu cara tersebut namun belum berhasil, maka anda pun bisa mencoba cara yang lain. Sehingga ketika anda mengalami kesulitan, dengan beberapa cara yang ada di dalam artikel ini pun akan cukup membantu anda untuk mengatasi masalah tersebut.

tags: